Manajemen Produk

Manajemen Produk

Apa itu Manajemen Produk


Manajemen Produk adalah sebuah fungsi didalam perusahaan yang bertanggungjawab terhadap proses pembuatan, pengembangan, pemasaran dan penjualan produk mulai dari awal hingga produk tersebut diluncurkan.

Tujuan utama manajemen produk adalah untuk membuat produk yang mempunyai nilai bagi pelanggan yang ditargetkan (menciptakan nilai pelanggan) dengan cara memberikan manfaat pada pengguna dan disaat yang sama juga memberikan pendapatan bagi perusahaan. Karena tujuannya adalah untuk memberikan nilai bisnis, profesional manajemen produk memainkan peran strategis dalam menentukan tindakan yang diperlukan untuk mencapai tujuan tersebut.

Mengapa Anda Harus Belajar Manajemen Produk ?


Saat ini, banyak perusahaan membutuhkan sumberdaya manusia yang mempunyai keahlian dalam manajemen produk, dimana beberapa perusahaan sudah membentuk departemen khusus yang bertanggung jawab terhadap pembuatan dan pengembangan produk. Oleh karena itu, karir di bidang ini kedepannya akan terbuka luas dan menjanjikan.

Selain itu, tingat rasio kewirausahaan di Indonesia termasuk yang paling kecil di Dunia, dimana hanya sekitar 2 persen dari seluruh penduduk Indonesia yang berkecimpung di bidang kewirausahaan. Data yang lain juga menyebutkan bahwa masyarakat Indonesia masih banyak yang menjadi konsumen dari produk-produk Luar Negeri.

Sehingga, dengan mempelajari Manajemen Produk, diharapkan banyak generasi muda yang tertarik dengan dunia bisnis dengan cara mengembangkan produk-produk yang sukses. Harapannya adalah laju perekonomian Indonesia akan meningkat seiring dengan berjalannya waktu.

Apa Yang Anda Pelajari ?


Anda akan belajar mengenal produk dan bagaimana proses pembuatan produk mulai dari awal hingga akhir beserta kegiatan-kegiatan yang diperlukan dalam membuat produk yang baik. Selain itu, anda juga akan belajar memahami peran sebagai seorang manajer produk dan kompentensi yang dibutuhkan, sebagai langkah awal untuk mempersiapkan diri ketika Anda berkeinginan untuk berkecimpung dalam bidang manajemen Produk.

Strategi-strategi pembuatan dan pengembangan produk juga dibahas, mulai dari melakukan user research, pembuatan MVP hingga pengembangan product roadmap.

Materi E-Learning Manajemen Produk adalah sebagai berikut :

  • Materi 1 : Apa itu Produk ?
  • Materi 2 : Overview Manajemen Produk
  • Materi 3 : Peran dan Kompetensi Manajer Produk
  • Materi 4 : Customer Research
  • Materi 5 : Conducting Customer Research
  • Materi 6 : Minimum Viable Product
  • Materi 7 : Product Roadmap
  • Materi 8 : Ukuran Kesuksesan Produk

Apa Yang Dilakukan ?

Dalam proses pembelajaran berbasis daring ini, Anda harus mempelajari materi-materi yang telah disediakan. Anda juga dapat melakukan tanya jawab dan berdiskusi bersama seluruh peserta E-learning.

Anda dapat memilih apakah ingin mendapatkan sertifikat atau hanya sekedar belajar mandiri. Untuk mendapatkan sertifikat, Anda diwajibkan untuk mengerjakan tugas-tugas yang diberikan dan membuat proyek pembuatan produk secara mandiri atau berkelompok.

Proses Pendaftaran


Pendaftaran untuk dapat mengikuti program ini adalah dengan mendaftar terlebih dahulu sebagai member Dictio. Setelah memiliki akun, maka peserta menekan tombol Daftar dibawah ini dan mengisi informasi secara lengkap.

image

2 Likes