Manfaat menggunakan behel gigi

Apa manfaat menggunakan behel gigi?

Behel gigi digunakan untuk memperbaiki gigi yang tak rata dan bertumpuk. Ada baiknya menggunakan behel atau kawat gigi saat masih berusia belasan karena pada usia tersebut gigi masih bisa tumbuh. Penggunaan behel ternyata memerlukan waktu yang cukup panjang untuk sampai pada gigi yang rata.

Beberapa orang ternyata masih ragu untuk memakai behel gigi. Alasannya mulai dari biaya yang mahal, perawatannya yang ribet dan lain sebagainya. Padahal behel gigi sendiri mempunyai tujuan utama untuk menyelaraskan gigi dan rahang sehingga menghasilkan senyum yang indah.

Selain tujuan utama, pemakaian behel gigi mempunyai manfaat yang sangat penting, yaitu:

Meningkatkan kesehatan gigi

Masalah gigi tidak beraturan dan tidak rata adalah masalah orthodontik yang bisa diatas dengan pengunaan behel gigi. Behel gigi dipercaya mampu untuk menyelaraskan gigi dengan cara yang paling tepat. Selain itu juga mampu untuk meningkatkan kebersihan gigi.

Melindungi gigi

Selain berfungsi untuk merapikan gigi, behel juga berguna untuk melindungi gigi. Gigi yang tidak teratur akan sangat rentan untuk semakin berantakan apabila memakan makanan yang keras. Nah penggunaan behel gigi dapat membantu gigi agar tidak mudah rentan dalam perubahan posisi.

Memperbaiki posisi gigi yang renggang
Mempunyai gigi yang renggang tentu saja mengurangi rasa percaya diri dan bisa sangat merusak keindahan senyumanmu. Kondisi ini akan membuat makanan menyangkut di sela-sela gigi. Jika dibiarkan terus menerus akan berakibat pada bau mulut hingga kerusakan gigi. Penggunaan behel gigi bermanfaat untuk menormalkan posisi gigi yang renggang.

Mencegah penumpukan plak pada gusi dan gigi

Banyaknya gigi yang tidak beraturan pasti akan membuat sela-sela gigi makin banyak. Apabila sering mengomsumsi makanan sembarang dan tidak membersihkan gigi dengan benar, makan akan mulai terlihat plak gigi. Hal ini berpotensi untuk membuat gigi berlubang.

Mencegah temporomandibular disorder

Penyakit ini adalah suatu kelainan dimana kondisi sendi pada rahang mengalami tekanan dan stress. Hal ini biasanya disebabkan karena posisi gigi yang tidak teratur. Nah manfaat gigi behel bisa membuat terhindar dari kelainan penyakit tersebut.

http://dentaluniverseindonesia.com/2018/04/ragu-pakai-behel-gigi-yuk-cek-dulu-manfaatnya/