Manufaktur : Mengenal Titik Lebur Logam

Suhu lebur merupakan titik lebur atau mencairnya suatu bahan, jadi apabila suatu logam dipanaskan hingga temperatur lebur tersebut maka benda itu akan mencair. Fungsinya mengetahui titik lebur ini adalah agar kita bisa menyetting alat pemotongan hingga temperatur yang sesuai dengan titik lebur logam tersebut.

Titik Lebur Besi

Besi merupakan salah satu jenis logam yang paling sering kita jumpai, aplikasi besi pada peralatan untuk kehidupan sehari sehari sangat banyak seperti untuk pagar, tangga dan lainnya. Titik lebur besi adalah 1535 C.

image
Gambar 1 Tanur peleburan logam

Titik Lebur Aluminium

Alumunium merupakan jenis logam tahan karat, aplikasi alumunium ini biasanya untuk keperluan benda yang digunakan pembuatan bahan makanan. Selain itu karena mempunyai sifat yang ringan dan tahan karat aluminium digunakan juga untuk perabotan rumah tangga seperti penggorengan dan alat masak lainnya. Titik lebur Alumunium sebesar 657 C, namun alumunium mempunyai sebuah lapisan yang dinamakan Oksida Alumunium yang mempunyai titik lebur sebesar 2020-2050 C.

Selain logam logam di atas, berikut ini tabel titik lebur baja karbon rendah, baja karbon tinggi, besi tuang kelabu, tembaga, zinc dan logam lainnya.

image

Referensi:


mengenai titik lebur logam, apakah titik lebur suatu logam sudah pasti seperti pada tabel? berikan alasan mengenai hal tersebut?