Manfaat Sauna bagi kecantikan kulit dan tubuh

Sauna sangat baik untuk menjaga ketahanan tubuh. Selain itu, dengan sauna, stres dan suasana hati yang sedang tidak enak pun bisa diredakan karena sauna juga merupakan salah satu bentuk relaksasi. Tak hanya itu, sauna juga sangat berguna bagi kecantikan kulit dan tubuh.

Sauna bukan hanya sekadar relaksasi setelah olahraga. Kamu bisa mendapatkan manfaat ini untuk kulit tubuh kamu.

1. Meningkatkan Sirkulasi

Ketika kita sauna, sirkulasi darah dan produksi keringat kita meningkat secara drastis. Suhu tubuh normal manusia adalah sekitar 37 derajat celcius. Dengan meningkatkan suhu tubuh beberapa derajat, seperti ketika kita sauna, hal tersebut akan meningkatkan sirkulasi karena tubuh berusaha untuk menjaga suhu tubuh agar kembali normal. Proses ini juga akan membuang racun-racun yang ada di dalam tubuh. Selain itu, sirkulasi darah yang meningkat akan mengalirkan lebih banyak oksigen dan nutrisi ke kulit dan permukaan kulit. Dengan begitu, kulit pun akan semakin sehat dan terjaga kelembabannya.

2. Membantu Produksi Kolagen

Kulit pada dasarnya terdiri dari kolagen. Kolagen adalah protein yang komposisinya lebih dari 80% dari komposisi keseluruhan kulit. Kolagen sangatlah penting untuk menjaga kekuatan dan kelenturan jaringan dan organ tubuh kita. Dengan melakukan sauna, produksi kolagen akan dapat ditingkatkan. Produksi kolagen yang meningkat pun akan memaksa pembuangan sel-sel kulit mati. Sel-sel kulit mati yang terbuang tersebut akan digantikan dengan sel-sel kulit yang lebih baru dan sehat. Sehingga, kulit akan semakin halus, cerah, dan awet muda.

3. Membersihkan Pori-pori

Mandi dapat membantu kita membersihkan kotoran dan minyak dari tubuh kita. Akan tetapi, ada yang lebih efektif lagi untuk membersihkan tubuh kita, yaitu dengan sauna. Sauna akan membuat kita berkeringat. Hal itu akan menjadikan pori-pori dan kelenjar kita lebih bersih. Tak hanya itu, sauna pun mampu meminimalisir infeksi dan racun. Ketika tubuh berkeringat pada saat melakukan sauna, tubuh akan mengalami detoksifikasi dengan membuka pori-pori kulit dan mengeluarkan kotoran yang ada di dalamnya. Karena kotoran dan racun sudah diangkat dari tubuh kita, kulitmu pun akan lebih sehat dan bebas dari jerawat dan komedo.