Manajer Pemasaran di Lingkup Perusahaan

Saya penasaran, bagaimana tugas dan penyelesaian masalah sebagai sales manager? Bagaimana sales manager berkolaborasi dengan manajer produk?

Hai, saya mau bantu menjawab keingintahuan T’Challa!

Manajer pemasaran memiliki beberapa tanggung jawab dalam menjalankan tugasnya.

  • mengembangkan posisi produk. Hal ini merupakan pendekatan non teknis untuk mengangkat derajat produk di mata calon konsumen. Hal ini dilakukan dengan berbagai pendekatan. Apabila melihat fenomena di pasar, salah satu yang melakukan pendekatan ini adalah produsen smartphone Oppo. Oppo menggunakan pendekatan marketing dengan menonjolkan fitur kamera di ponselnya, sedangkan kompromi dilakukan pada aspek lainnya. Orang yang paham teknologi tentunya akan berpikir dua kali dalam membeli produk Oppo karena secara teknis, spesifikasi smartphone kurang menjual bagi demografi power user. Sedangkan bagi mainstream user, banyak yang terpikat dengan apa yang ditawarkan oleh Oppo.


    pendekatan Oppo berkonsetntrasi pada pemasaran, bukan kualitas produk.

  • Penyampaian pesan
    Tugas dari marketing adalah menyampaikan pesan pada pengguna. Brand atau citra yang ingin dibangun perusahaan dapat disampaikan melalui teknik marketing. Para pelaku eksekutif dan top management menentukan visi misi, dan citra yang ingin dibangun. Para pelaku manajemen pemasaran, merealisasikan hal itu.

  • Pembeda dengan Kompetitor
    Secara ringkas, diferensiasi dengan kompetitor dapat dilakukan dengan 2 hal; yakni menawarkan fitur yang unik atau harga yang lebih rendah. Hal ini dapat dilakukan dengan berbagai pendekatan seperti Xiaomi dengan harga ramah kantongnya, Apple dengan desain premiumnya, Bentley dengan kemewahan interiornya, dan lain sebagainya.

  • Memastikan Tim penjualan dan pemasaran bekerja efektif dan efisien
    Tim penjualan dan pemasaran. menjadi ujung tombak bagi manajer pemasaran. Perencanaan yang matang akan percuma apabila eksekusi yang dilakukan oleh middle and low level management kurang efektif dan efisien, yang dampaknya membuat sumber daya perusahaan terkuras percuma. Manajemen marketing menjadi nahkoda dalam menentukan arah pemasaran dan menentukan celah yang harus diambil dalam melakukan pemsaran.

sedangkan manajer produk dan manajer pemasaran berkolaborasi dimana manajer produk menciptakan produk dengan memanfaatkan resource internal sebaik mungkin. Hasil tata kelola manajemen ini berbuah produk, dimana ini adalah tugas manajer pemasaran untuk melakukan tugasnya yang cenderung “keluar”.

referensi :