Manakah yang Anda Pilih, Balikan atau Move on?

Dalam hubungan asmara antara pria dan wanita, pasti akan muncul masalah-masalah yang akan dihadapi, masalah tersebut kadang membuat kita merasa ingin berpisah dengan pasangan atau justru dengan masalah akan membuat hubungan semakin kuat, Jika masalah yang dihadapi membuat anda harus berpisah dengan pasangan anda, padahal anda sudah menjalin hubungan cukup lama dan anda benar- benar mencintai kepada orang tersebut, manakah yang anda pilih, balikan atau moveon?

Jujur aku sendiripun masih sulit memilih diantara kedua pilihan ini. Terlebih jika sudah melibatkan perasaan, kadang logika jadi sulit berfungsi dan bisa menjadi seseorang yang berakal pendek. Tapi seiring berjalannya waktu, aku jadi memiliki prinsip dalam hidupku mengenai perjalanan asmaraku. Aku berprinsip jika terpaksa hubungan yang telah kujalani harus berakhir, aku lebih memilih untuk move on.

Memang move on bukan pilihan yang mudah untuk dijalani, butuh perjuangan dan waktu yang tidak sedikit. Tapi setidaknya kita terhindar dari rasa sakit yang sebelumnya pernah kita rasakan. Balikan juga bukan jalan termudah yang bisa diambil. Karena menurutku balikan justru berpotensi untuk membuat luka semakin parah, dan menandakan bahwa kita tidak konsisten atas keputusan yang telah kita ambil sebelumnya.

Aku pribadi beranggapan balikan itu seperti membaca novel dua kali, sudah tau ceritanya, sudah tau juga akhirnya. Dan kalaupun memang jodohnya tidak harus balikan juga tuhan akan mempersatukan kita kembali dengan caranya. Tapi dengan kita mencoba untuk moveon dan membuka lembaran baru, berarti kita bisa memberi kesempatan bagi orang baru untuk memberikan warna di kehidupan kita, dan bisa jadi orang tersebut adalah jodoh kita yang sebenarnya.

1 Like

Aku memilih move on. untuk hidup saja kita memilih move on dari pada stagnan atau mundur kan? masa hanya untuk pasangan memilih balikan. aku memilih move on karena menurutku kita udah tau mantan ini seperti apa orangnya, kepribadiannya, karakternya, cara dia bersikap terhdap situasi darurat ataupun yang lainnya. kita memilih pisah pasti memiliki alasan yang kuat untuk meninggalkannya. jika masih menginginkan dia ya bertahan, bukan balikan dari putus.
Move on merupakan salah satu cara untuk mencintai diri sendiri, memahami diri lebih baik, fokus terhadap kebutuhan diri itu apa, sehingga membuat kita semakin berkembang. terutama move on dari toxic relationship, ini sangat-sangat disarankan. karena ya udah tau dia toxic pasti merugikan kenapa harus balikan? cowo/cewe di dunia ini yang bisa memahami dan sesuai keinginan kita itu banyak tidak cuma dia.
aku udah pernah coba balikan dan moveon, dan aku merasakan hal yang sangat positif dari moveon daripada balikan. kalau balikan ya kita sudah tau dia menyikapi kita seperti apa dan kemungkinan besar tidak akan berubah menjadi lebih. jika moveon, kita kan merasa bahwa oh dunia ini luas ya, banyak hal yang harus aku ketahui lagi dan aku harus berbuat ini itu dan lainnya sehingga diri kita berkembang menjadi lebih baik. semangat moveon!

1 Like

Move on itu bukan berarti jalan keluar dari setiap patah hati sih, menurutku move on yaitu cara kita untuk lebih dewasa untuk meng-ikhlaskan sesuatu yang memang belum untuk kita. Kalau aku di posisi itu, jujur lebih memilih move on sih. Walaupun lama, aku pernah sampai 4 tahunan. Tp toh ternyata berhasil juga. Dan sekarang aku lebih merasa dewasa, bisa memilih yang mana yang baik dan lebih hati hati dalam bersikap. So, jadiin semuanya pelajaran aja :relaxed::sparkling_heart:

1 Like