Manfaat Masker Quinoa untuk Kecantikan Wajah

Quinoa tinggi akan protein, lemak tak jenuh, serat, serta berbagai mineral dan vitamin penting yang dibutuhkan tubuh.

Manfaat quinoa untuk kecantikan wajah

  1. Mengurangi flek hitam dan mencerahkan kulit
    Menurut penelitian yang dipublikasikan di International Journal of Cosmetic Sciences quinoa bekerja menghalangi enzim tyrosinase yang menyebabkan pigmentasi kulit. Quinoa dapat membantu samarkan noda hitam dan mencerahkan kulit wajah Anda.

  2. Melindungi kolagen
    Semakin bertambah usia, tubuh menjadi lebih sedikit memproduksi kolagen. Kolagen adalah protein yang membuat kulit tetap kencang dan elastis. Saat kolagen berkurang, maka garis halus mulai muncul dan penuaan pun tak bisa dihentikan. Dalam tubuh, quinoa dapat memengaruhi enzim matrix metalloproteinase yang menurunkan produksi kolagen dan elastisitas kulit.

  3. Mengobati jerawat
    Quinoa mengandung niacinamide (Vitamin B3) yang biasanya digunakan sebagai obat rumahan untuk jerawat. Vitamin B3 membantu menenangkan kulit berjerawat merah, meradang, serta membantu regenerasi kulit.

  4. Sebagai exfoliator
    Tekstur quinoa yang cukup kasar saat dijadikan masker cocok digunakan untuk mengelupaskan sel kulit mati, namun tidak merusak lapisan kulit serperti kebanyakan masker wajah pabrikan.

  5. Menunda penuaan kulit
    Vitamin A dalam quinoa dapat membantu merangsang kulit untuk menghasilkan kolagen baru, yang dapat mengurangi munculnya garis-garis halus dan mengencangkan kulit agar tampak awet muda. Sementara itu, vitamin B2 dalam quinoa merupakan kunci dalam membantu mempertahankan elastisitas kulit dan mencerahkan warna kulit.

Sumber: