Mark Cuban : Hiu Investor, Shark Tank

BIOGRAFI MARK CUBAN


TEMPAT DAN TANGGAL LAHIR
Pittsburgh, Pennsylvania, U.S. & July 31, 1958 (age 58)

PENDIDIKAN

  • University of Pittsburgh
  • Indiana University, Bloomington

KEKAYAAN
US$3.2 billion (February 2016)

PEKERJAAN

  • Owner of Dallas Mavericks
  • part owner of 2929 Entertainment
  • Chairman of AXS TV
  • Owner of Landmark Theatres
  • Television personality
  • Entrepreneur

RIWAYAT HIDUP
Nama ayah Mark Cuban adalah Norton Kuba, ayah bekerja sebagai tukang pelapis jok mobil [1] [2] [3] dan nama ibu Mark Cuban adalah Shirley. Ibu Mark Cuban memperjelas tentang perkejaan yang dialami ayah Mark Cuban bahwa “a different job or different career goal every other week” [4]. Mark Cuban dibesarkan di pinggiran Gunung Lebonan, dengan kelas kecil menengah dengan keturunan Yahudi [5]. Kakek dari ayah Mark Cuban yang bernama Morris Chobanisky, mengubah nama keluarga dari “Chabenisky” menjadi “Kuba”, setelah keluarganya berimigrasi dari Rusia ke Ellis Island [6].

RIWAYAT KARIR
Langkah pertama yang dilakukan Mark Cuban ke dalam dunia bisins terjadi saat ia berumur 12 tahun, ketika Mark Cuban menjual kantong sampah untuk membayar sepasang sepatu basket yang mahal [8] [9]. Pada usia 16 tahun, Mark Cuban mangambil kuntungan dari pemogokan Pittsburgh Post-Gazette dengan menjalankan surat kabar dari Cleveland ke Pittsburgh [10].
Bukannya datang ke sekolah untuk tingkatan SMA, Mark Cuban terdafar sebagai mahasiswa di University of Pittsburgh, dimana ia bergabung dengan persaudaraan dengan Pi Lambda Phi International. Saat di University of Pittsburgh, dengan kondisi ekonomi yang kurang Mark Cuban perlu mencari uang untuk biaya kuliah, karena itu ia mehubungi tempat disco yang terkenal di the Bloomington National Guard Armory dan pada akhirnya Mark Cuban memegang berbagai pekerjaan termasuk barender, instruktur dance disco, dan pihak promotor acara. Setelah satu tahun di University of Pittsburgh, Mark Cubah dipindahkanke Indiana University di Bloomington, Indiana. Dan lulus dari Kelley School of Business pada tahun 1981 dengan B.Sc sebuah gelar Administrasi Bisnis [11]. Mark Cuban memilih Indiani Kelley School of Business dengan alasan “it had the least expensive tuition of all the business schools on the top 10 list” [12].

Setelah lulus pada tahun 1981, Mark Cuban pindah kembali ke Pittsburgh dan mengambil perkerjan dengan Mellon Bank, semacam perusahaan yang siap untuk di bidang komputer. Mark Cuban terjun ke dalam studi mesin dan jaringan. Tetapi, Mark Cuban tidak punya keinginan nyata untuk berlama-lama di kota asalnya terlalu lama, dan pada ahun 1982 ia meninggalkan Pittsburgh untuk Dallas [13].

Setelah pindah ke Dallas, Mark Cuban mendapatkan pekerjaan pertama sebagai bartender [14] [15], dan kemudian sebagai tenaga penjualan untuk Your Business Software, menjadi salah satu pengecer software PC yang paling awal di Dallas. Mark Cuban dipecat kurang dari setahun kemudian, setelah itu Mark Cuban bertemu dengan klien dan mendapatkan bisnis baru kemudian membuka toko [16]. Mark Cuban memulai sebuah perusahaan MicroSolutions dengan dukungan dari pelanggan sebelumnya dari Your Business Software. MicroSolutions awalnya sebuah sistem integrator dan reseller software [17]. Salah satu klien terbesar adalah Perot Systems [18]. Pada tahun 1990, Mark Cuban menjual MicroSolutions ke CompuServe, maka anak perusahaan dari H&R Block membayar $6 million [19], ia membuat sekitar $2juta setelah pajak pada kesepakatan[20].

