Mark Zuckerberg : Co - founder dan CEO Facebook

Biografi, Mark Zuckerberg


Pekerjaan
co-founder and CEO of the social-networking website Facebook

Afiliasi lainnya

  • Computer Programmer
  • Philanthropist
  • Internet entrepreneur

Tempat dan Tanggal Lahir
White Plains, New York, 14 Mei 1984

Kewarganegaraan
New York

Pendidikan
Harvard University, Phillips Exeter Academy

Total Kekayaan
US$50 Billion Dollar - 669,9 Trilliun Rupiah (2016)

Peringkat berdasarkan Forbes

  • 35 from 400 list (2010)
  • 5th richest person in the world (2016)
  • 10th on Forbes list of The World’s Most Powerful People (2016)

Riwayat Hidup


Mark Zuckerberg, memiliki nama asli Mark Elliot Zuckerberg, terlahir dalam sebuah keluarga yang nyaman dan terdidik pada tanggal 14 Mei 1984, di White Plains, New York. Ayahnya, bernama Edward Zuckerberg, memiliki praktek dokter gigi di rumahnya. Ibunya, Karen, bekerja sebagai psikiater sebelum melahirkan ke empat anaknya, yakni Mark, Randi, Donna, dan Arille.

Mark Zuckerberg mulai menggunakan komputer dan menciptakan perangkat lunak sejak di sekolah menengah. Kemudian ia belajar di Phillips Exeter Academy, sebuah sekolah persiapan eksklusif di New Hampshire.

Pada tahun 2002, Mark Zuckerberg terdaftar di Universitas Harvard. Dan pada tahun 2004, ia mulai meluncurkan facebook.

Mark Zuckerberg menikah dengan Priscilla Chan, pacar lamanya, pada tahun 2012. Mereka dikaruniai anak perempuan tepatnya pada November 2015.

Riwayat Karir


Ketika umurnya sekitar 12 tahun, Mark Zuckerberg mengembangkan minatnya dalam bidang komputer, ia membuat program messaging, yang bernama “ZuckNet”, dengan menggunakan Atari BASIC. Sebuah program perangkat lunak tersebut digunakan untuk berkomunikasi dalam rumah terutama kantor gigi milik ayahnya, sehingga jika seorang pasien baru datang, resepsionis bisa memberitahukan dengan mudah tanpa berteriak.

Untuk menjaga perkembangannya dalam bidang komputer, orang tuanya menyewa guru komputer pribadi, David Newman, untuk datang ke rumah seminggu sekali dan bekerjasama dengan Mark. Saat di SMA, ia menciptakan versi awal dari perangkat lunak musik Pandora, yang disebut Synapse.

Pada tahun 2002, setelah lulus dari Exeter, Mark Zuckerberg terdaftar di Universitas Harvard. Pada tahun keduanya ia telah mengembangkan sebuah program yang disebut CourseMatch, yang memungkinkan pengguna untuk membuat keputusan pilihan kelas berdasarkan pilihan siswa lain dan juga untuk membantu mereka membentuk kelompok belajar.

Beberapa waktu kemudian, ia menciptakan program yang bernama Facemash, untuk membandingkan gambar dari dua mahasiswa di kampus dan memungkinkan pengguna untuk memilih mana yang lebih menarik. Tapi segera ditutup oleh pihak sekolah karena dinilai tidak pantas.

Berdasarkan projek sebelumnya, teman - teman Mark Zuckerberg, yakni Divya Narendra, Cameron dan Tyler Winklevoss, memintanya untuk bekerjasama pada ide mereka untuk membuat sebuah situs jejaring sosial yang mereka sebut Harvard Connection. Situs ini dirancang menggunakan informasi dari jaringan mahasiswa Harvard dalam rangka menciptakan sebuah situs kencan. Mark Zuckerberg setuju untuk membantu proyek tersebut, tapi ia kemudian keluar dan bekerja di situs jejaring sosial sendiri dengan Dustin Moskovitz, Chris Hughes dan Eduardo Saverin.

Mark Zuckerberg dan teman-temannya membuat sebuah situs yang memungkinkan pengguna untuk membuat profil mereka sendiri, upload foto, dan berkomunikasi dengan pengguna lain. Setelah tahun kedua, Mark Zuckerberg putus kuliah untuk mengoptimalkan dirinya dalam pengembangan Facebook secara keseluruhan, berjalan dengan perusahaan Palo Alto, California. Dan pada akhir tahun 2004, Facebook memiliki 1 juta pengguna.

Fakta – fakta


  1. Pada saat mulai menempuh pembelajaran di Universitas Harvard, Mark Zuckerberg telah mencapai reputasi sebagai “Programming Prodigy”

  2. Perusahaan Zuckerberg diberikan akses ke perguruan tinggi lainnya, SMA dan sekolah internasional, sehingga keanggotaan situs menjadi lebih dari 5,5 juta pengguna pada Desember 2005.

  3. Situs ini menarik minat perusahaan lain, yang ingin mengiklankan dengan hubungan sosial yang populer.

  4. Mark Zuckerberg menolak tawaran dari perusahaan seperti Yahoo! dan MTV Networks, ia tidak ingin menjual situsnya.

  5. Ia memfokuskan diri pada pengembangan situs, membuka proyek untuk pengembangan luarnya dan menambahkan lebih banyak fitur.

