Manfaat "luar biasa" dari hobi replika, model kit (mokit) dan diorama

       MODEL KIT ( MOKIT ): Kurang lebih definisinya hampir sama dengan replika, perbedaannya adalah kalau MOKIT harus dirangkai terlebih dahulu kemudian diberi warna (dicat/dikelir) baru bisa dinikmati sesuai tujuannya. Bentuk MOKIT yang pernah sangat populer adalah Mobil Balap Kecil produksi TAMIYA, tentu sobat JOGJAICON masih ingat bagaimana di era pertengahan tahun 90-an, Mobil balap Tamiya seperti jamur dimusim hujan. Merebak di berbagai kalangan. Biasanya dulu Balap Mobil TAMIYA dimainkan di sirkuit buatan. Menyusun MOKIT memiliki sensasi tersendiri, dengan tingkat difficulty perangkaian yang berbeda-beda memberikan kepuasan batin pada Hobist apabila unit berhasil/kelar dirangkai dengan baik.
image
MANFAAT HOBI REPLIKA, MODEL KIT ( MOKIT ) DAN DIORAMA Sementara sebagian orang awam (atau dongo… hehehe) menertawakan atau bahkan melecehkan para penghobi jenis ini yang dianggap kekanakan atau masa kecil kurang bahagia, ternyata hobi ini memiliki manfaat luar biasa dari berbagai aspek, sebagai berikut:

  1. MEMELIHARA DAN MENINGKATKAN KESEHATAN SERTA KETAHANAN MENTAL (PSIKIS), berkutat menyusun replika dengan ornamen yang renik/mungil rupanya tanpa disadari memberikan maintenance psikologi yang berbuah pada ketahanan mental. Orang yang hobijenis ini umumnya tidak bermasalah dengan perubahan (baik evolutif maupun revolutif), tahan menderita/tabah, supel, tidak emosional dan romantis (hehehehehe), sumber info ini JOGJAICON dapatkan dari seorang Kisanak yang bertugas di Dinas Psikologi TNI AD.

  2. SARANA REKREASI DAN PELEPASAN EMOSI YANG POSITIF, ada sensasi berupa kepuasan dan kenikmatan tersendiri bagi penghobi saat selesai merangkai atau mengecat obyek-obyek Mokit dan Diorama. Dan seperti juga melukis atau menyanyi, Hobi ini juga dapat dijadikan wadah pelampiasan energi dari kondisi emosional yang negatif, sehingga dapat diarahkan pada hal positif dan produktif.

  3. KEUNTUNGAN EKONOMI, bagi para penghobi yang juga profesional menekuni maka Replika, Mokit dan Diorama menjadi ladang Uang. Apalagi konsumen dari produk replika biasanya adalah juga para penghobi atau Kolektor yang mengabaikan masalah harga tetapi mengutamakan aspek NILAI.

  4. PENYAYANG & DISAYANG ANAK, bagi penghobi jenis ini biasanya memilik kedekatan emosional dengan anak-anak, terutama anak kandung sendiri (maaf, bagi yang sudah punya tentunya), bahasa gampangnya adalah, “Enak eeeeh, BOKAP gw hobinya juga sama ma GW: Maen MOBIL-MOBILAN!”,… hahahahahahah Semoga bermanfaat.

Referensi:
MANFAAT “LUAR BIASA” DARI HOBI REPLIKA, MODEL KIT (MOKIT) DAN DIORAMA

Memang luarbiasa diorama,dimana kita memanfaatkan model kit dengan konsep foto seperti keadaan aslinya,jadi semakin terlihat hidup gan! Terima kasih telah berbagi! :smiley: