Manakah tiga Samudera terdalam di dunia?

samudra

Samudera adalah kumpulan air asin yang mempunyai permukaan yang sangat luas. Samudera itu berbeda dengan laut. Samudera biasanya dijadikan sebagai pemisah antar benua. Di dunia, terdapat beberapa samudera terdalam?

  1. Samudera Pasifik
    Peringkat pertama, diduduki oleh Samudera Pasifik dengan kedalaman mencapai 10.924 m. Dalam bahasa Spanyol, kata ‘Pasifico’ berarti ‘tenang’. Samudera Pasifik membentang dari benua Asia, Australia, hingga belahan bumi bagian Barat. Di dalam Samudera Pasifik terdapat titik terendah, yakni Palung Mariana dengan kedalaman 11.034 m. Saking dalamnya, cahaya matahari tidak dapat menembus Palung Mariana. Suasana di dalamnya, gelaaap sekali. Palung Mariana juga disebut sebagai Challenger Deep. Di Samudera Pasifik suka terjadi gejala alam yang terkenal dengan sebutan El Nino* dan La Nina*

  2. Samudera Atlantik
    Samudera terdalam kedua adalah Samudera Atlantik. Dalam mitologi Yunani, Samudera Atlantik berarti ‘Laut Atlas’. Kedalamannya sekitar 9.219 m, bentuknya seperti huruf ‘S’. Membentang dari belahan bumi bagian Utara hingga bumi bagian Selatan. Samudera Atlantik mempunyai titik terendah yang berada pada Palung Puerto Rico yang dalamnya mencapai 8.605 m. O ya, luas samudera ini hampir meliputi 1/5 bagian bumi.

  3. Samudera Hindia
    Samudera terdalam ketiga ditempati oleh Samudera Hindia atau Samudera India. Samudera Hindia memiliki kedalaman mencapai 7.455 m. Samudera Hindia mempunyai beberapa palung, seperti Palung Jawa, Palung Weber, dan Palung Diamantina. Samudera Hindia mempunyai arus yang tenang dan jarang terjadi badai.

Sumber:
bobo.grid.id