  6. Tahun 2006, bisnisnya menghadapi rintangan besar untuk pertama kali. Namun Mark Zuckerberg dan situs Facebooknya terus sukses, dan terlepas dari kritik.

  7. Majalah Time menamainya Person of the Year pada tahun 2010, dan Vanity Fair menempatkan dia di bagian atas New Establishment list.

  8. Forbes juga menempatkan Mark Zuckerberg di peringkat No 35, mengalahkan CEO Apple Steve Jobs, pada daftar “400”, dan diperkirakan kekayaan bersihnya menjadi US$6.9 Billion

  9. Sejak mengumpulkan kekayaan yang cukup besar itu, Mark Zuckerberg telah menggunakan jutaan kekayaannya untuk mendanai berbagai penyebab filantropi.

  10. Pada bulan September tahun 2010, ia menyumbangkan $ 100 juta untuk menyelamatkan kegagalan sistem Newark Public Schools di New Jersey.

  11. Pada bulan Desember 2010, Mark Zuckerberg menandatangani “Giving Pledge”, menjanjikan penyumbangan setidaknya 50 persen dari kekayaannya untuk amal selama hidupnya.

  12. Dia dan istrinya juga berjanji dalam sebuah surat terbuka kepada putri mereka bahwa mereka akan memberikan 99 persen saham Facebook mereka untuk amal.

Quotes


“With a generation of younger folks who have thrived on the success of their companies, there is a big opportunity for many of us to give back earlier in our lifetime and see the impact of our philanthropic efforts.” Mark Zuckerberg

“If you’re going to go on to build a service that is influential and that a lot of people rely on, then you need to be mature, right? I think I’ve grown and learned a lot.” Mark Zuckerberg

“Understanding people is not a waste of time.” Mark Zuckerberg

“Our mission is to make the world more open and connected. We do this by giving people the power to share whatever they want and be connected to whoever they want, no matter where they are.” Mark Zuckerberg

“I have this fear of getting locked into doing things that are not the most impactful things you can do. I think people really undervalue the option value in flexibility.” Mark Zuckerberg

“What Facebook is today isn’t a set of information, it’s a community of people who are using Facebook to stay connected and share information. They are only going to do that as long as they trust us.” Mark Zuckerberg

“Everything I do breaks, but I fix it quickly.” Mark Zuckerberg

“I would personally rather be underestimated. It gives us latitude to go out and make some big bets.” Mark Zuckerberg

“Apps aren’t the center of the world. People are.” Mark Zuckerberg

“Facebook is in a very different place than Apple, Google, Amazon, Samsung, and Microsoft. We are trying to build a community.” Mark Zuckerberg

“Sometimes we are going to do stuff that’s controversial, and we’re going to make mistakes. We have to be willing to take risks.” Mark Zuckerberg

“People have really gotten comfortable not only sharing more information and different kinds, but more openly and with more people. That social norm is just something that has evolved over time.” Mark Zuckerberg

“The real story of Facebook is just that we’ve worked so hard for all this time. I mean, the real story is actually probably pretty boring, right? I mean, we just sat at our computers for six years and coded.” Mark Zuckerberg

“A lot of people who are worried about privacy and those kinds of issues will take any minor misstep that we make and turn it into as big a deal as possible.” Mark Zuckerberg

[details=Referensi]http://www.biography.com/people/mark-zuckerberg-507402#the-rise-of-facebook
“Mark Zuckerberg”. Forbes. Retrieved April 19, 2016.
“The World’s Billionaires List”. Forbes. Retrieved December 12, 2016.
“The World’s Most Powerful People”. Forbes. December 2016. Retrieved 14 December 2016
[/details]

2 Likes

image

Mark Zuckerberg

Mark lahir pada tanggal 14 Mei 1984 di Dobb Ferry, West chester County, New York, dengan nama asli Mark Elliot Zuckerberg. Ayahnya yang bernama Edwarg Zuckerberg berprofesi sebagai dokter gigi dan ibunya Karen sebagai psikiater. Sejak kecil Mark difasilitasi ayahnya oleh komputer. Pada umurnya 12 tahun, ia membuat program messaging, yang bernama “ZuckNet”, dengan menggunakan Atari BASIC.

Aplikasi messaging ini digunakan untuk komunikasi dalam kantor gigi milik ayahnya.
Saat SMA, Mark Zuckerberg dan temannya yang bernama D’Angelo berhasil membuat plug-in untuk MP3 player Winamp. Kemudian mereka mengirim program itu ke AOL (American on line) dan Microsoft. Melihat kejeniusannya dalam memprogram akhirnya Microsoft mempekerjakannya untuk menyelesaikan sebuah proyek.

Ketika berkuliah di Harvard, Mark tersandung sebuah kasus dimana ia meminta kepada pihak Harvard untuk meluncurkan data mahasiswa Harvard kepada mahasiswanya dengan tujuan memudahkan antarmahasiswa untuk berkenalan. Namun pihak Harvard menolak permintaan Mark tersebut, sehingga Mark membuat sebuah situs bernama “coursematch.com”, untuk memudahkan mahasiswa dalam berkenalan dengan temannya.