AudioNet & Broadcast.com
Pada tahun 1995, Chris Jaeb bersama Indiana University alumnus Todd Wagner mulai AudioNet [21]. Pada tahun 1999, Broadcast.com membantu meluncurkan pertama kalinya live-streaming Victoria Secret Fashion Show [22]. Tahun itu, Broadcast.com diakuisisi oleh Yahoo! sebesar 5,7 miliar saham Yahoo! [23]. Pada tahun 2011, Kuba adalah No. 211 di daftar Forbes dari "Orang-orang Terkaya di Dunia", dengan kekayaan bersih sebesar 2,6 miliar [24]. Kuba terus bekerja dengan Wagner dalam usaha lain yaitu 2929 Entertainment, yang menyediakan produksi dan distribusi film dan video yang terintegrasi secara vertikal [25]. Pada tanggal 24 September 2003, perusahaan membeli Landmark Bioskop, rantai bioskop 58 arthouse [26]. Kuba adalah fitur pada sampul edisi perdana November 2003 Best majalah [27] mengumumkan kedatangan High Definition Television. Kuba juga adalah pendiri (dengan Philip Garvin) dari AXS TV (sebelumnya HDNet), high-definition jaringan televisi satelit pertama [28]. Pada bulan Februari 2004, Kuba mengumumkan bahwa ia akan bekerja dengan televisi ABC untuk menghasilkan serial televisi realitas [29]. Kuba juga merupakan mitra di Synergy Olahraga Teknologi, bola basket kepanduan dan pengiriman video alat berbasis web, yang digunakan oleh banyak tim NBA.

Investasi di Startup
Mark Cuban telah membantu usaha dalam sofware sosial dan distribusi industri networking. Mark Cuban adalah pemilik IceRocket, yaitu sebuah mesin pemeriksa blogosphere untuk konten [30]. Pada tahun 2005, Kuba diinvestasikan dalam Brondell.Inc, sebuah startup San Francisso membuat teknolgi tinggi toilet duduk yang disebu SWASH [31]. Pada bulan Juli 2006, Mark Cuban dibiayai Sharesleuth.com yaitu sebuah situs web yang dibut oleh mantan St. Louis Post-Dispatch investigative reporter Christopher Carey untuk mengungkapkan penipuan dan informasi yang salah dalam perusahaan publik [32]. Mark Cuban mengungkapkan bahwa ia akan mengambil posisi pada saham perusahaan yang disebukan dalam Shareleuth.com sebelum on public [33] [34] [35]. Pada bulan April 2007, Mark Cuban bermitra dengan Mascot Books unutk menerbitkan buku anak pertamanya yang berjudul “Let’s Go, Mavs!” [36]. Pada bulan Oktober 2008, Mark Cuban mulai dengan Bailoutsleuth.com sebegai akar, portal online untuk pengawasan selama pemerintah AS $700.000.000.000 “bailout” dari lembaga keuangan [37].

Shark Tank
Mark Cuban menjadi salah satu “hiu” investor pada program ABC realitas Shark Tank sejak tiga musim tahun 2012.

-) Investasi
Pada Januari 2016, Mark Cuban telah berinvestasi di 82 penawaran di 109 episode Shark Tank, untuk total 19.400.000 yang diinvestasikan [38]. Angka yang sebenarnya bervariasi karena investasi yang terjadi setelah kesepakatan jabat tangan live di televisi, setelah due diligence dilakukan untuk memastikan keakuratan informasi yang disajikan di lapangan [39]. Mark CUban mempunyai 3 penawaran, semuanya sebesar 1 juta yang diinvestasikan adalah Ten Thirty One Productions, Rugged Maniac Obstacle Race, dan BeatBox Beverages [40].
-) Popularitas / Sukses
Sejak Mark Cuban bergabung menunjukkan pada tahun 2012, peringkat untuk Shark Tank telah meningkat, dan juga selama masa jabatannya, acara telah memenangkan dua Primetime Emmy Awards untuk Outstanding Structured Reality Program (back-to-back pada tahun 2014 dan 2015).

Magnolia Pictures
Kuba memiliki distributor film Magnolia Pictures. Melalui Magnolia, ia dibiayai Redacted, dramatisasi fiksi yang ditulis dan disutradarai oleh Brian De Palma [41]. Pada bulan April 2011, Kuba menempatkan Magnolia Picture dan Landmark Theatresp untuk dijual, tetapi mengatakan, “If we don’t get the price and premium we want, we are happy to continue to make money from the properties.” [42].

