Manfaat Zumba bagi kesehatan


Anda menyukai olah tubuh? Pasti sudah tak asing dengan zamba dance! Salah satu latihan kebugaran jasmani yang cukup popular sekarang ini. Tarianya yang di kolaborasikan antara hip hop, soca, samba, salsa, meringue, mambo dan seni bela diri memang dinilai cukup unik. Gerakanya yang sangat ritmatis tanpa plyometric. Sehingga cukup dinilai tidak terlalu memaksa kemampuan pribadi. Apalagi untuk kalangan orang dewasa. Pencipta tarian ini adalah Alberto ‘Beto’ Perez ditahun 1990-an.

Salah satu penari serta koreografer di Kolumbia. Sudah sekitar 14 juta lebih orang di dunia yang mengambil kelas zumba dance. Sebab hal ini merupakan salah satu pilihan yang cukup diperhitungkan. Meski dinilai lebih berat dari kelas senam, namun entah energy dari mana umat didunia tetap menyukai latihan kebugaran ini.Jangan salahkan mereka jika sudah terkena sihir zumba dance. Anda memang akan merasa kelelahan. Tapi gerakan dan koreografi yang ditampilkan mengundang orang untuk melakukanya. Sehingga setipa orang merasa tertarik. Lalu mengharapkan lebih banyak tarian yang mampu memancing adrenalin mereka. Menurut kalian apa saja sih manfaat dari zumba ini?

Bagi anda yang mengaku memiliki fisik kuat atau kelebihan berat badana, sangat di sarankan untuk mengikuti. Mengapa? Lihat list manfaat zumba dance bagi tubuh kita :

  1. Rencana program diet

Anda yang memiliki berat tubuh lebih disarankan untuk mengikuti sesi latihan ini. Sebab salah satu tujuan adanya zumba dance adalah untuk membakar kalori dan lemak. Ketika anda melakukan zumba dance, intesitas lemak menjadi turun. Lalu posisi tersebut digantikan oleh kalori tubuh. Karena letak lemak berada pada pembakaran tubuh, maka kalori juga ikut terbakar. Hasil akhirnya berat badan anda turun.

  1. Membuat seluruh tubuh bekerja

Zumba dance memiliki tarian dan koreografer yang unik. Penggabungan gerakanya mampu membuat otot tubuh anda bekerja secara sempurna. Meski anda merasa lelah nantinya, namun anda merasa puas. Sebab latihan ini memuaskan seluruh tubuh anda untuk bergerak sesuai irama.

  1. Anda Senang!

Apa artinya sekolah tanpa teman? Membosankan! Jauh dari menyenangkan. Itulah inti dari kenyamanan. Zumba dance membuat anda bahagia. Latihanya mengharuskan anda untuk selalu tersenyum. Hormone dalam tubuh jika anda tersenyum akan menguncur deras dari kelenjar pituitary. Hormone tersebut juga mampu menangkal depressi dan stress. Sangat dianjurkan untuk anda yang memiliki tekanan dalam tubuh.

  1. Otot lebih mengencang

Merasa tubuh anda begitu ngelambrek? Anda perlu zumba! Manusia pada umumnya memiliki otot yang yang jarang dibuat untuk olahraga. Sehingga otot tersebut kendor dan membuat terlihat gendut. Tubuh anda terlihat jelek sebab otot yang mencuat seperti lemak. Salah satu solusinya dengan latihan yang mampu mengencangkan otot… Gerakan yang dimainkan melibatkan kerja otot. Sehingga mampu menguatkan lengan, pinggang, kaki serta mengencangkan perut. Sehingga bisa tampil ramping dan seksi. Indah bukan?

  1. For All Age!

Senam yang cocok untuk kalangan semua usia! Anda tak perlu takut ketika pergi senam untuk menitipkan anak kemana. Sebab zumba dance sifatnya flesibel. Cocok untuk kalangan semua umur. Ketika latihan anda akan dibagi ke beberapa kelompok. Misal grup anak-anak, remaja, deawsa, dan manula. Hal ini disesuaikan dengan kemampuan dan kebutuhan tubuh anda.

  1. Tampil lebh percaya diri (PD)

Zumba dance mampu membuat anda PD. Sebab dengan rutinitas yang waktunya continue mampu membetuk diri dan tubuh anda bagus. Akibatnya rasa percaya tubuh akan muncul. Anda bukan lagi diri anda yang gemuk. Anda bukan lagi diri anda yang memiliki timbunan lemak di perut. Tapi sekarang inilah diri anda yang cantik. Inilah diri anda dengan segala kelebihan dan kekurangan anda!

Sumber : Manfaat zumba