Sementara di Harvard, Zuckerberg menciptakan Facemash, sebuah situs web yang membandingkan foto asrama siswa berdampingan dengan mode yang mirip dengan HOT or NOT. Administrasi Harvard tidak geli, dan Zuckerberg menghadapi tindakan disipliner berikutnya. Kurang dari tiga bulan kemudian, ia meluncurkan Facebook.

Mark kemudian membuat website baru bernama “thefacebook.com” pada Februari 2004. Awalnya sasaran thefacebook.com adalah mahasiswa Harvard, namun seiring dengan perkembangannya akhirnya kampus sekitar Harvard pun meminta untuk dimasukkan bahkan ia juga menerima permintaan dari khalayak umum seperti para pekerja dan anak sekolahan. Kemudian namanya berubah menjadi “Facebook”.

Pada awal peluncuran “Facebook”, penggunanya adalah setengah dari total mahasiswa Harvard. Namun setelah beberapa bulan, pengguna “Facebook” sudah mencapai 1 juta pengguna.
Mengingat semakin banyaknya pengguna aplikasi yang ia buat, Mark menggandeng temannya untuk mengembangkan “Facebook”, dan akhirnya kuliahnya terbengkalai, sehingga ia harus Drop Out dari Harvard pada tahun 2005.

Saat usernya mencapai satu juta, Mark pun menawarkan investasi pada perusahaan lain yang mau bergabung mengembangkan facebook. Tercatatlah perusahaan seperti PayPal, Accel Partners, Greylock Partners, Merytech Capital Partners, Li-Ka-Shing, Viacom, Google, Yahoo dan bahkan Microsoft ikut menanam saham di facebook. Karena hal inilah ada rumor facebook mau dijual, namun Mark mengingkarinya dan menegaskan facebook tak akan dijual. Saat ini Mark menjadi orang terkaya di dunia dengan total kekayaan mencapai US$17,5 Miliar.

Pada bulan September 2010, Zuckerberg menyumbangkan $ 100 juta ke Newark Public School System untuk membantu merenovasi dan memperbaiki sistem. Zuckerberg memenangkan penghargaan Crunchie 2007 untuk ‘CEO Best Startup’. Dia adalah Time Magazine 2010 Person Of The Year. Dia juga memenangkan penghargaan Crunchie 2012 untuk CEO tahun ini.

Meskipun sudah dinobatkan menjadi orang terkaya di dunia, Mark kembali melanjutkan kuliahnya di Harvard setelah 10 tahun ditinggalkan, hingga dinyatakan lulus pada Mei 2017 lalu, dengan mendapat gelar kehormatan.

“With a generation of younger folks who have thrived on the success of their companies, there is a big opportunity for many of us to give back earlier in our lifetime and see the impact of our philanthropic efforts.” -Mark Zuckerberg

Sumber :
https://www.crunchbase.com/person/mark-zuckerberg#/entity



https://tekno.tempo.co/read/news/2017/03/08/072853823/pernah-dropout-mark-zuckerberg-dianugerahi-gelar-sarjana-harvard

Muda, mandiri dan kaya raya, itulah Mark Zuckerberg. Ia merupakan anak kedua dari pasangan dokter gigi dan psikiater Edward dan Karen Zuckerberg. Sejak kecil Zuckerberg suka mengutak-atik komputer, mencoba berbagai program komputer dan belajar membuatnya hingga membuatnya cukup jago di usia dini. Ayahnya sendiri membelikannya komputer sejak ia berusia delapan tahun. Bahkan, saat masih duduk di sekolah menengah Phillips Exeter Academy, Mark dan temannya D’Angelo berhasil menciptakan plug-in untuk MP3 player Winamp, yang merupakan perangkat lunak komputer yang bisa berinteraksi dengan aplikasi host seperti web browser atau email untuk kepentingan tertentu. Mark dan D’Angelo membuat plug-in untuk mengumpulkan lagu kesukaan seseorang dan kemudian membuat playlist sesuai selera. Pada tahun terakhirnya di sekolah Phillips, dia direkrut oleh AOL (American Online) dan Microsoft untuk suatu proyek.

Saat melanjutkan sekolah ke perguruan tinggi keduanya harus berpisah. D’Angelo masuk Caltech sedangkan Zuckerberg masuk Harvard. Di Harvard inilah Zuckerberg menemukan ide membuat buku direktori mahasiswa online karena universitasnya tak membagikan face book (buku mahasiswa yang memuat foto dan identitas mahasiswa di universitas itu). Padahal, menurut Mark hal itu sangat penting bagi mahasiswa baru sebagai ajang pertemanan di antara mereka. Ia berinisiatif untuk membuat direktori online, namun Harvard selalu menolaknya, Harvard menolaknya. “Mereka mengatakan punya alasan untuk tidak mengumpulkan informasi (mahasiswa) ini,” ujar Mark Zuckerberg kemudian. Meski ditolak ia selalu mencari cara untuk mewujudkannya. “Saya ingin menunjukkan kalau hal itu bisa dilakukan,” lanjutnya soal kengototannya membuat direktori online itu.