Tuduhan Insider Trading SEC
Pada tanggal 17 November 2008, dilaporkan bahwa U.S. Securities and Exchange Commission (SEC) mengajukan gugatan perdata terhadap Mark Cuban terkait dengan dugaan insider trading pada saham Mamma.com, sekarang dikenal sebagai Copernic [43]. Sebuah saham ditelusuri, yang terjadi tak lama setelah perdagangan pada Juni 2004, memberikan petunjuk pada saat perdagangan, dan Mark Cuban diduga diselamatkan dari kerugian sebesar $ 750.000 [44]. SEC mengklaim bahwa Mark Cuban memerintahkan penjualan kepemilikan di Mamma.com setelah ia secara rahasia didekati oleh perusahaan untuk berpartisipasi dalam transaksi, cenderung untuk mencairkan saham pemegang saham saat ini. Kuba membantah tuduhan, mengatakan dia tidak setuju untuk menjaga rahasia informasi [45]. Di blog-nya, Kuba berpendapat fakta yang palsu dan bahwa penyelidikan itu “a product of gross abuse of prosecutorial discretion” [46]. Dealbook, bagian dari The New York Times, melaporkan melalui sumber anonim yang Mark Cuban percaya penyelidikan dimotivasi oleh seorang karyawan SEC yang telah tersinggung terhadap minatnya mendistribusikan film Loose Change [47].
Pada bulan Juli 2009, U.S. District Court menolak tuduhan terhadap Mark Cuban dan SEC mengajukan banding. Pada bulan September 2010, sebuah pengadilan banding mengatakan bahwa pengadilan distrik telah keliru dan bahwa proses lebih lanjut akan diperlukan untuk mengatasi ciri dari gugatan [48]. Pada bulan Maret 2014, Kuba berada di senang pada CNBC mengkritik high-frequency trading (HFT) [49]. Mereka melawan HFT, seperti Mark Cuban, percaya teknologi ini setara dengan automated insider trading [50].

FAKTA-FAKTA
• Mark Cuban lahir di Pittsburgh pada tahun 1958, anak seorang tukang melapis jok mobil bernama Norton. Mark Cuban adalah seorang anak kelebihan berat badan dengan kacamata Coke-botol. Dia ingin menjadi kaya dari usia yang sangat muda, menjual segala sesuatu dari kantong sampah untuk langganan majalah door-to-door untuk mendapatkan uang.

• Mark Cuban kuliah di University of Indiana, dimana ia bermain rugby dan membeli sebuah klub malam yang ia beri nama Motley. Dia bilang dia harus menutup bar ketika pihak berwenang menemukan bahwa pemenang in-house wet T-shirt contest adalah seorang gadis 16 tahun masa percobaan untuk prostitusi.

• Setelah kuliah, Mark Cuban bekerja di Mellon Bank di Pittsburgh, di mana dia belajar tentang teknologi komputasi. Dia berhenti setelah beberapa tahun dan pindah ke Dallas pada tahun 1982, di mana ia akhirnya memulai komputer perusahaan yang ia jual sebesar $ 6 juta pada tahun 1990. Setelah penjualan, Mark Cuban pindah ke Los Angeles dan memainkan peran di beberapa film kecil. (Dia kemudian muncul di beberapa episode Walker, Texas Ranger.)

• Pada pertengahan 1990-an, Mark Cuban mendirikan perusahaan yang akan menjadi Broadcast.com, yang dimulai sebagai sebuah situs web untuk mengakses game olahraga hidup online. Perusahaan melanjutkan untuk menyiarkan konten lainnya - termasuk kesaksian Bill Clinton dalam urusan Monica Lewinsky dan Victoria fashion show Secret. Mark Cuban dan rekannya mengambil Broadcast.com publik dan menjualnya ke Yahoo! pada tahun 1999 sebesar $ 5,7 miliar saham.

• Pada tahun 2000, Kuba membeli NBA Dallas Mavericks untuk 280 juta. Dia dikenal karena berteriak pada wasit sambil duduk di tepi lapangan. Pada tahun 2002, ia didenda 500.000 pada NBA untuk, antara lain, saying of a ref: “I wouldn’t hire him to manage a Dairy Queen.”

• Hampir 20 tahun yang lalu, Kuba membeli American Airlines, lulus dan terbang di seluruh dunia. Pada tahun 2000, ia membeli jet sendiri seharga $ 40 juta.

• Pada tahun 2001, Kuba mendirikan HDNet, sebuah jaringan televisi definisi tinggi. Pemrograman saat ini line-up termasuk Dan Rather Laporan. Kuba juga memiliki perusahaan produksi film, rantai bioskop dan situs webnya adalah sharesleuth.com , yang dikhususkan hanya sebagian untuk menyelidiki penipuan sekuritas. perusahaan produksi film, HDNet Film, datang di bawah api berat di tahun 2007 untuk membiayai film Direvisi tentang sebuah insiden di mana tentara AS memperkosa dan membunuh seorang gadis Irak 14 tahun.

• Julukan untuk Mark Cuban adalah “Pudgy” dan “Cubes”

• Dia mengasihi bola wiffle, 70-an funk, e-mail (ia berpikir telepon adalah cara kuno untuk berkomunikasi), The Fountainhead dan film Risky Business.

