Masalah apa saja yang terjadi apabila lupa membersihkan makeup sebelum tidur ?

make up

Aktivitas yang melelahkan pada perempuan kerap membuat lupa membersihkan makeup. Hal ini terkesan sepele dan lupa membersihkan makeup sebelum tidur bisa berbahaya buat kesehatan kulit.

Masalah apa yang kerap terjadi apabila lupa membersihkan makeup sebelum tidur ?

Beberapa masalah yang kerap terjadi apabila lupa membersihkan makeup sebelum tidur!

  1. Kulit Kering
    Kulit ternyata juga mengalami proses hidrasi. Biasanya hidrasi pada kulit akan berkurang ketika malam hari. Keberadaan kotoran, minyak, dan makeup pada malam hari akan memperburuk kondisi kulit. Akibatnya jika kulit tidak terhidrasi dengan baik maka bisa menjadi kasar, kering, dan akhirnya mengelupas.

  2. Wajah kusam
    Kulit kusam biasanya disebabkan oleh banyaknya kotoran yang menempel. Itu sebabnya kulit yang baru dicuci terlihat lebih bercahaya. Maka ketika kamu tidak mencuci muka, akumulasi sel-sel kulit ini menjadi mati dan membuat wajah kamu kusam.

  3. Peradangan
    Kulit wajah juga berfungsi sebagai pelindung dari luar. Ketika makeup, kotoran, dan minyak tersisa di kulit, mereka akan mengganggu kemampuan kulit sebagai pelindung. Jika terus menerus dilakukan, maka kulit wajah kamu akan mengalami peradangan seperti kemerahan, gatal, mengelupas, atau kulit bersisik.

  4. Jerawat
    Kelebihan kotoran, minyak, keringat, dan riasan menumpuk di wajah sepanjang hari akan membuat kulit kamu jadi sulit bernafas. Selain itu, minyak dan sel yang terdapat di bawah kulit akan mengalami penyumbatan. Saat itulah jerawat akan muncul di kulit wajah kamu.

Sumber:

Infeksi mata

Setiap perempuan saat ini pasti memakai make-up pada mata mereka. Tapi, tahukah bahwa smokey eye bisa menyebabkan infeksi mata jika tidak dihapus sebelum tidur? Dari maskara sampai eye shadow, partikel kecil bisa masuk ke mata dan menyebabkan iritasi, kemerahan, bahkan infeksi yang parah.

Komedo yang membantal

Tidak ada yang suka komedo timbul di wajah. Bila Anda tidak menghapus make-up sebelum tidur, maka itu hanya akan menyumbat pori-pori yang menyebabkan komedo.

Jerawat

Salah satu hal yang pasti terjadi ketika perempuan lupa menghapus make-up sebelum tidur adalah jerawat. Pori-pori yang tersumbat dan make-up yang masih menempel di wajah saat tidur dapat menyebabkan jerawat dan infeksi.

Bibir kering

Menghapus lipstik sebelum tidur adalah sebuah keharusan. Karena, jika Anda tidak menghapus lipstik sebelum tidur, maka bibir bisa menjadi kering karena warnanya menghilangkan kelembapannya.

Penuaan

Selalu lebih baik merawat kulit pada tahap awal daripada menjalani perawatan di kemudian hari. Tidak menghapus make-up sebelum tidur menyebabkan kulit kering. Selain itu, make-up menarik radikal bebas yang bisa menyebabkan tanda awal penuaan.

Sumber:

Bahaya jika tidak membersihkan makeup sebelum tidur adalah sebagai berikut:

  • Foundation
    Berupa liquid yang ringan ataupun cream yang cukup tebal, luput membersihkan foundation bisa menutup pori-pori wajah dan memicu jerawat. Juga, wajah sebagai bagian tubuh yang selalu terpapar polusi, sinar UV, dan udara luar, bisa membuat kolagen pecah sehingga muncul kerutan.

  • Lipstik
    Tidur dengan lipstik masih “on” menyebabkan bibir Anda dehidrasi di pagi hari. Jangan heran jika mendapatkan bibir pecah-pecah saat bangun di keesokan hari.

  • Krim Wajah
    Walaupun powerful, krim wajah yang bersifat sebagai perawatan kulit akan bersifat destruktif bagi kulit jika sudah digunakan selama 5 jam apalagi ditambah paparan matahari dan polusi. Jangan lupa bersihkan wajah ketika sudah memproduksi minyak berlebih.

  • Maskara
    Partikel yang dikandung maskara menghambat folikel bulu mata dan melukai rambut sama seperti sisa makeup yang merusak kulit wajah. Gumpalan sisa maskara yang mengering bisa membuat bulu mata Anda rontok.

  • Blush On
    Pipi merupakan salah satu bagian paling sensitif pada wajah. Lupa membersihkan perona wajah memicu timbulnya jerawat pada pipi.

sumber:
https://www.femina.co.id/cantik-&-gaya/bahayanya-lupa-membersihkan-makeup