Manfaat brokoli bagi kesehatan!


Brokoli merupakan makanan yang tidak banyak disukai orang. Padahal, brokoli memiliki banyak manfaat yang baik bagi kesehatan. Manfaat apa saja itu?

Kandungan gizi ini memberikan dampak yang sangat baik bagi kesehatan tubuh, mulai dari anak-anak, ibu hamil, dan manusia pada umumnya.

  1. Mengontrol kolesterol
    Serat pada manfaat brokoli mengendalikan penumpukan kolesterol dalam tubuh. Hal ini sangat baik bagi kesehatan jantung dan menghindarkan pula dari gejala penyakit jantung. Jadi masak brokoli dengan cara direbus untuk menghindari pemakaian minyak goreng.

  2. Penting untuk kesehatan mata
    Brokoli juga sangat kaya akan kandungan vitamin A yang berfungsi untuk menjaga kesehatan mata dan memberikan pengelihatan yang lebih baik. Mata merupakan aset penting untuk kita, jadi jagalah asupan dengan asupan makanan kita dengan yang mengandung vitamin A seperti brokoli, pada wortel atau kacang panjang. Lutein pada brokoli juga mampu menjaga kerusakan mata akibat paparan sinar matahari atau penuaan.

  3. Sangat baik untuk menjaga sistem pencernaan
    Kandungan sulforaphane mampu menekan resiko pada gangguan pencernaan seperti maag, infeksi lambung. Sulforaphane mampu mempengaruhi peningkatan produksi enzim pada hati. Enzim ini berperan menggandeng bahan-bahan karsinogen penyebab gejala kanker dan mengeluarkannya dari sel. Dalam dunia kedokteran, kuman adalah penyebab utama luka dan kanker lambung atau pun kanker usus besar.

  4. Sumber antioksidan
    Salah satu kandungan paling tinggi dalam brokoli adalah vitamin C-nya, vitamin ini sangat penting dan berperan sebagai antioksidan yang akan membantu tubuh memerangi radikal bebas.

  5. Meningkatkan Sistem Imun
    Masih terkait dengan vitamin C, brokoli juga sangat ampuh untuk meningkatkan sistem imun dalam tubuh agar tidak mudah terserang penyakit berbahaya.

  6. Efektif Mencegah Kanker
    Brokoli memiliki kandungan indole dan isothiocyanate serta fitokimia yang dalam beberapa studi telah mengungkapkan bahwa zat ini sangat efektif dalam mencegah kanker tertentu, terutama kanker prostat dan payudara.

  7. Mengontrol Tekanan Darah
    Kandungan potasium yang terdapat dalam brokoli sangat penting untuk mengontrol tekanan darah dalam tubuh, ia juga baik untuk anda yang mengalami tekanan darah tinggi.

  8. Menjaga kesehatan jantung
    Institute for Food Research di Norwich, Inggris melalui para penelitinya telah mengembangkan dua jenis brokoli untuk mengembangkan brokoli jenis ungulan yang mengandung glucoraphanin 2-3 kali lebih banyak dari jenis normal. Kandungan zat ini sangat baik untuk mencegah penyakit dan kesehatan jantung

Referensi