Manfaat daun sirih untuk kecantikan

Daun sirih memang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Daun yang memiliki banyak jenis ini dapat juga dimanfaatkan dalam dunia kecantikan. Apa sajakah itu?

Ada beberapa kandungan yang terdapat dalam daun sirih, antara lain:

  • Flavonoid
  • Senyawa aktif tanin
  • Minyak astsiri
  • Senyawa kuat Saponin
  • Zat Fenil propoda
  • Zat terpenana
  • Zat hidroksikaficol
  • Senyawa karvokrol
  • Senyawa Allylprokatekol
  • Zat P-Cymene
  • Zat Cineole dan Coryofelen

Semua senyawa yang ada di dalamnya bertindak sebagai antioksidan, antikanker, antibiotik, antiseptik, dan antiinflamasi yang alami tetapi ampuh dalam mengatasi berbagai macam keluhan kesehatan kulit wajah termasuk memblokir aktivitas sel kanker yang menyerang kulit.

Berikut adalah manfaat daun sirih untuk kecantikan:

  1. Menyembuhkan jerawat yang meradang dan jerawat batu
    Senyawa antiinflamasi dalam daun sirih membantu meredakan, mengempiskan, dan menyembuhkan peradangan atau jerawat batu yang terasa nyeri jika disentuh. Hal ini dapat dilakukan dengan cara menghaluskan daun sirih lalu balurkan perlahan pada wajah yang sedang meradang. Lakukan cara ini setiap hari pagi dan sore hari agar mempercepat penyembuhan.

  2. Mengecilkan pori-pori wajah
    Senyawa antiseptiknya dapat mengecilkan pori-pori kulit yang melebar akibat pemakaian make up setiap hari. Caranya dengan mengoleskan daun sirih yang telah dihaluskan sebelum berangkat tidur malam dan diamkan selama 20 menit kemudian bilas dengan air bersih. Setelah itu, beristirahat dengan wajah yang terbebas dari pemakaian krim malam apapun.

  3. Memudarkan flek hitam dan bekas jerawat
    Semua senyawa yang ada pada daun sirih memiliki kemampuan untuk memudarkan warna kulit yang tidak rata akibat paparan sinar ultraviolet, akibat jerawat, atau karena pemakaian kosmetik. Cara yang dapat dilakukan yaitu dengan mengambil daun sirih yang sebelumnya dihaluskan dan ditambahkan air jeruk nipis lalu diperas airnya. Kemudian oleskan pada wajah dan diamkan selam 20 menit. Lakukan sesering mungkin sampai flek hitam menghilang secara alami.

  4. Mengobati gatal pada kulit wajah
    Rebusan air sirih yang telah didinginkan selama satu hari sangat bermanfaat untuk membasuh muka dipagi hari, diamkan beberapa saat sebelum dibilas dengan air bersih. Cara ini dapat meredakan dan menyembuhkan ruam dan gatal pada wajah.

  5. Mengeringkan luka pada wajah
    Bagi seseorang yang mempunyai luka akibat memencet jerawat yang sembarangan, akibat tergores, terhantam, dan sebagainya dapat dihilangkan dengan menggunakan daun sirih. Cara ini dapat dilakukan dengan membalurkan daun sirih yang telah dihaluskan pada wajah dan diamkan selama 30 menit agar senyawa antiinflamasi dan antibiotik yang kuat mampu meresap dan mempercepat proses pengeringan luka.

  6. Pengangkat kotoran dan debu di wajah
    Rebusan air daun sirih dapat digunakan untuk mencuci muka di pagi hari setelah bangun tidur, diamkan beberapa saat sebelum dibilas dengan air bersih. Rebusan air daun sirih dapat mengangkat kotoran atau debu yang masih tersisa di wajah.

  7. Membunuh bakteri penyebab bisul di wajah
    Perasan air daun sirih yang telah dihaluskan dan ditambah dengan sedikit air kunyit yang kental dapat dioleskan perlahan dan diamkan selama 20 menit dapat membunuh bakteri penyebab bisul di wajah. Hal ini disebabkan kunyit dan daun sirih memiliki senyawa antiinflamasi yang jika digabungkan dapat membunuh bakteri sehingga tidak menyebar ke tempat yang lain dan meninbulkan jerawat.

  8. Mencegah dan mengatasi panu di wajah
    Panu adalah penyakit kulit yang disebabkan jamur akibat terpapar radikal bebas dan malas membersihkan kulit sebelum tidur malam. Panu dapat dihilangkan dengan penggunaan daun sirih yang telah dihaluskan yang sebelumnya telah ditambahkan sedikit air langkuas. Lalu oleskan pada wajah yang berpanu dan diamkan selama 20 menit. Lalukan cara ini sehari dua kali sampai panu menghilang.

  9. Mencegah munculnya komedo
    Daun sirih yang telah dihaluskan lalu dibalurkan pada wajah yang ditumbuhi komedo maka komedo tersebut akan mampu mengeluarkan isinya secara alami tanpa pemencetan dengan menggunakan tangan. Komedo yang telah keluar dapat segera anda basuh dengan rebusan air daun sirih yang telah dingin agar wajah benar-benar terbebas dari pertumbuhan komedo kembali.

  10. Menghambat pergerakan aktif sel kanker pada kulit
    Senyawa alkoloid pada sirih ampuh memblokir dan menghancurkan pertumbuhan sel kanker yang ada di luar ataupun di permukaan kulit misalnya kanker kulit. Kanker kulit adalah kanker yang diawali dengan munculnya bintik hitam yang kemudian berubah hidup menjadi sel tumor jinak yang jika tidak segera diatasi maka akan berpotensi bermutasi dalam DNA menjadi sel kanker.

  11. Mengencangkan kulit wajah
    Basuh wajah dengan rebusan daun sirih yang hangat kuku setelah pulang dari aktivitas sehari-hari agar kulit senantiasa kencang dan terhindar dari kelelahan.

  12. Menyeimbangkan minyak berlebih
    Menjadikan daun sirih yang telah dihaluskan sebagai masker harian akan membuat kondisi wajah senantiasa segar, cerah, dan tidak berminyak. Senyawa astsiri yang ada pada daun sirih paling ampuh dalam menyeimbangkan kadar minyak berlebih terutama pada orang orang yang memiliki jenis kulit berminyak.

  13. Mengobati pembengkakan akibat alergi kulit
    Zat antiinflamasi dapat meredakan dan mengempiskan peradangan yang terjadi pada wajah akibat alergi. Banyak orang yang terserang alergi yaitu mendadak bengkak wajahnya setelah beberapa menit mengkonsumsi makanan hasil laut yang mengandung zat merkuri misalnya kepiting atau lobster.

  14. Menyegarkan dan menghaluskan kulit wajah
    Untuk mencegah tampilan wajah yang lesu, kusam, dan kasar maka basuh wajah dengan rebusan daun sirih yang telah dingin yang sebelumnya telah ditambahkan dengan sedikit garam dapur secara rutin.

  15. Menyembuhkan luka bakar pada wajah
    Luka bakar dapat meninggalkan bekas yang dapat membuat rona wajah menjadi kurang menarik, untuk mempercepat penyembuhan dan menghilangkan bekas luka bakar sebaiknya basuh wajah dengan rebusan air daun sirih setiap hari. Lalu diamkan sejenak kemudian basuh kembali lalu diamkan selama 20 menit . Kemudian bilas dengan air bersih yang telah dibubuhi zat antiseptik rekomendasi dokter kulit.

Sumber: