Mana Yang Menjadi Kesukaan Kalian di antara K-Drama, J-Drama, T-Drama, Thai-Drama, dan C-Drama?

Tentu sebagian besar dari kita memiliki hobi nonton drama. Banyak sekali pilihan drama dari berbagai genre yang dapat di tonton ketika waktu senggang. Nah salah satu drama yang populer di kalangan anak muda zaman sekarang adalah drama - drama dari wilayah Asia Timur yang banyak digandrungi saat ini karena ceritanya yang bervariasi dan menarik serta pemain - pemain dramanya yang sangat atraktif dan akting mereka sangat enak untuk dilihat. Empat yang paling sering ditonton adalah K-Drama, J-Drama, C-Drama, Thai Drama, dan T-Drama. Kelimanya walaupun sekilas tampak sama, tetapi memiliki karakteristik yang berbeda - beda.

K-Drama adalah drama - drama yang berasal dari Korea Selatan, J-Drama adalah drama - drama yang berasal dari Jepang, C-Drama adalah drama yang berasal dari China, Thai Drama adala drama yang berasal dari Thailand , dan T-Drama adalah drama - drama yang berasal dari Taiwan (China Taipei). Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya kelimanya memiliki karakteristik yang berbeda - beda.

Misalnya saja perbedaan di antara K-Drama dan J-Drama sendiri saja sudah sangat tajam. K-Drama cenderung memiliki durasi yang sangat panjang setiap episodenya dengan rataan mencapai 48 menit hingga 1 jam, sementara J-Drama memiliki durasi yang lebih pendek dengan durasi berkisar antara 25 sampai 40 menit untuk setiap episodenya.

Itu baru dalam hal durasi, belum lagi dalam hal genre dan yang lainnya. K-Drama cenderung memiliki genre romance yang dipadukan dengan genre - genre lainnya seperti action, thriller, dan lain sebagainya, J-Drama cenderung lebih banyak mengadaptasi manga atau anime untuk dijadikan live action drama dan juga terkenal dengan genre crime/mysterydetective sbagai ciri khasnya, sementara C-Drama, Thai Drama, dan T-Drama cenderung lebih mengendepankan genre romance dan sejarah.

Nah manakah yang di antara kelima jenis drama di atas yang menjadi favorit youdics sekalian dan apa alasannya ?

Lalu, judul drama apa sajakah yang menjadi favorit kalian dan kalian rekomendasikan untuk di tonton ?

Aku merupakan salah satu penonton k-drama, c-drama, dan thai series secara sekaligus. Untuk membandingkan mana yang lebih baik, jujur aku tidak bisa membandingkannya karena sepanjang pengamatanku setiap menontonnya sebenarnya ada kelebihan dan ciri khas yang mereka miliki walaupun aku menonton k-drama juga masih baru-baru ini dan begitu jarang menonton c-drama. Namun, yang menjadi favoritku belakangan ini adalah k-drama, bila aku buat peringkat berdasarkan kesukaanku urutan yang paling aku suka yaitu k-drama, thai series, dan c-drama. Ada beberapa rekomendasi yang akan aku berikan kepada kalian yaitu

  • k-drama:
  1. Vincenzo
  2. Start up
  3. Hospital playlist
  4. Boys over flower
  5. Reply 88, 94, 97
  6. Hometown chachacha
  7. Nevertheless
  8. School 2013, 2015, 2017
  9. Itaewon class
  10. Waikiki 1, 2
  • thai series
  1. The gifted graduation
  2. The gifted
  3. Blacklist
  4. Who are you
  5. Im tee me too
  6. Secret seven
  7. My dear loser 1
  8. Youniverse
  9. Love beyond frontier
  10. Wolf
  • C-drama
  1. Master devile dont kiss me
  2. Crush

Kalau aku pribadi, lebih tertarik untuk menonton K-drama karena pilihan genranya seru-seru, kualitas cerita dan gambar yang mendukung, disamping itu saat menonton K-drama sudah tidak asing lagi untuk melihat wajah-wajahnya, karena biasanya cukup sulit untuk membedakan setiap wajah para pemain orang Asia Timur.