• Dia berkompetisi pada musim 2007 Dancing ABC with the Stars, tak lama setelah menjalani operasi penggantian pinggul.

• Dia memiliki dua anak perempuan dengan istri, Tiffany, yang dinikahinya pada tahun 2002.

• Kemampuannya untuk mempengaruhi hampir semua industri ia menyentuhnya, bersama dengan obsesi untuk menjadi kaya dan terkenal.

QUOTES

  • List item"Being rich is a good thing. Not just in the obvious sense of benefitting you and your family, but in the broader sense. Profits are not a zero sum game. The more you make, the more of a financial impact you can have." Mark Cuban
  • “I worked hard and smarter than most people in the businesses I have been in.” Mark Cuban
  • “What I’ve learned is that if you really want to be successful at something, you’ll find that you put the time in. You won’t just ask somebody if it’s a good idea, you’ll go figure out if it’s a good idea.” Mark Cuban
  • “In these times of the ‘Great Recession’, we shouldn’t be trying to shift the benefits of wealth behind some curtain. We should be celebrating and encouraging people to make as much money as they can. Profits equal tax money. While some people might find it distasteful to pay taxes, I don’t. I find it patriotic.” Mark Cuban
  • “I don’t care what anyone says. Being rich is a good thing.” Mark Cuban
  • “In my opinion, right now there’s way too much hype on the technologies and not enough attention to the real businesses behind them.” Mark Cuban
  • “I’m not the type to pat myself on the back and all that, but somebody has to be lucky, right? When I got to Dallas, I was struggling - sleeping on the floor with six guys in a three-bedroom apartment. I used to drive around, look at the big houses, and imagine what it would be like to live there and use that as motivation.” Mark Cuban
  • “Because if you’re prepared and you know what it takes, it’s not a risk. You just have to figure out how to get there. There is always a way to get there.” Mark Cuban
  • “When you’ve got 10,000 people trying to do the same thing, why would you want to be number 10,001?” Mark Cuban