Pada awalnya, mulai dari kamarnya Mark membuat CourseMatch (www.coursematch.com) yang bisa digunakan teman-teman sekelasnya untuk berkomunikasi satu sama lain melalui web tersebut. CourseMatch lalu berubah menjadi Facemash, dan untuk melengapi data direktori online buatannya, Suatu malam di tahun kedua ia kuliah di Harvard, Zuckerberg menyabot data mahasiswa Harvard dan memasukkannya ke dalam website yang ia buat itu. Sejumlah foto rekan mahasiswanya terpampang di situ. Tak lupa ia membubuhkan kalimat yang meminta pengun jungnya menentukan mana dari foto-foto ini yang paling “hot”. Pancingannya mengena. Dalam tempo empat jam sejak ia meluncurkan webiste itu tercatat 450 orang mengunjungi Facemash dan sebanyak 22.000 foto mereka buka. Tapi pihak Harvard mengetahui sabotase yang dilakukan Mark, dan mereka memutus sambungan internet ke asrama mahasiswa.

Zuckerberg diperkarakan karena dianggap mencuri data. Mark Zuckerberg pun meminta maaf kepada rekan-rekan yang fotonya masuk di Facemash. Tetapi ia tak menyesali tindakannya. “Saya kira informasi seperti itu harus tersedia (online),” ujamya. Alih-alih kapok, ia malah membuat website baru dengan nama Facebook (www.thefacebook.com) yang merupakan penyempurnaan dari Facemash. Website itu diluncurkan pada 4 Februari 2004. Sasarannya tetap sebagai tempat pertemuan sesama mahasiswa Harvard. Seperti sebelumnya, mahasiswa Harvard pun antusias dan segera bergabung dengan Facebook sebagai anggota. Dalam waktu dua minggu setelah diluncurkan, separuh mahasiswa Harvard telah memiliki akun di Facebook. Bahkan, beberapa kampus lain juga tertarik dan meminta agar mereka bisa mendaftar sebagai anggota Facebook. Menghadapi permintaan itu Mark pun kualahan, dia sampai meminta bantuan dari dua temannya untuk membantunya mengembangkan Facebook.

Dalam waktu empat bulan, Facebook sudah menjaring 30 kampus. Pada akhir 2014 jumlah pengguna Facebook sudah mencapai satu juta. Karena anggota yang makin banyak mereka pun membenahi Facebook, dan pembenahan yang dilakukannya adalah mengganti nama domain dari The Facebook (www.thefacebook.com) menjadi Facebook (www.facebook.com). Pengguna Facebook terus meningkat. Malah ada sejumlah orang yang tak lagi jadi mahasiswa atau yang masih di sekolah ingin bergabung. Tingginya desakan ini membuat Zuckerberg dan kawan-kawan memutuskan Facebook membuka jaringan untuk para siswa sekolah menengah pada September 2005. Tak lama kemudian mereka juga membuka jejaring para pekerja kantoran. Kesibukan yang luar biasa ini membuat Zuckerberg harus memutuskan keluar dari Harvard. Zuckerberg dan kawan-kawan kemudian mengembangkan Facebook lebih jauh lagi. Pada September 2006 Facebook membuka pendaftaran untuk jejaring umum dengan syarat memiliki email. Sejak itulah jumlah anggota Facebook melesat.

“In a world that’s changing really quickly, the only strategy that is guaranteed to fail is not taking risks.” –Mark Zuckerberg

Sumber:


https://renaissancer99.wordpress.com/category/natural-science-and-technology/biografi-dan-kisah-sukses-mark-zuckerberg-sang-penemu-facebook/
http://www.infoharianterbaru.com/2013/05/kisah-sukses-dari-mark-zuckerberg.html

Mark adalah sosok pemuda yang berani dan sangat inovatif. Mark dapat membuktikan pada dunia bahwa biliuner tidak harus dari orang yang telah dewasa, bahkan pemuda pun bisa menjadi biliuner. Mark sangat ahli dalam ilmu tentang komputer, dia juga pintar dalam membuat program. Mark selalu mencoba berbagai program dan juga belajar untuk membuatnya. Bahkan orang tuanya sudah memberinya komputer sejak usianya 8 tahun. Mencoba dan terus melatih skillnya dalam membuat program membuat Mark lebih baik lagi dalam membuat program.

Mark pernah menempuh pendidikan di Harvard, dan disini dia mulai mengamati lingkungan sekitar dan merasa perlu ada buku mahasiswa yang memuat foto dan identitas mahasiswa di universitas. Karena tergerak untuk membantu membuat mark membuat situsnya yang sebenarnya ditolak oleh Harvard. Kemudian mark nekat membuat facemash dan mencuri data mahasiswa dari kampus. Tentunya pihak Harvard memperkarakan masalah ini, namun tidak membuat Mark menyerah. Ia selalu mencari cara untuk mewujudkannya dan ia malah membuat facebook yang awalnya hanya untuk mahasiswa malah menjadi global.

Kisah Mark tidak sepenuhnya mulus, ia juga tidak melanjutkan kuliahnya di Harvard. Termasuk dari rekannya di Harvard yang menyebutkan rancangan Facebook sebenarnya tiruan dari ConnectU. Namun Zackerberg tetap bergeming bahwa Facebook merupakan hasil karyanya. Meskipun ConnectU kalah dalam persidangan pertama. Apa yang menginspirasi saya dari Mark adalah ia tidak pernah menyerah dan ia juga akan mewujudkan apa yang ia inginkan selama itu memang baik dan dapat membantu sesama. Bayangkan saja seorang pemuda bisa menjadi biliuner hanya dari niatnya untuk membantu sesama pada awalnya. Mark pun juga selalu tampil apa adanya dan hanya memakai kaos untuk bekerja. Bahkan seorang biliuner pun tidak membuang-buang uangnya untuk berfoya-foya. Mark juga telah membuktikan bahwa untuk menjadi besar dapat kita lakukan dengan mengubah hal-hal kecil di sekitar kita.

