Manfaat Chia Seed bagi kecantikan kulit wajah dan tubuh

Chia Seed merupakan jenis biji-bijian yang dikenal berasal dari Meksiko. Di Indonesia sendiri, ini termasuk sebagai makanan organik yang cukup digemari para pecinta makanan sehat.

image

  • Meredakan Inflamasi Pada Kulit
    Panganan sehat yang satu ini diketahui memiliki kandungan asam lemak Omega 3 yang cukup tinggi. Kandungan ini memang dikenal sangat baik untuk menutrisi, serta meredakan peradangan pada kulit. Lebih istimewanya lagi, biji chia bahkan juga dapat menjadi solusi untuk berbagai penyakit kulit, seperti rosacea dan juga psoriasis.

  • Memudarkan Bekas Jerawat
    Selain mampu mengatasi inflamasi pada kulit, asam lemak omega 3 yang ada pada bahan alami ini juga baik untuk mengatasi noda bekas jerawat. Untuk hasil yang lebih maksimal, Anda bisa menjadikan chia seed sebagai makser wajah. Cara pembuatannya pun mudah. Cukup siapkan tiga sendok makan biji chia, kemudian campurkan dengan satu sendok teh madu. Oleskan pada wajah selama 15 menit, lalu bilas hingga bersih. Rutin melakukan ritual ini minimal seminggu dua kali, noda bekas jerawat pun akan pudar secara perlahan.

  • Sebagai Anti-Aging Alami
    Menurut penelitian yang diterbitkan oleh Journal of Chromatography A, ditemukan bahwa chia seed memiliki konsentrasi total senyawa fenolik alami (termasuk senyawa antioksidan) yang baik untuk menangkal dampak buruk radikal bebas hingga mencapai 70%. Seperti yang telah kita ketahui, serangan radikal bebas dapat berdampak buruk bagi kesehatan kulit. Oleh karena itu, rutin mengonsumsi chia seed dipercaya dapat mengoptimalkan proses regenerasi dan perbaikan pada sel kulit yang rusak. Mengonsumsi makanan yang satu ini juga diyakini dapat mencegah tanda-tanda penuaan dini, seperti munculnya keriput dan garis-garis halus.

  • Mencerahkan Rona Wajah
    Jika Anda memiliki kulit wajah yang kusam, chia seed bisa menjadi salah satu solusinya. Bahan alami ini kaya akan protein, zinc, dan beberapa jenis mineral yang baik untuk mencerahkan rona kulit. Selain rutin mengonnsumsinya, Anda pun dapat menggunakan biji chia sebagai masker wajah untuk mendapatkan hasil yang lebih maksimal.

  • Melembapkan Wajah
    Kulit wajah Anda super kering? Selain rajin melembapkannya dengan moisturizer, coba konsumsi chia seed, deh! Mengonsumsi jenis biji-bijian ini diyakini dapat menjadi pengobatan dari dalam untuk masalah kulit kering. Asam lemak omega 3 yang terkandung pada chia seed berfungsi sebagai pelembap alami yang mampu menjaga dan mengikat kadar air dalam kulit. Jadi, sering-seringlah mengonsumi jenis panganan ini jika ingin kulit senantiasa lembap dan terhindar dari dehidrasi.

Sumber:
https://journal.sociolla.com/beauty/guide-beauty/manfaat-chia-seed-untuk-kecantikan-kulit-wajah-dan-tubuh/