Manfaat berenang bagi kesehatan


Berenang merupakan salah satu olahraga menyenangkan yang dapat kita lakukan untuk menyehatkan tubuh kita. Apa saja manfaat berenang bagi kesehatan kita?

Manfaat Berenang
Berenang dapat membangun kekuatan tubuh. Sebab, untuk bergerak di dalam air, seseorang membutuhkan tenaga yang lebih kuat. Lebih jauh lagi, berenang adalah olah fisik yang akan melatih semua kelompok otot utama, dari bahu, punggung, panggul, bokong, hingga kaki.

Manfaat Berenang Secara Teratur
Berenang dapat meningkatkan stamina karena berhubungan dengan ketahanan sistem pernapasan, kardiovaskuler, serta peningkatan massa otot. Secara rinci, manfaat berenang yang bisa Anda dapatkan dari melakukannya secara rutin, yaitu:

  • Meningkatkan ketahanan sistem pernapasan dan kardiovaskuler
    Sebuah studi menyimpulkan, dalam latihan yang dilakukan secara rutin selama 12 minggu, konsumsi oksigen naik hingga 10 persen dari partisipan pria dan wanita paruh baya. Selain itu, dampak peningkatan jumlah darah yang dipompa tiap kali jantung berdenyut mencapai 18 persen, yang berarti peningkatan kekuatan jantung.
  • Membangun massa otot
    Manfaat berenang juga dapat terlihat pada peningkatan massa otot trisep (sisi belakang lengan atas), hingga 25 persen pada sekelompok pria dalam sebuah studi. Hasil itu diperoleh setelah dilakukan program berenang selama 8 minggu.
  • Membakar kalori
    Sekitar 500-650 kalori akan dibakar sewaktu Anda berenang selama 1 jam, tergantung seberapa efisien aktivitas tersebut dilakukan.
  • Membuat tubuh rileks
    Berenang dapat menjadi sarana bagi tubuh dalam mendapatkan relaksasi. Selain itu, olah fisik ini disebut-sebut dapat membuat perasaan seseorang menjadi lebih tenang. Sebagaimana diklaim dalam sebuah penelitian, berenang dapat menjernihkan pikiran, mendorong pemikiran positif, serta rasa percaya diri.

Sumber : Manfaat Berenang