Mandi Setiap Pagi itu Baik atau Buruk?

image

Bagi banyak orang, mandi adalah salah satu kegiatan yang sering dilakukan di pagi hari. Siapa yang tidak ingin membersihkan diri sebelum melakukan kegiatan produktif pada hari itu? Ada yang mandi pagi setiap hari sebelum pergi bekerja atau beraktivitas dan ada yang tidak. Mungkin bagi mereka itu adalah sebuah kebiasaan, kebutuhan, atau karena masalah kesehatan.

Kalau menurut kalian apakah mandi setiap pagi mempunyai dampak bagi tubuh kita? atau malah berdampak kepada kesehatan mental?

Manfaat mandi pagi tidak hanya membuat tubuh terasa segar, tetapi juga baik untuk kesehatan. Selain kesehatan fisik, mandi di pagi hari juga diketahui berdampak baik bagi kesehatan mental, termasuk mengurangi gejala depresi, terutama jika anda mandi pagi dengan air dingin.

Dampak mandi pagi

  1. Menyegarkan Tubuh
    Mandi pagi meningkatkan semangat untuk melakukan aktifitas sehari-hari. dengan mandi pagi, tubuh menjadi segar dan fresh

  2. Meredakan gejala depresi
    Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa mandi dengan air dingin selama 5 menit setiap 2–3 kali dalam seminggu, dipercaya dapat meringankan gejala depresi atau stres. Ketika mandi menggunakan air dingin, tubuh akan memicu pelepasan hormon endorfin yang membuat Anda merasa lebih bahagia.

  3. Meningkatkan sirkulasi darah
    Ketika mandi pagi dengan air dingin, tubuh akan bekerja sedikit lebih keras untuk mempertahankan suhu normal tubuh. Jika dilakukan secara teratur, hal tersebut dapat meningkatkan sirkulasi darah ke seluruh tubuh dan membuat kulit terlihat lebih sehat.

Summary

5 Manfaat Mandi Pagi dengan Air Dingin untuk Tubuh Sehat dan Segar - Alodokter

Biasanya nih mandi pagi tuh di skip waktu weekend, padahal kan sebenarnya mandi pagi tuh banyak banget manfaatnya ya. Bisa untuk meditasi, membuat energi kembali lagi dan siap untuk melakukan aktivitas. Apalagi sekarang ppkm, musim wfh, pasti banyak banget sih yang skip mandi hehehe, karena dengan gosok gigi dan cuci muka saja mungkin sudah cukup untuk menampakkan penampilan yang oke ketika melakukan virtual meeting.

Nih ada 3 manfaat yang bisa kita dapatkan jika kita rajin mandi pagi :

  1. Membersihkan minyak di kulit
  2. Bikin badan segar sehingga tidak lesu
  3. Merangsang ide
Referensi

4 Alasan Tetap Mandi Pagi Meski di Hari Libur

Mandi setiap pagi itu sangat baik bagi kesehatan tubuh. Manfaat mandi pata pagi hari yaitu:

  1. Meningkatkan sirkulasi darah
    Apabila kamu ingin memperlancar aliran darah, kamu bisa mencoba mandi air hangat di pagi hari untuk mendapatkan manfaat tersebut. Hangatnya air yang mengalir selama mandi tidak hanya baik untuk sirkulasi darah, tetapi juga dapat mengendurkan ketegangan otot dan sendi kita. Meskipun tidak dapat membuat masalah kaku sendi hilang untuk selamanya, mandi saat pagi hari dapat merangsang penyembuhan, meredakan rasa sakit, dan mengurangi peradangan.

  2. Menurunkan risiko penyakit jantung
    Mandi air hangat di pagi hari memberi manfaat untuk kesehatan jantung. Hal ini dibuktikan melalui sebuah penelitian dari jurnal Heart. Studi tersebut meneliti kebiasaan mandi 30.000 partisipan selama 20 tahun. Beberapa aspek yang ditanyakan adalah seberapa sering mereka mandi, serta bagaimana temperatur air yang digunakan. Hasilnya menemukan bahwa orang-orang yang mandi air hangat setiap hari memiliki risiko 28% lebih rendah untuk terkena penyakit jantung dibanding orang yang lebih jarang mandi.

  3. Meningkatkan kekebalan tubuh
    Meningkatkan kekebalan tubuh diperoleh dengan mandi air dingin di pagi hari. Sebuah studi dari jurnal PLoS One melakukan penelitian dengan melibatkan 3.000 partisipan yang mandi air dingin di pagi hari selama 30 hari. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, terjadi penurunan sebesar 29% pada angka orang-orang yang sakit. Penurunan tersebut semakin besar, yaitu sekitar 54%, apabila dibarengi dengan olahraga rutin. Meski demikian, belum diketahui secara pasti apa hubungan air dingin dengan sistem imun tubuh.

Referensi

9 Manfaat Mandi Pagi untuk Kesehatan - Hello Sehat