REFERENSI
[1] Tom D’Angelo (June 8, 2006). “Cuban a unique NBA owner”. The Palm Beach Post.
[2] John Strubel. “Mark Cuban: Pittsburgh’s Dream Owner”. TheBaseballReport.com.
[3] “Mark Cuban’s brother Brian is sober voice in favor of medical marijuana”. Retrieved August 12, 2015.
[4] “Q&A Interview”. C-SPAN. March 26, 2006. Retrieved September 22, 2015.
[5] “Reporting From … Mark Cuban’S Business Lecture”. ESPN. September 19, 2008. Retrieved February 20, 2016.
[6] “Mark Cuban: Brains and Effort Are Needed for Business, But Don’t Be a Jerk – Jewish Business News”. Jewishbusinessnews.com. Retrieved February 20, 2016.
[7] “I Will Never Forget Frida and Menashe Sterenberg”. BrianCuban.com. Archived from the original on November 1, 2014. Retrieved March 21, 2014.
[8] Biertempfel, Rob (October 22, 2006). “Cuban hoping to work his magic here someday”. Pittsburgh Tribune-Review.
[9] Garcia, Chris (May 22, 2006). “The Maverick”. Austin360.com. Retrieved June 29, 2012.
[10] “Beyond The Glory”. May 10, 2007. Retrieved September 22, 2015.
[11] “Mark Cuban in Indiana University Alumni Association”. Indiana Alumni Magazine. Alumni.indiana.edu. Retrieved June 29, 2012.
[12] “The Cuban Report”. Kelley School of Business. Retrieved April 18, 2012.
[13] “Mark Cuban Biography”. The Biography.com website. Retrieved December 21, 2016.
[14] “Success and Motivation, Part 1 - blog maverick”. Retrieved August 12, 2015.
[15] “Success and Motivation – You only have to be right once! - blog maverick”. Retrieved August 12, 2015.
[16] “Success and Motivation, Part 2”. “Blog Maverick. April 25, 2004. Retrieved June 29, 2012.
[17] “Technology News For Solution Providers And The IT Channel | CRN”. Varbusiness.com. Retrieved February 20, 2016.
[18] Cuban, Mark (December 14, 2004). “A little bit of history…Lotus Notes”. Retrieved September 22, 2015.
[19] Swartz, Jon (April 26, 2004). “Losing’s not an option for Cuban”. USA Today. Retrieved June 29, 2012.
[20]https://web.archive.org/web/20070505070839/http://www.itmanagersjournal.com/feature/300. Archived from the original on May 5, 2007. Retrieved January 26, 2007.
[21] http://www.computerpoweruser.com/editorial/article.asp?article=articles/archive/c0212/62c12web/62c12web.asp&guid=. Retrieved August 24, 2006.
[22] Executive Viewpoints with Mark Cuban”. Thought Audio. 2000. Retrieved September 22, 2015.
[23] “Yahoo! completes acquisition of Broadcast.com”. CNET. January 2, 2002. Retrieved June 29, 2012.
[24] “What Mark Cuban is doing with his $1 billion”. Fast Company. September 30, 2002. Retrieved June 29, 2012.
[25] “Holdings”. 2929 Entertainment. Retrieved September 22, 2015.
[26] Jardin, Xeni (September 25, 2003). “Mark Cuban buys Landmark Theatres”. Boingboing.net. Retrieved June 29, 2012.
[27] “Best Stuff and Primedia Launch Best”. Beststuff.com. Retrieved June 29, 2012.
[28] “HDNet, Only All-High Definition National Television Network, Launches on DIRECTV”. September 5, 2001. Archived from the original on January 10, 2009. Retrieved September 22, 2015.
[29] “The Benefactor”. Internet Movie Database. Retrieved February 20, 2015.
[30] “Mark Cuban to relaunch IceRocket”. CNET. Retrieved June 29, 2012.
[31] “Clean living”. Tmcnet.com. December 19, 2005. Retrieved June 29, 2012.
[32] “Mark Cuban invests in new investigative journalism site”. Paidcontent.org. June 13, 2006. Retrieved June 29, 2012.
[33] LOREN STEFFY, Copyright 2006 Houston Chronicle (August 11, 2006). “Cuban’s made his agenda crystal clear”. Houston Chronicle. Retrieved June 29, 2012.
[34] “And it looked so good”. Archived from the original on August 23, 2006. Retrieved August 22, 2006.
[35] “Money is Good”. Moneyisgood.wordpress.com. August 11, 2006. Retrieved June 29, 2012.
[36] Trachtenberg, Jeffrey A. (November 21, 2011). “In E-Books, a New Player”. The Wall Street Journal. Retrieved June 29, 2012.
[37] “Mark Cuban’s online resource for the U.S. government bailout of financial institutions”. Bailoutsleuth.com. November 22, 2010. Retrieved June 29, 2012.
[38] “Mark Cuban $19,400,000 invested on air”. Business Insider. Retrieved January 13, 2016.
[39] “Mark Cuban explains what happens after a deal is made on ‘Shark Tank’”. Business Insider. October 26, 2015. Retrieved January 13, 2016.
[40] “Mark Cuban $19,400,000 invested on air”. Business Insider. Retrieved January 13, 2016.
[41] “Redacted”. Rotten Tomatoes. Retrieved September 12, 2007.
[42] “Mark Cuban puts Landmark Theatres and Magnolia Pictures up for sale”. Los Angeles Times. April 19, 2011. Retrieved July 18, 2013.
[43] “SEC civil suit against Cuban” (PDF). Retrieved June 29, 2012.
[44] Scannell, Kara (November 18, 2008). “Wall Street Journal report on insider trading accusations”. The Wall Street Journal. Retrieved June 29, 2012.
[45] MacMillan, Robert (November 18, 2008). “Reuters report on insider trading accusations”. Reuters. Retrieved June 29, 2012.
[46] “Mark Cuban’s personal weblog”. Blogmaverick.com. November 17, 2008. Retrieved June 29, 2012.
[47] “A War of Words Between Cuban and the SEC”. The New York Times. November 17, 2008.
[48] Mark Cuban to Face SEC Insider Case Again The New York Times, September 21, 2010.
[49] Navarro, Bruno J. “Mark Cuban rips high-frequency trading”. CNBC.
[50] Curtis, Glenn. “Insider Selling Isn’t Always A Bad Sign”. Investopedia.com.

Mark Cuban adalah seorang businessman, investor, penulis, dan filantrofis. Pria kelahiran Pennsylvania, 31 Juli 1958 ini juga memiliki tim basket Dallas Mavericks. Perjalanan Mark dimulai setelah Ia lulus dari Indiana University pada tahun 1980. Saat itu, umurnya 22 tahun. Ia mulai bekerja di Mellon Bank yang saat itu masih menggunakan cara manual untuk melakukan segala hal. Mark bekerja di bagian yang bertugas untuk memperbarui dan mengkomputerisasikan sistem di Mellon. Suatu hari, Ia dipanggil ke ruangan bosnya dan Ia dipecat karena melakukan hal yang tidak disukai oleh bosnya. Selanjutnya, Ia bekerja di Tronics 2000 yang terletak di Indiana.