Quote:

  • “What I want is already in my hands. I do not want to have a diploma then work. I think the job is for the weak” - Mark Zuckerberg
  • “People don’t care about what you say, they care about what you build.” - Mark Zuckerberg
  • “Helping a billion people connect is amazing, humbling and by far the thing I am most proud of in my
    life.” - Mark Zuckerberg

Referensi:

Mark Zuckerberg

Profil


Nama : Mark Elliot Zuckerberg
Lahir : 14 Mei 1984, White Plains, New York
Status : Menikah
Pekerjaan : Co-Founder dan CEO social-networking website Facebook
Pendidikan : Drop out, Harvard university
Kekayaan : $ 71. 8 Billion (peringkat #3 Richest In Tech versi FORBES)

Riwayat Hidup


Mark Elliot Zuckerberg lahir pada tanggal 14 Mei 1984 di White Plains, New York, menjadi keluarha yang nyaman dan terdidik,dan di besarkan di desa terdekat bernama Dobbs Ferry. Ayahnya Edward Zuckerberg, menjalankan praktik kedokteran gigi yang berdekatan dengan rumahnya. Ibunya Karen bekerja sebagai psikiater sebelum kelahiran keempat anaknya yaitu Mark, Randi, Donna dan Arielle.

Mark mengembangkan minatnya pada komputer sejak usia dini, ketika berusia 12 tahun dia menggunakan Atari BASIC untuk membuat program olah pesan yag dinamakan “Zucknet”. Ayahnya menggunakan program ini di kantor dokter gigi untuk memberitahu tentang pasien baru tanpa harus berteriak di seberang ruangan. Keluarga Mark juga menggunakan Zucknet untuk berkomunikasi di dalam rumah. Saat Bersama teman-temannya, ia juga mencipatakan game komputer yang di buat untuk bersenang-senang. Untuk mengikuti ketertarikan Mark terhadap komputer, orang tuanya menyewa guru pribadi dalam bidang komputer, guru tersebut bernama David Newman. Biasanya guru pribadi Mark datang ke rumah seminggu sekali. Newman pernah di wawancara kemudian mengatakan kepada wartawan bahwa sulit untuk tetap di depan anak ajaib tersebut, yang mulai mengikuti kesuksesan saat pascasarjana di Mercy College terdekat dalam waktu yang sama.

Mark belajar di Phillips Exeter Academy, sebuah sekolah persiapan eksklusif di New Hampshire. Saat belajar di Phillips Exeter Academy ia umggul dalam bidang klasik, sastra, dan menjadi kapten tim sekolah. Namun Mark tetap terpesona oleh komputer, dan terus berupaya mengembangkan program baru. Ketika masih di SMA, ia menciptakan versi awal perangkat lunak music Pandora, yang ia sebut Synape. Awal dari situlah beberapa perusahaan AOL dan Microsoft menyatakan tertarik untuk membeli perangkat lunak tersebut, dan memperkerjakan Mark sebelum lulus, tetapi Mark menolak tawaran tersebut.

Riwayat Karir


Mark Zuckerberg mendirikan situs jejaring social Facebook dari kamar asrama studionya. Dia meninggalkan Harvard setelah tahun kedua untuk berkonsentrasi di lokasi, basis pengguna yang telah berkembang menjadi lebih dari 250 juta orang, membuat Mark menjadi miliarder. Sebelum mendirikan situs jejaring social Facebook Mark telah mengembangkan reputasi sebagai pengembang perangkat lunak go-to di kampus. Pada saat itulah ia membangung sebuah program bernama CourseMatch, yang membantu siswa memilih kelas mereka berdasarkan pilihan kursus dari pengguna lain. Mark juga menemukan Facemash, yang membandingkan gambar dua siswa di kampus dan memungkinkan pengguna untuk memilih yang mana lebih menarik.

Dalam mengembangkan Facebook Mark dibantu oleh tiga rekannya sesama siswa yaitu Divya Narendra, Cameron, dan Tyler Winklevoss, mereka mencari sebuah gagasan untuk sebuah situs jejaring social yang mereka sebut Harvard Connection. Akhirnya Mark dan teman-temannya menciptakan sebuah situs yang memungkinkan pengguna membuat profil mereka sendiri, mengunggah foto, dan berkomunikasi dengan pengguna lain. Saat menjalankan situs tersebut yang pertama kali disebut Facebook-out dari kamar asrama di Harvard sampai bulan juni 2004. Setelah dua tahun Mark keluar dari perguruan tinggi untuk mengabdikan dirinya pada Facebook sepenuhnya, memindahkan perusahaan tersebut ke Palo Alto, California.

