Marketing Public Relation (Materi 8) NEW

Materi 8 : Low Budget High Impact

E-LEARNING DICTIO
Marketing Public Relation

Disusun Oleh : Ayu Retno Puri

Materi 8 :Low Budget High Impact

1.1 Low Budget High Impact

  • Mengoptimalkan keterbatasan budget yang anda miliki.

  • Melakukan iklan di berbagai media (koran, radio, televisi), membuat brosur yang mengkilat, melakukan modifikasi pada website, seringkali membuat budget anda semakin terkikis dan membuat marketing plan anda menjadi tidak terarah.

  • Anda harus mampu menggunakan budget marketing anda yang terbatas untuk membawa pesan yang ingin anda sampaikan pada konsumen anda secara continue, dan melihat bagaimana dampaknya pada tingkat pertumbuhan penjualan anda.

1.1.1 Terdapat Beberapa Pertimbangan Mengapa Teknik Marketing Yang Low Budget Dalam Marketing Plan Perlu Dilakukan :

  1. Penggunaan iklan yang mahal tidak otomatis terkorelasi dengan peningkatan penjualan yang besar. Pertimbangan utaman dalam beriklan adalah memastikan bahwa setiap dana yang dikeluarkan harus mampu menghasilkan penjualan.

  2. Menurut sebuah penelitian, seorang konsumen membutuhkan setidaknya 7x untuk mendengar pesan marketing anda agar bisa mempengaruhi keputusannya untuk membeli. Menggunakan strategi marketing diluar budget yang anda miliki tidak akan menjamin bahwa anda akan mampu mengulang pesan marketing anda kepada mereka untuk bisa menghasilkan pengaruh bagi mereka.

  3. strategi multiple channel marketing.
    Calon konsumen biasanya akan lebih mengenal anda jika dia dapat menjumpai anda dengan berbagai cara (membaca tentang anda dikoran, menemukan anda di berbagai event, brosur yang dibawa pulang, mengunjungi website anda,etc). Hal ini tentunya jika anda lakukan akan melebarkan budget marketing anda dalam menggunakan strategi multiple channel marketing dalam menghasilkan dampak yang maksimal terdapat pesan dalam iklan anda.

1.2 Strategi Low Budget High Impact Bagi Marketing Plan:

  1. Memanfaatkan Program Promosi Pihak Lain
  • Anda bisa memanfaatkan Marketing Plan dari pihak lain yang mungkin anda nilai memiliki karakteristik konsumen yang sama namun memiliki budget yang lebih dibandingkan dengan anda, sehingga anda dapat menghemat waktu dan modal anda. Misalnya, dengan memanfaatkan pertumbuhan perusahan retail besar seperti carrefour, giant, hypermart, etc, jika target konsumen yang anda bidik masuk juga dalam target market mereka mungkin anda bisa memanfaatkannya dengan bekerjasama dengan membuka outlet di seputaran mereka.

  • Perusahaan retail sekelas ini biasanya memiliki budget marketing yang cukup besar dan biasanya meraka sangat memperhitungkan secara cermat aspek demografis dan cost analisis dalam setiap pembukaan toko baru.

  • Dengan memanfaatkan program-program marketing yang dimiliki mereka untuk menarik konsumen ke arah mereka dan sekaligus ke arah anda, dengan begitu anda bisa mendapat keuntungan dari marketing plan mereka.

  1. Tentukan Target Yang Tepat
  • Salah satu bagian yang penting dalam sebuah marketing plan adalah menentukan konsumen yang tepat.

  • Agar marketing plan kita dapat memberikan dampak yang besar namun dengan biaya yang ringan, anda harus mampu menentukan dan membidik konsumen yang gampang untuk diidentifikasi dan mudah untuk diraih.

  • Lupakan Mass Market, mulailah untuk fokus menggarap pasar yang lebih spesifik. Misalnya, jika target market dari produk anda adalah wanita, maka akan menjadi tidak efektif kalo anda mencoba untuk mendekati seluruh wanita jika anda memiliki sumber daya yang terbatas.

  • Agar bisa efektif, anda harus mampu mengklasifikasinya karakteristik wanita yang seperti apa yang masuk dalam segmen market anda? dimana biasanya mereka berada ? serta bagaimana anda akan mendekati mereka?.

  1. Jadikan Anda Berita Yang Positif
  • Dengan menjadi diri anda sebagai sumber berita di media yang tepat, akan bisa membantu anda untuk menyampaikan pesan marketing anda secara lebih murah.

  • Hanya ada 2 hal yang bisa membuat anda menjadi sumber berita, yang pertama adalah keberhasilan yang anda raih, dan yang kedua adalah karena anda berbeda.

  • Dari pilihan itu mungkin pilihan ke dua adalah yang paling masuk akal untuk bisa kita gunakan jika kita terhitung masih baru dalam bisnis.

  • Untuk bisa berbeda, maka kita harus unik dalam berbagai aspek dengan membangun competitive advantage yang dimiliki oleh bisnis kita dan kita juga harus mampu mendrivenya untuk bisa dijadikan komoditas berita yang bisa membantu marketing plan kita.

  1. Kemungkinan Joint Venture
  • Potensi untuk melakukan joint venture bagi perusahaan skala kecil dan menengah terlau sulit untuk tidak diperhitungkan.

  • Beraliansi dengan sekelompok usaha kecil atau perusahaan yang besar akan menempa kemampuan anda dalam menghasilkan sebuah marketing plan efektif untuk bisa mendatangkan uang untuk mendanai marketing plan anda secara maksimal.