Beberapa bulan kemudian, teman-teman kuliahnya mengajak Mark untuk pindah ke Dallas. Ia pun berangkat ke Dallas dengan mobil Fiat X19 yang kondisinya kurang baik. Di Dallas, Ia tinggal bersama lima teman-temannya di apartemen The Village. Apartemennya hanya memiliki tiga kamar tidur dan tiga kasur. Selama tinggal di apartemen itu, Mark tidur di lantai. Demi menghemat uang, mereka membuat peraturan. Setiap kali pergi keluar, tidak ada yang boleh mengeluarkan uang lebih dari $20. Biaya sewa apartemen mereka $750 dan dibagi enam. Pada awalnya, Mark mendapatkan pekerjaan sebagai bartender di Elan.

“Bartending wasn’t my end goal. I want to start my own business.” -Mark Cuban
“Menjadi bartender bukan tujuan akhir saya. Saya ingin memulai bisnis sendiri.” -Mark Cuban

Saat Mark bekerja di Elan, Ia berusaha mencari pekerjaan. Ia akhirnya dipanggil wawancara di perusahaan Your Business Software. Ia baru saja membeli komputer merek Texas Instruments seharga $99 dan belajar pemrograman secara otodidak. Ia pun diterima bekerja di Your Business Software dan mendapatkan gaji $18.000 per tahun. Sembilan bulan bekerja di perusahaan tersebut, Ia dipecat karena melakukan penjualan yang tidak disetujui bosnya. Dipecat dari pekerjaan memacu Mark untuk mendirikan perusahaan sendiri.

“Being fired from that job was the determining factor in my business life. I decided then and there to start my own company. I didn’t have that much to lose, and it was something that I knew I had to do.” -Mark Cuban
“Dipecat dari pekerjaan itu merupakan titik penentuan dalam kehidupan bisnis saya. Saat itu saya memutuskan untuk mendirikan perusahaan saya sendiri. Saya tidak dapat kehilangan banyak hal dan itu merupakan hal yang saya harus lakukan.” -Mark Cuban

Mark mendirikan perusahaan bernama Micro-Solutions. Ia bekerja sebagai konsultan perangkat komputer, menjual software, dan mengkonfigurasi komputer. Ia juga mulai membuat program sendiri. Mark bertambah tertarik ke dunia komputer. Ia mempelajari Microsoft dan Lotus. Tak ketinggalan, Mark juga mempelajari orang-orang jenius dan hal yang mereka lakukan agar suatu benda bisa berfungsi. Micro-Solutions semakin berkembang dan mulai masuk ke ranah local-area networks dan menjual ulang produk dari TeleVideo dan Novell. Keuntungan yang diraup oleh Micro-Solutions mencapai tiga puluh juta dollar. Micro-Solutions merupakan pondasi karir Mark untuk masa depan. Beberapa tahun kemudian, Ia menjual Micro-Solutions ke CompuServe dan memulai AudioNet yang berganti nama menjadi Broadcast.com. Akhirnya, Broadcast.com dibeli oleh Yahoo senilai hampir enam miliar dollar. Kehidupannya berlanjut dengan melakukan berbagai investasi hingga membeli tim basket Dallas Mavericks.

Sifat-sifat yang dapat kita pelajari dari Mark Cuban adalah:

  1. Pantang menyerah. Meskipun Mark dipecat berkali-kali, hal tersebut membuat dirinya lebih terpacu untuk sukses.
  2. Tidak takut untuk memulai hal baru. Demi memulai hidup baru, Ia rela tinggal di tidur di lantai apartemen. Ia bahkan tidak mempunyai uang. Tetapi, Ia terus maju hingga sukses.
  3. Berani mengambil resiko.

“Once you are prepared and you think you have every angle of preparation covered, you have to go for it.” -Mark Cuban

  1. Menggunakan waktu sebaik mungkin. Saat sekretaris Micro-Solutions melarikan diri dengan uang perusahaan senilai $83.000, Mark tidak duduk diam. Ia terus mempelajari pemrograman dan membuat program hingga Micro-Solutions sukses.

"I’ve learned that it doesn’t matter how many times you failed, you only have to be right once." -Mark Cuban

Sumber:
-https://www.forbes.com/sites/monteburke/2013/03/28/at-age-25-mark-cuban-learned-lessons-about-leadership-that-changed-his-life/#42442d6f6ade
-http://www.businessinsider.com/mark-cubans-secrets-to-success-2015-3/?IR=T
-https://www.biography.com/people/mark-cuban-562656

image

Menjadi salah seorang jajaran miliader dengan pendapatan 3,3 Miliar US dollar dikutip dari forbes pada 2017, tidak terbayang kan sebelumnya oleh Mark Cuban. Seorang Anak yang awalnya berasal dari keluarga yang kurang berada dipoin di awal kehidupannya dan akhirnya dapat meraih kesuksesan di usia muda. Mark yang saat ini sudah sukses dapat dikatakan memilki banyak profesi diantaranya Pengusaha, Investor, Penulis, serta produser. Masih banyak hal-hal yang telah Ia capai dan miliki. Kerasnya kehidupan harus Ia tanggung dan jalani walaupun begitu, Ia tetap berusaha menghadapi berbagai masalah di hidupnya.