Go Public


Zuckerberg membuat dua perubahan besar pada bulan Mei 2012. Facebook memiliki penawaran umum perdana, yang mengumpulkan $ 16 miliar, menjadikannya IPO internet terbesar sepanjang sejarah. Tapi Zuckerberg mungkin melihat lebih banyak akuisisi. Dia secara pribadi menegosiasikan kesepakatan perusahaan untuk membeli Instragram bulan sebelumnya. Setelah sukses awal IPO, harga saham Facebook sedikit menurun di hari-hari awal perdagangan. Namun Zuckerberg diperkirakan akan mengalami pasang surut dalam kinerja pasar perusahaannya. Dia memegang lebih dari seperempat sahamnya dan mempertahankan 57 persen kontrol atas saham pemungutan suara.

Pada bulan November 2015, Zuckerberg dan Chan menyambut seorang anak perempuan, Max, dan Zuckerberg mengumumkan bahwa dia akan mengambil dua bulan cuti untuk diluangkan waktunya bersama keluarga. Dia dan istrinya juga berjanji untuk membuat surat kepada putri mereka bahwa mereka akan memberikan 99 persen saham Facebook untuk amal.

Pada bulan September 2016, Zuckerberg dan Chan mengumumkan bahwa Chan Zuckerberg Initiative (CZI), perusahaan tempat mereka memasukkan saham Facebook, akan menginvestasikan setidaknya 3 miliar ke dalam penelitian ilmiah selama dekade berikutnya untuk membantu menyembuhkan, mencegah dan mengelola semua penyakit dalam kehidupan anak-anak. Mereka juga mengumumkan pendirian Chan Zuckerberg Biohub untuk pusat penelitian independen yang berbasis di San Francisco yang akan mempertemukan para insinyur, ilmuwan komputer, ahli biologi, kimiawan dan lainnya di komunitas ilmiah. Kemitraan antara Stanford University, University of California, San Francisco, dan University of California, Berkeley, Biohub akan menerima dana awal sebesar 600 juta selama 10 tahun.

Sumber:


Mark Zuckerberg


Pada tahun 2003, di Harvard Zuckerberg menemukan ide membuat buku direktori mahasiswa online karena universitasnya tak membagikan face book (buku mahasiswa yang memuat foto dan identitas mahasiswa di universitas itu) pada mahasiswa baru sebagai ajang pertemanan di antara mereka. Ia menemukan ide diberi nama facemash yang memungkinkan teman-teman sekelasnya berkomunikasi satu sama lain di website tersebut. Suatu malam di tahun kedua ia kuliah di Harvard, Zuckerberg menyabot data mahasiswa Harvard dan memasukkannya ke dalam website yang ia buat bernama Facemash. Sejumlah foto rekan mahasiswanya terpampang di situ. Pihak Harvard mengetahuinya dan sambungan internet pun diputus. Zuckerberg diperkarakan karena dianggap mencuri data. Tidak ia malah membuat website baru dengan nama Facebook (www.thefacebook.com). Website ini ia luncurkan pada Februari 2004. Facebook merupakan penyempurnaan dari Facemash. Penyertaan banyak aplikasi ini membuat Facebook berbeda dengan website jejaring sosial terdahulu seperti MySpace. Lalu orang berbondong-bondong mengunjungi website nya dan mendaftar jadi anggotanya. Dalam waktu dua minggu setelah diluncurkan, separuh mahasiswa Harvard sudah memiliki account di Facebook. Ternyata tak hanya mahasiswa Harvard yang tertarik, beberapa kampus di sekitar Harvard pun meminta dimasukkan dalam jejaring Facebook. Ini membuat Zuckerberg kewalahan. Ia lalu meminta bantuan dua temannya untuk ikut mengem bangkan Facebook. Dalam tempo empat bulan Facebook sudah bisa menjaring 30 kampus. Hingga akhir 2004 jumlah pengguna Facebook sudah mencapai satu juta.

Pengguna Facebook terus meningkat. Tingginya desakan ini membuat Zuckerberg dan kawan-kawan memutuskan Facebook membuka jaringan untuk para siswa sekolah menengah (di sini SMU) pada September 2005. Tak lama kemudian mereka juga membuka jejaring para pekerja kantoran. Kesibukan yang luar biasa ini membuat Zuckerberg harus memutuskan keluar dari Harvard. Zuckerberg dan kawan-kawan kemudian mengembangkan Facebook lebih jauh lagi. Pada September 2006 Facebook membuka pendaftaran untuk jejaring umum dengan syarat memiliki email. Sejak itulah jumlah anggota Facebook melesat. Saat ini jumlah anggota aktifnya mencapai 70 juta di seluruh dunia. Jejaring yang dihim¬punnya mencapai enam juta jaringan (ke lompok pertemanan) meliputi 55.000 jaringan berdasarkan demografi, pekerjaan, sekolah, kolegial, dan sebagainya. Setiap harinya ada 14 juta foto di-upload (dimasukkan ke Facebook). Dan dalam hal jumlah trafik pengakses Facebook menjadi website teraktif ke-6 di dunia dan menjadi website jejaring sosial kedua terbesar versi camScore. Zuckerberg dan kawan-kawan pun menangkap peluang bisnis yang besar. Karena itu ketika jumlah user-nya melebihi satu juta mereka menggandeng Accel Part ners, perusahaan modal ventura, untuk membiayai pengembangannya. Modal yang ditanamkan adalah US$ 12,7 juta. Ini adalah investasi kedua yang masuk ke Facebook setelah sebelumnya (Juni 2004) men¬dapatkan dan dari pendiri PayPal sebesar US$ 500.000. Pembenahan pertama dengan tambahan modal itu adalah dengan meng ganti domain-nya dari www. thefacebook. com menjadi http://www.facebook.com pada Agustus 2005. Setelah itu jangkauan keanggotaannya diperluas menjadi internasional. Hingga Desember 2005 jumlah anggotanya sudah mencapai 5,5 juta. Pada September 2007 Microsoft melakukan pendekatan dan menawarinya membeli 5% saham senilai sekitar US$ 300 juta hingga US$ 500 juta. Jika nilai itu disetujui maka nilai kapitalisasi Facebook sudah mencapai US$ 6 miliar hingga US$ 10 miliar atau sekitar Rp 54 triliun hingga Rp 90 triliun. Melesatnya bisnis Facebook membuat Zackerberg menampuk kekayaan yang luar biasa. Majalah Forbes menyebutkan kekayaan Zackerberg sendiri mencapai US$ 1,5 miliar atau sekitar Rp 13,5 triliun.

