Manakah yang Lebih Baik Untuk Design? Canva atau Corel Draw?

image

Sekarang sudah banyak aplikasi hingga platform yang bisa memungkinkan kita untuk membuat design dengan mudah diantaranya seperti corel draw, canva, adobe, dan lain-lain. Tentunya antara platform yang satu dengan yang lain memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Menurut youdics mana nih yang lebih baik untuk design? Canva atau corel draw? Atau bahkan yang lain?

menurut saya antara canva dan corel draw, lebih baik menggunakan canva, menurut saya menggunakan canva lebih mudah ketimbang menggunakan corel. karena pada umumnya canva sudah menyediakan template atau desain bawaan sendiri juga yang siap untuk kita modifikasi dan gunakan.

Saya tidak bisa membandingkan keduanya, karena saya belum pernah menggunakan corel draw. Tetapi sejauh ini saya hanya menggunakan canva dan saya rasa aplikasi design tersebut sangat bagus dan mudah digunakan apalagi untuk orang awam seperti saya. Kita juga bisa mendapat inspirasi design dari template-template yang tersedia didalam aplikasi tersebut.

Menurut saya yang lebih baik adalah canva karena sudah banyak template yang disediakan. Jadi sangat memudahkan penggunanya dan mempercepat pekerjaan.

canva huhu

Canva bagi aku user-friendly banget, jadi ngga butuh waktu lama buat belajar bahkan hanya drag and drop aja. Corel draw di laptop aku malah ga support mungkin jadi salah satu alasan belum belajar dan mungkin tidak belajar sampe laptopnya lem biru hihi.

Menurut saya kalau untuk pemula tentunya akan lebih mudah jika menggunakan canva yang sudah tersedia banyak tamplate dan vektor dibandingkan corel draw. Canva dapat dibilang platform yang mudah dan bahkan bisa desain bersama yang dapat memudahkan. Platform seperti AI dan Photoshop juga sangat worth it untuk digunakan tetapi harus belajar terlebih dahulu dalam penggunaannya.

Bagi pemula yang sangat asing dengan dunia design, maka Canva adalah pilihan yang tepat menurutku. Cara pengaplikasiannya yang mudah dan praktis juga gratis pada beberapa fiturnya, cukup atau bisa dikatakan sangat membantu bagi yang ingin mulai belajar design. Sedangkan, aplikasi seperti Photoshop, Corel Draw, Adobe Illustrator, Figma, dll masih butuh proses trainning yang tidak sebentar agar menguasainya.