  • Dengan melakukan join venture, anda akan mampu mengurangi biaya, memudahkan anda untuk masuk ke pasar yang baru dan memanfaatkan dan menciptakan jalur distribusi yang potensial.

  1. Jadilah Referensi
  • Salah satu metode yang efektif untuk menjanjaring pelanggan baru adalah melalui rekomendasi dari pelanggan anda yang puas tentang bisnis anda.

  • Informasi yang disampaikan oleh pelanggan anda yang puas kepada pihak lain tentang bisnis anda itu jauh lebih efektif dibandingkan dengan kampanye iklan yang mahal sekalipun.

  • Luangkan waktu anda untuk bisa membangun kepuasandan loyalitas dari konsumen anda agar bisnis anda bisa mereka jadikan referensi di lingkungan mereka.

1.3 Syarat Low Budget High Impact

  1. Jika target market yang dibidik benar-benar tepat sasaran berdasarkan data konsumen yang solid. Artinya Anda bukannya menjadi ”Rambo”, tapi ”Sniper”. (Data Base Marketing)

  2. Jika program pemasaran yang Anda bangun memicu interaksi dan partisipasi aktif dari pelanggan. (Community Marketing)

  3. Jika pendekatan pemasaran yang Anda pakai berbeda dengan pendekatan umum yang dipakai pesaing. Kalau pendekatan Anda nyleneh sendiri, tentu saja pelanggan akan menoleh ke Anda. (Blue Ocean Marketing)

1.3.1 Data Base Marketing

  • Pendekatan pemasaran dimana perilaku pelanggan bisa dipotret secara sempurna berdasarkan data pelanggan yang kita kumpulkan.

  • Melalui data mining si marketer akan tahu secara persis karakteristik dan perilaku pelanggan, sehingga berdasarkan pengetahuan tersebut si marketer bisa merancang program-program pemasaran yang tepat sasaran.

  • Karena tepat sasaran, dipastikan program-program tersebut akan membuahkan hasil yang impactful alias low budget high impact.

  • Pendekatan ini cocok diterapkan di bisnis-bisnis yang pelangganya melakukan pembelian secara berulang seperti supermarket, airlines, klinik, rumah sakit, provider telekomunikasi, dealer mobil, dan sebagainya.

1.3.2 Community Marketing

  • Pendekatan yang memanfaatkan komunitas pelanggan baik yang sengaja dibentuk perusahaan maupun yang terbentuk sendiri secara natural.

  • Keunggulan utama pendekatan ini terletak pada kemampuannya memicu interaksi dan partisipasi pelanggan secara intensif, tak hanya antara pelanggan dengan perusahaan, tapi yang penting justru antar pelanggan sendiri.

  • Hal ini berbeda dengan pendekatan (misalnya melalui iklan di koran atau TV) yang bersifat one-way dan tak memberi ruang bagi partisipasi pelanggan.

  • Kenapa pendekatan ini low budget high impact? Karena fungsi marketer di sini hanya sebagai fasilitator komunitas pelanggan, justru tidak boleh terlalu dominan seperti halnya pada mass marketing.

1.3.3 Blue Ocean Marketing

  1. Pendekatan pemasaran yang melawan arus alias nyleneh. Karena nyleneh maka dengan gampang pelanggan akan menoleh dan memperhatikan Anda.

  2. Gaya iklan ”Bukan Basa-Basi”-nya AMild misalnya, menggunakan pesan dan cara yang selalu berbeda dari arus mainstream yang ada, sehingga dengan sedikit exposure saja dampak word-of-mouth-nya sampai ke mana-mana.

  3. Contoh lain adalah aksi ”nyebar duit” yang dilakukan Tung Desem Waringin bulan lalu terbilang nyleneh dan tak biasa sehingga mengundang perhatian media.

  4. Kita tahu tulisan media adalah ”kecap no 1” yang begitu ampuh menggaet perhatian kalayak. Lepas dari kontroversi yang muncul, harus diakui aksi Tung Desem itu sangat low budget tapi high impact.

Daftar Pustaka

  1. Clow, Kenneth E & Donald Baack, Integrated Advertising, Promotion, and Marketing Communication : 3rd Edition, New Jersey : Prentice Hall.

  2. Kasali, Renald . 2005. Manajemen Public Relation : Konsep dan Aplikasinya Di Indonesia : PT. Pustaka Utama Grafiti : Jakarta.

  3. Kotler, Philip., Hermawan Kartajaya. Dan Iwan Setiawan. 2010. Marketing 3.0. From Product to Customers to the Human Spirit. New Jersey: John Wiley &Sons

  4. Ruslan, Rosady. 2008. Kiat Dan Strategi Kampanye Public Relation, Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada

  5. __________. 2014. Manajemen Publi Relation dan Media Komunikasi (Konsep dan Aplikasi). Jakarta : PT. Raja Grafindo

1 Like

penjelasannya dimulai dari pengertian, tujuan, alasan dan strateginya.

Judulnya terlalu panjang. Diubah saja menjadi pertimbangan penggunaan marketing low budget.


Saya kira 1.3.1 - 1.3.3 merupakan jenis-jenis marketing low budget high impact. Kenapa judulnya 1.3 syarat low budget high impact, bukan jenis marketing lbhi

Lalu setelah saya baca lagi kok setiap penjelasan di sub-sub bab ini dituliskan dalam bentuk poin ya. Kenapa begitu kak?


Daftar pustaka jangan lupa diperbaiki.

Ini mata kuliah apa ya ? Kok kategorinya masih di e-learning, bukan di mata kuliahnya. Apa belum dibikinkan kategorinya ya hehe…

kalau belum nanti saya bikinkan kategorinya