Beberapa lika-liku kehidupan yang dilalui Pria yang lahir di Pittsburgh, Pennsylvania, Amerika Serikat, 31 Juli 1958 ini adalah saat berbagai bisnis yang Ia lakukan.

  1. Saat usia 12 tahun, Ia memulai usaha pertamanya dengan menjual kantong sampah agar dapat membeli sepasang sepatu keinginannya.
  2. Tidak hanya itu, Ia juga menjual Koran dari Cleveland ke pittersbergh.
  3. Saat mendalami studinya di Indiana University, Mark mengelola bisnis Bartender, Klub malam, serta perusahaan jasa pengiriman surat untuk mencari biaya agar dapat membayar uang kuliah.
  4. Dirinya juga pernah bekerja sebagai salesman di sebuah perusahaan komputer dan dipecat setahun kemudian.

Berbagai pencapaian dalam hidupnya yang telah didapatkannya berawal saat setelah lulus, Mark berpindah dari Kuba ke Dallas pada tahun 1982.

  1. Di Dallas Ia bekerja sebagai bartender dan menjual perangkat lunak, dan akhirnya membentuk bisnis konsultasi sendiri, MicroSolutions.
    Cuban dan mitra bisnisnya Todd Wagner,Alumni Indiana, memulai AudioNet pada tahun 1995. Awalnya, berasal dari keinginan untuk dapat menonton permainan basket Indiana Hoosier secara online.Akhirnya, Mark mengembangkan perusahaannya dengan menyediakan jasa live streaming melalui internet dan mengganti nama perusahaannya menjadi Broadcast.com, perusahaan tersebut go public pada tahun 1998 dan segera melihat sahamnya mencapai 200 US dollar per saham. Setahun kemudian, Wagner dan Kuba menjualnya ke Yahoo!.

"Don’t start a company unless it’s an obsession and something you love. If you have an exit strategy, it’s not an obsession."

  1. Pada tahun 2000 Cuban yang seorang penggemar basket memutuskan untuk ia membeli klub bola basket Dallas Mavericks.
    Di bawah kekuasaanya, Dallas Mavericks menjadi tim yang tangguh, dan pada tahun 2006 Dallas Mavericks melaju ke final untuk pertama kalinya dalam sejarah. Pada 2011, Mavericks akhirnya meraih gelar NBA dengan mengalahkan Heat.

  2. Mark juga memberikan inovasinya untuk tim yang dimilikinya. Dia adalah pemilik pertama yang meluncurkan blognya sendiri, campuran wawasan dan pemikiran teknologinya sendiri tentang bola basket NBA. Blog menjadi sangat populer, menerima ribuan email setiap hari dari pembacanya. Selain itu, Cuban banyak membuat karya di industri hiburan,pendidikan, dan olahraga melalui berbagai media.

Beberapa sifat Cuban yang dapat kita contoh, yaitu:

  1. Menjadi mandiri di usia muda dengan menjalankan bisnis di usia muda dan tidak bergantung pada orang tua.

"Sweat equity is the most valuable equity there is. Know your business and industry better than anyone else in the world. Love what you do or don’t do it."

  1. Kreatif dan inovatif yang dapat memberi manfaat kepada diri sendiri maupun orang lain
  2. Tidak mudah menyerah meskipun banyak usaha yang gagal dilakukannya,Ia tidak begitu saja putus asa.

"It’s not about money or connections–it’s the willingness to outwork and outlearn everyone…And if it fails, you learn from what happened and do a better job next time."

  1. Memiliki semangat tinggi. Ketika dia diterpa banyak kontroversi dalam hidupnya, Dia menghiraukan pendapat buruk tentangnya dan tetap berpegang teguh terhadap pendiriannya.

"Before you guys were writing about me in the sports page, people were calling me crazy in the computer industry. People were calling me crazy in the systems integration industry. People said I was lucky. … The more people think I’m crazy and out of my mind, typically, the better I do."- Mark Cuban




Mark_Cuban_TechCrunch_(cropped)

Pengusaha dan pemilik tim olahraga profesional Mark Cuban lahir pada 31 Juli 1958 di Pittsburgh, Pennsylvania.Cuban merupakan anak kelas menengah yang tidak terlalu kaya dan tidak terlalu miskin pada masa kecilnya.Ayahnya, Norton, menghabiskan hampir setengah abad bekerja di sebuah toko jok mobil. Kakeknya, Morris Chobanisky, beremigrasi dari Rusia dan memberi makan keluarganya dengan menjual barang dagangan dari belakang sebuah truk.