Mark tampak memiliki ketertarikan yang sangat besar di bidang komputer pada usia yang masih sangat muda. Bahkan pada saat usianya masih 12 tahun, dia sudah akrab menggunakan Atari BASIC untuk menciptakan program berkirim pesan yang ia beri nama “Zucknet”. Ayah Mark yang bernama Edward Zuckerberg yang membuka praktek dokter gigi di rumah mereka juga menggunakan program buatan Mark pada ruang praktek miliknya. Sehingga dengan bantuan program Zucknet tersebut, resepsionis dapat memberikan informasi pasien yang datang kepada Edward tanpa harus berjalan atau bicara secara langsung kepada Ayah dari Mark tersebut. Dan keluarganya juga menggunakan Zucknet untuk berkomunikasi antar anggota keluarga.

Selain itu, Mark juga membuat game komputer untuk kesenangan yang dirancang dengan bantuan ide dari teman-temannya.
Pada saat Mark melanjutkan pendidikannya di Harvard University, ia dikenal sebagai software developer di kampus tersebut. Hal ini dikarenakan keberhasilannya membuat beberapa program yang dua diantaranya yaitu “Course Match” yang berfungsi untuk membantu para mahasiswa memilih kelas kuliah dan juga program “Facemash” untuk membandingkan wajah 2 orang yang akhirnya kedua program tersebut menjadi populer di kampus Harvard.

Berkat populernya nama Mark Zuckerberg dengan program-program yang telah berhasil dibuatnya, rekan sesama mahasiswa yang berjumlah 4 orang yaitu Divya Nanrendra, dan duo kembar Cameron, serta Tyler Winklevoss, mengajak Mark untuk mewujudkan ide mereka membuat jaringan sosial yang dinamakan “Harvard Connection”. Jaringan Harvard Connection dirancang dengan memanfaatkan informasi mahasiswa Harvard untuk menciptakan sebuah situs kencan. Tugas Mark dalam mengembangkan program Harvard Connection adalah sebgai programming untuk merancang kode program supaya sistem akan berjalan secepat mungkin. Pada awalnya Mark setuju untuk ikut andil dalam pengembangan program ini, tetapi tidak berapa lama kemudian ia mendapatkan ide cemerlang untuk mengembangkan jaringan sosial miliknya sendiri. Kemudian tidak melanjutkan program Harvard Connection dan memutuskan untuk membuat jaringan sosial miliknya sendiri bersama teman-teman dekatnya yaitu Dustin Moskovitz, Chris Hughes dan Eduardo Saverin.
Mark dan teman-temannya mendaftarkan domain dengan nama TheFacebook.com pada 4 Februari 2004.

Zuckerberg bersama Saverin dan teman-teman lainnya membuat situs yang dinamakan “Facebook” dimana penggunya bisa membuat profil miliknya, membagikan foto-foto dan dapat berkomunikasi dengan pengguna lainnya, yang pada saat itu hanya bisa difungsikan untuk kampus Harvard. Facebook ini dijalankan dari sebuah kamar pada asrama mahasiswa Harvard. Setelah beberapa tahun kemudian, Mark memutuskan keluar dari kuliahnya di Harvard dan memilih fokus dalam mengembangkan Facebook menjadi lebih luas. Mark mendirikan kantor Facebook di Palo Alto, California, yang mana pada saat itu tahun 2004, jumlah user yang terdaftar telah mencapai 1 juta user.

Pada tahun 2005, perusahaan milik Mark mendapatkan dana investasi dari perusahaan permodalan Accel Partners. Accel menginvestasikan modalnya sebanyak 12,7 juta USD pada Facebook, yang pada saat itu hanya diperuntukkan untuk mahasiswa pada beberapa universitas besar di Amerika yang biasa disebut Ivy league. Dengan investasi yang besar tersebut, Facebook dapat memperluas jaringannya hingga dapat diakses oleh mahasiswa dari kampus lain, pelajar sekolah, dan juga orang dari luar Amerika. Berkat hal ini, user facebook meningkat sangat besar mencapai 5,5 juta user pada akhir 2005. Mark beberapa kali menolak tawaran yang diajukan beberapa perusahaan seperti Yahoo! Dan MTV Network yang ingin membeli perusahaan Facebook walaupun dengan nominal angka yang terbilang fantastis, tetapi Mark terus menolak dan tidak ingin menjual perusahaan yang telah didirikan olehnya dan teman-teman.

