Manfaat bangun pagi bagi kesehatan


Kalau kata orang tua, masih perawan sebaiknya jangan bangun siang hari. Bangun haruslah di pagi hari agar rejeki tidak dipatok ayam.Ada benarnya lho kalau dipikir-pikir. Dengan bangun lebih pagi memang banyak hal yang bisa Anda lakukan. Menurut penelitian, bangun lebih pagi mempengaruhi banyak hal di dalam hidup. Apa saja manfaat itu menurut kalian?

Bangun pagi adalah bangun di pagi hari, sebelum sinar matahari terbit di ufuk timur. Jika matahari sudah terbit, waktu sudah tidak pagi lagi melainkan waktu pertengahan antara pagi dan siang hari. Yang dimaksud bangun pagi adalah bangun antara jam setengah empat, lima dan jam enam. Sebenarnya banyak hal yang akan didapatkan ketika bangun pagi. Saat itu udara masih sejuk dan udara masih segar.
Berikut ini berbagai macam manfaat bangun di pagi hari yang tidak terduga :

  1. Tubuh Segar

Saat bangun pagi hari, tubuh akan merasakan segar. Hawa dan manfaat udara di pagi hari bisa menyegarkan tubuh.

  1. Mendapatkan Udara Segar

Manfaat bangun pagi hari, kita akan mendapatkan udara yang segar dibandingkan dengan udara di siang hari. Udara segar sangat bermanfaat dalam pernafasan dibandingkan dengan udara yang telah bercampur dengan polusi kendaraan dan polusi pabrik.

  1. Melancarkan Peredaran Darah

Dengan menghirup udara pagi, kita bisa melancarkan peredaran darah. Udara bersih yang masuk ke dalam tubuh membuat aliran darah menjadi lancar karena manfaat oksigen yang masuk ke dalam tubuh adalah oksigen paling baik.

  1. Otak Berfungsi Maksimal

Aliran darah yang maksimal dengan aliran oksigen ke otak yang lancar bisa meningkatkan dan memaksimalkan fungsi otak.

  1. Meningkatkan Daya Ingat

Jika otak berfungsi secara maksimal, memori otak akan meningkat. Hal itulah yang bisa membuat daya ingat seseorang bisa meningkat. Orang tua yang sering bangun pagi dan menghirup udara di pagi hari tidak akan mudah lupa atau pikun dibandingkan dengan orang yang tidak pernah bangun pagi dan menghirup udara pagi.

  1. Menyehatkan Paru-Paru

Saat organ pernafasan diberi oksigen yang kualitas bagus, organ pernafasan pun akan menjadi sehat, termasuk paru-paru. Udara bersih yang masuk ke dalam tubuh tidak akan mengotori paru-paru, berbeda halnya saat paru-paru menghirup udara kotor penuh polusi. Udara itu akan bisa mengotori paru-paru dan menyebabkan berbagai macam penyakit paru-paru misalnya saja flek paru-paru dan masih banyak lagi lainnya.

  1. Menyehatkan Jantung

Jika peredaran darah menjadi lancar, organ yang lainnnya bisa menjadi sehat, misalnya saja adalah jantung. Berbagai macam penyakit jantung disebabkan oleh aliran darah dan oksigen yang sedikit ke jantung. Jika aliran darah dan oksigen ke jantung lancar, maka jantung pun bisa sehat dan menjalankan fungsinya secara maksimal.

Sumber : Manfaat bangun pagi

  1. Menyehatkan organ paru-paru
    Dengna memperoleh pasokan oksigen yang berkualitas baik, membuat organ pernafasan menjadi sehat, terutama paru-paru.
    Dengan bangun pagi hari akan memperoleh pasokan udara bersih, yang masuk ke dalam tubuh dan tidak akan mengotori paru-paru.
    Adapun jika udara kotor penuh polusi yang masuk ke dalam tubuh, akan mengotori paru-paru dan menyebabkan berbagai macam penyakit pada organ paru-paru. Penyakit flek paru-paru umumnya terjadi.

  2. Menjaga kesehatan tulang
    Sinar matahari pagi kaya akan kalium, kalium bermanfaat bagi kesehatan tulang. Dimana kalium yang masuk ke dalam tubuh berfungsi untuk menjaga kesehatan tulang, terutama mencegah kerapuhan dan pengeroposan tulang.
    Wanita yang mendapatkan sinar matahari pagi yang sehat akan terhindar dari osteoporosis. Serta memperoleh vitamin D.

  3. Menjaga sistem kekebalan tubuh
    Udara pagi yang dihirup membantu kerja sistem imun tubuh. Udara pagi memiliki peran dalam membantu pembentukan zat antibodi yang optimal.
    Zat antibodi di dalam tubuh sangat penting, karena fungsi vitalnya dalam pembentukan sistem kekebalan tubuh.

  4. Mencegah penyakit kuning
    Sinar matahari mengandung manfaat vitamin D, disarankan Anda agar beberapa saat saja untuk bisa memperoleh sinar matahari pagi, pada jam setengah enam sampai dengan sembilan.
    Tetapi setelah pukul 9 pagi lindungi diri dari cahya matahari, karena jika kelamaan berada di bawah sinar matahari pada jam 9 pagi keatas, justru bisa merusak sel-sel di permukaan kulit.
    Penyakit kuning terjadi karena kurangnya vitamin D di dalam tubuh. Bayi sangat rentan terkena penyakit kuning

  5. Membuat kulit bisa awet muda
    Kandungan vitamin D pada sinar matahari pagi membuat kulit awet muda. Hal itu karena sel-sel kulit mati yang bisa disikirkan / diangkat dari permukaan kulit. Manfaat lainnya mencegah gangguan pada kulit.
    Walaupun begitu, bukan berarti Anda seharian berada di bawah sinar matahari, berlebihan juga sangat tidak baik karena memberikan dampak buruk bagi kulit. Bahkan terlalu sering berada di bawah sinar matahari langsung saat siang bolong (jam 12 siang), bisa memicu resiko kanker.

  6. Menurunkan kolesterol
    Bangun pagi membuat tubuh memperoleh asupan oksigen terbaik, lalu juga membuat aliran darah dan oksigen di dalam tubuh menjadi lancar.
    Dengan lancarnya aliran darah di dalam tubuh, sangat baik untuk menurunkan kadar kolesterol jahat di dalam tubuh.

Referensi