Masalah apa saja yang terjadi di dalam Ekosistem ?

Ekosistem

Ekosistem adalah suatu sistem ekologi yang terbentuk oleh hubungan timbal balik tak terpisahkan antara makhluk hidup dengan lingkungannya.Ekosistem bisa dikatakan juga suatu tatanan kesatuan secara utuh dan menyeluruh antara segenap unsur lingkungan hidup yang saling memengaruhi.

Seiring dengan pertambahan penduduk, masalah – masalah lingkungan hidup yang muncul semakin meningkat pula. Beberapa kegiatan manusia dalam pemenuhan kebutuhan hidup yang menimbulkan masalah pada ekosistem darat, air, maupun udara antara lain:

  1. Pencemaran – pencemaran tanah, air, dan udara meningkat seiring dengan pertambahan penduduk. Dalam sebulan, limbah rata rata yang dihasilkan oleh satu keluarga mencapai 1 ton. Bayangkan berapa jumlah limbah pabrik dan asap kendaraan setiap hari!

  2. Penggunaan plastik dan kertas – sampah plastik sulit terurai sehingga dampak sampah plastik pada lingkungan sangat besar. Sedangkan bahan utama pembuatan kertas adalah kayu. Bisa kamu bayangkan berapa banyak pohon yang ditebang setiap harinya?

  3. Perluasan lahan – setiap keluarga pasti membutuhkan tempat tinggal. Semakin padat penduduk, semakin banyak lahan hutan yang dibuka untuk perumahan.

  4. Pembukaan lahan sawit – perluasan kelapa sawit banyak menimbulkan masalah dalam ekosistem seperti penyerapan air yang terganggu, hilangnya habitat beberapa hewan, sampai kebakaran hutan karena pembukaan lahan yang tidak bertanggungjawab.

  5. Penangkapan ikan dengan menggunakan bom ikan, racun atau pukat harimau

  6. Perburuan flora dan fauna yang dilindungi