Seperti kakeknya, Kuba menunjukkan kegigihan untuk membuat kesepakatan dan mengukir kehidupan yang lebih baik untuk dirinya sendiri. Pada usia 12, ia menjual kantong sampah untuk menabung sepasang sepatu yang disukainya. Di sekolah menengah, dia berusaha mendapatkan uang ekstra sebisa mungkin, terutama dengan menjadi penjual perangko dan koin.

Sikap giat dan gigih Kuba juga berlanjut ke kelas. Dia mulai mengambil kelas psikologi di University of Pittsburgh selama tahun pertama sekolah menengahnya. Dia kemudian melewatkan tahun terakhir dan mendaftar di perguruan tinggi tersebut.

Setelah tahun pertamanya di Pitt,Cuban pindah ke Indiana University. Pemahamannya tentang penawaran dan permintaan diperluasnya di luar kelas. Karena perlu menghasilkan uang untuk melanjutkan pendidikannya (dia membayar uang kuliah sendiri) Kuba mulai memberikan pelajaran menari.

Ia lulus dari Indiana University pada tahun 1981 dengan gelar di bidang Bisnis. Setelah kuliah, Kuba pindah ke Dallas, Texas dan menciptakan sebuah bisnis konsultasi komputer yang disebut “MicroSolutions” yang mengubahnya menjadi seorang jutawan saat menjual bisnisnya ke CompuServe pada tahun 1990. Pada tahun 1995, Mark dan rekan bisnisnya Todd Wagner mulai mengerjakan sebuah gagasan,(yang kemudian dikenal sebagai Broadcast.com) untuk melakukan streaming siaran langsung melalui Internet. Duet inovatif ini menjual perusahaan mereka ke Yahoo.com pada tahun 1999 seharga miliaran dolar di Yahoo!. Stock.Cuban melanjutkan untuk membeli franchise basket NBA Dallas Mavericks seharga $ 285 juta pada tanggal 14 Januari 2000, dan kemudian secara dramatis ia mengubah tim menjadi lebih baik. Kemampuan Mark yang brilian untuk memimpin organisasi ini membentuk Mavericks menjadi kekuatan superior yang berkembang dan membuat tim mencapai final NBA di tahun 2006 untuk pertama kalinya dalam sejarah waralaba.

Di luar itu, Cuban meluncurkan jaringan televisi definisi tinggi “HDNet” pada bulan September 2001 dengan Philip Garvin. HDNet menyediakan kualitas siaran digital yang tertinggi pada saat itu. Mark dan Todd Wagner mendirikan perusahaan media bernama “2929” dengan kepemilikan yang mencakup banyak aspek hiburan. Ini termasuk perusahaan produksi film HDNet Films dan 2929 Productions, distributor film Magnolia Pictures, distributor video rumahan Magnolia Home Entertainment, rantai Landmark Theatres, dan saham di Lions Gate Entertainment.

Cuban terkenal dengan pandangan dan pola pikirnya yang berani dan tidak ambigu, yang sangat berkaitan dengan kesuksesannya yang terus-menerus. Ia terus menantang status quo di dunia media dan teknologi. Pada tahun 2005, Mark mengumumkan bahwa dia secara finansial mendukung underdog dalam kasus berbagi file “peer-to-peer” milik Mahkamah Agung A.S. Juga pada tahun 2005, Cuban bereksperimen dengan model “day and date” saat dia memproduksi film Bubble (2005) yang dirilis bersamaan di panggung teater, televisi dan video rumahan. Tujuannya lainnya adalah untuk merobohkan jendela rilis tradisional dimaksudkan untuk memberi konsumen pilihan dalam hal bagaimana mereka mungkin tertarik untuk menonton film.

Sifat yang patut kita tiru:

1.Pekerja keras,terbukti karena dia telah memulai bekerja saat umur 12 tahun.

2.Gigih dan rajin,terbukti saat dia mengambil tambahan pelajaran saat masih di sekolah menengah.

3.Berani mengambil resiko,terbukti saat dia berani membentuk bisnis – bisnis baru.

Quote dari Cuban:

> “Talent without effort is wasted talent. And while effort is the one thing you can control in your life, applying that effort intelligently is next on the list.”

> “Whatever you are studying right now, if you are not getting up to speed on deep learning, neural networks, etc., you lose. We are going through the process where software will automate software, automation will automate automation.”

Sumber :
https://www.biography.com/people/mark-cuban-562656?escaped_fragment=
http://www.imdb.com/name/nm1171860/bio
https://en.wikipedia.org/wiki/Mark_Cuban
https://www.brainyquote.com/quotes/authors/m/mark_cuban.html