Sumber: https://astrumpeople.com/mark-zuckerberg-biography-success-story-of-facebook-founder-and-ceo/


Mark memilikki cerita menarik saat mengembangkan facebook.pada saat itu, dia sudah memiliki pacar - Priscilla Chan,yang sekarang istrinya dan dia terobsesi dengan internet. Google sangat hebat untuk mencari berita dan Wikipedia sangat hebat untuk mencari bahan referensi, namun ada celah. mark melihat tidak ada alat di mana pengguna bisa pergi dan belajar tentang orang lain.dia tidak tahu bagaimana membangunnya jadi alih-alih memulainya dengan membangun alat kecil.

Dia membangun sebuah alat kecil yang disebut Coursematch dimana orang bisa mencantumkan kelas yang mereka pakai. Dia membangun alat Facematch, seperti yang terlihat di Jaringan Sosial walau dikatakan sebagai lelucon belaka.Sebagai gantinya, akar Facebook kembali ke kuliah anak menghabiskan banyak waktu pemrograman dan tidak cukup memperhatikan waktu di kelas. Inilah cara Zuckerberg mengubah alat belajar menjadi jaringan sosial, dan mengapa tidak ada orang lain yang melakukannya.

Coursematch menjadi Facebook dimulai dengan adanya kelas akhir yang disebut “Roma Augustus”, itu adalah kelas sejarah seni yang dimana semua karya seni tesis di kelas dan mereka akan menunjukkan kepada pengunjung beberapa hal dan perlu menulis sebuah esai tentang makna sejarah dari karya seni itu.Mark tidak terlalu memperhatikan kelas karena ia memprogramkannya dengan hal-hal lain sehingga ia tidak tahu apa-apa tentang hal tersebut.Jadi, sebagai alat belajar saya membangun sebuah layanan kecil yang menunjukkan secara acak salah satu karya seni dan membiarkan pengguna memasukkan apa yang Anda anggap penting dari perspektif sejarah seni. Jadi Mark mengirimkannya ke daftar email untuk kelas dan berkata bahwa ia memiliki alat belajar, dan semua orang hanya mengisi apa yang penting tentang semua karya seni dan akhirnya menjadi alat belajar sosial yang hebat ini.Mark berfikir harus meletakkan beberapa barang ini bersama-sama untuk menciptakan alat di mana orang dapat berbagi apapun yang mereka inginkan dengan orang-orang di sekitar mereka dan kemudian versi pertama Facebook muncul.

Pengembangan Facebook membutuhkan waktu dua minggu untuk membangun versi pertama Facebook.mark benar-benar ingat secara khusus pada malam hari meluncurkan Facebook di Harvard. Dulu ia pergi keluar untuk mendapatkan pizza bersama seorang teman yang telah mengerjakan semua tugas perkuliahannya.dia sangat senang karena di Harvard memilikki facebook karena sekarang komunitasnya dapat terhubung namun suatu saat seseorang akan membangun ini untuk dunia.

Ketika di melihat ke belakang pada dua belas tahun terakhir, yang paling mengejutkan adalah bahwa tidak ada orang lain yang menggunakam facebook.dia berfikir masalah tersebut karena ada banyak alasan kecil untuk tidak melakukannya. ada rumor bahwa facebook hanya untuk orang muda sehingga mereka tidak memanfaatkannya sebanyak mungkin. atau ada yg menggosip hanya sekelompok orang menggunakannya, tapi tidak akan menghasilkan uang Atau Facebook mendukung di negara Amerika Serikat tapi tidak akan bekerja di seluruh dunia.namun,ia bisa melakukannya dan mengatakan bahwa hal tersebut baru permulaan Facebook. kini jejaring sosial berusia 12 tahun ini telah berkembang menjadi perusahaan yang berinvestasi di masa depan, mulai dari kecerdasan buatan hingga virtual reality.

kini Mark Zuckerberg memecahkan kesunyian di Facebook yang membunuh dan mengatakan bahwa perusahaan tersebut memiliki ‘banyak pekerjaan’ yang harus dilakukan untuk menghentikan tragedi semacam itu di masa depan.
Pendiri dan CEO Facebook tersebut membahas pembunuhan Robert Godwin pada 74 tahun dalam pertemuan pengembang tahunan perusahaan tersebut pada hari Selasa
Godwin ditembak mati di Cleveland pada hari Minggu dan pembunuhnya mengirim sebuah video serangan ke Facebook.Dalam sebuah pernyataan resmi perusahaan mengenai masalah ini, mereka mengatakan bahwa mereka saat ini sedang menguji cara baru untuk menyingkirkan konten kekerasan - termasuk menggunakan kecerdasan buatan.

Zuckerberg mengatakan kepada USA Today minggu lalu bahwa Facebook masih berada beberapa tahun lagi dari AI yang berfungsi penuh, namun mereka sudah menguji penggunaannya.Dalam waktu dekat, sistem yang dimiliki didasarkan pada orang-orang yang melaporkannya dan facebook akan melalui dan meninjau laporan tersebut. Ada beberapa hal yang perlu Mark pikir bisa kami perlukan di sana, namun solusi jangka panjang akan lebih baik. alat intelijen untuk memberi konteks tentang apa yang sedang terjadi.

source :