Manfaat Bermain Game

Saat ini bermain game sering dihubungkan dengan aktivitas yang tidak berguna dan tidak jarang dijadikan alasan dari permasalahan lainnya. Contohnya seperti game meningkatkan kekerasan, game membuat seseorang menjadi anti-sosial, dan sebagainya.

Manusia pada umumnya memiliki sifat untuk menyalahkan sesuatu ketika muncul permasalahan, dan sayangnya game adalah target yang sering digunakan tidak peduli fakta atau hasil penelitian yang mendukungnya

Untungnya saat ini beberapa studi telah dilakukan dan meskipun belum ada jawaban yang pasti, peneliti sepakat bahwa game dapat bermanfaat bagi kita

Berikut adalah beberapa manfaat dari bermain game;

  • Memperlambat Penuaan
    Semua manusia akan mengalami penuaan seiring dengan perkembangan waktu. Walau begitu ketika mereka memastikan otak tetap aktif ditemukan bahwa penuaan dapat diperlambat hingga beberapa tahun selanjutnya.

    Game adalah salah satu hal yang dapat melakukannya seperti yang di dapat dari hasil studi Universitas Iowa. Dalam studi ini ditemukan bahwa bermain game dapat membantu menghambat penuaan mulai dari 1 hingga 6 tahun. Studi menyimpulkan bahwa aktivitas yang mengasah otak dapat melakukan hal tersebut termasuk video game.

  • Pengambilan Keputusan Yang Lebih Baik
    Dalam studi yang dilakukan Shawn Green dari Universitas Rochester. Ditemukan bahwa mereka yang sering bermain game action memiliki level pengambilan keputusan yang lebih baik. Hal ini karena game-game tersebut mengajarkan pemain untuk dapat memanfaatkan informasi yang ada di depan mereka dengan cepat disertai pengambilan keputusan yang benar

    Selain itu bermain game action juga dapat meningkatkan fungsi persepsi otak secara drastis

  • Membuat Seseorang Lebih Sosial
    Game membuat seseorang anti-sosial adalah persepsi yang sangat umum dimiliki oleh non-gamer. Meskipun gamer yang anti-sosial benar ada, tidak semua gamer memiliki kesulitan bersosialisasi. Penelitian yang dilakukan oleh tiga institusi berbeda di Canada dan Inggris menemukan bahwa gamer yang bersosialisasi adalah mereka yang paling komunikatif dan ramah.

    Selain itu gamer juga memiliki hubungan yang lebih kuat antara sesama gamer dibandingkan mereka yang tidak berkat kesamaan hobi mereka.

  • Bermain Game Dapat Membantu Kemampuan Belajar
    Persepsi populer lainnya adalah game memperburuk pencapaian akademik seseorang di sekolah. Untuk mengetahui apakah hal ini benar atau tidak dilakukan studi di Inggris dari Universitas London dan Universitas Queen Mary.

    Dari hasil studi ini ditemukan bermain game strategi membantu meningkatkan fleksibilitas dari otak seseorang. Dalam game tersebut pemain perlu mengatur berbagai sumber daya yang ada selama game berlangsung. Hal ini terbukti dapat meningkatkan fleksibilitas kognitif otak pemain. Selain itu dalam studi yang lain gamer juga memiliki kemampuan untuk memahami berbagai pola dengan lebih baik. Kemampuan yang berguna dalam menyelesaikan berbagai permasalahan di dunia nyata