Dari banyaknya drama yang sudah aku tonton, yang paling aku rekomendasikan ialah Replay 1988 dan Mr.Sunshine. Dan ada satu drama Jepang yang aku suka yaitu Itazura Na Kiss (Love in Tokyo).

Kalau aku sendiri lebih suka thai drama/series. Dulu pas SMP awalnya iseng saja nonton Hormones, karena juga lumayan hits pada waktu itu. Eh keterusan sampai sekarang suka ngepoin dan nonton thai drama/series. Aku ingin merikomendasikan kepada kalian beberapa thai drama/series yang pernah kutonton dan menjadi favoritku, di antaranya:

  • In Family We Trust
  • Bad Genius the Series
  • A Gift To the People You Hate
  • Hormones the Series ( 1, 2, 3)
  • Who Are You
  • The Gifted
  • The Gifted: Graduation
  • Fleet of Time
  • Ugly Duckling the Series
  • Girl Next Room the Series
  • Love Song Love Series
  • Project S the Series
  • My Ambulance
  • 46 Days
  • The Comments
  • Girl 2K

Untuk drama yang menjadi kesukaan diantara kelima pilihan tersebut, saya menyukai semuanya . Kelima film yang biasa ditonton dan menjadi khususnya drama bergendre romance. Untuk film saya merekomendasikan:
K-Drama
1.Boys Before Flower
2. True Beauty
3. to the beautiful you
4. City Hunter
5. Extraordinary You
6. The Legend of The Blue Sea
7. Desendent of The Sun
8. Crash on Landing You
9. Goblin
10. Strong Women Do Bong Soon

J-Drama

  1. Hana Kimi Gayo
  2. Hana Yori Dango
  3. Coffe and Vanilla
  4. Kurosaki Kun No Linari Nante Naranai
  5. Orange Day
  6. L DK
  7. Death Note
  8. Hirunaka No Ryuusei
  9. Ani Ni Aisaresugesi
  10. Unmasked Noise

T-Drama

  1. Meteor Garden
  2. The Prince Turns Into a Frog
  3. Romantic Princess
  4. You Are theThe Apple of My Eye
  5. Fated to Love You
  6. Silence
  7. Our Times
  8. Hanazarkarino Kimitachhe The X-Family
  9. Basketball Fire
  10. Brown Sugar Macchiato

Thai-Drama

  1. The Gifted
  2. Girl From Nowhere
  3. Princess Hours
  4. Hormones
  5. Girl Next Room
  6. ATM Errak Error
  7. Bad Genius
  8. Friend Zone
  9. A Little Thing Called Love
  10. Blacklist

C-Drama

  1. Cruch
  2. Unforgettable Love
  3. Perfect and Casual
  4. Go Ahead
  5. Count Your Lucky Stars
  6. Put Your Head on My Shoulder
  7. My Amazing Boyfriend
  8. I Can not Hug You
  9. The Eternal Love
  10. Lucky’s First Love

2021-09-29T00:54:00Z
KK Sosmed Podcast - Elisabeth Maranatha

Kalau saya pribadi lebih memilih J-Drama karena satu seasonnya biasanya terdiri dari sepuluh episode dengan durasi 20 - 40 menit. J-Drama juga banyak memasukkan unsur budaya, makanan, hingga tradisi dalam setiap genrenya sehingga ini menjadi salah satu daya tarik untuk saya.

Berikut beberapa rekomendasi saya untuk J-Drama:

  1. Unnatural
  2. 3 Nen A Gumi: Ima Kara Mina-san Wa, Hitojichi Desu
  3. Koi Wa Tsuzuku Yo Doko Made Mo
  4. Ouroboros
  5. Hakozume: Tatakau! Koban Joshi
  6. Alice in Borderland
  7. Marry Me!
  8. Kono Koi Atatamemasu ka

Saya sendiri merupakan penonton drama Korea sejak lama. Mungkin bagi sebagian orang, K-Drama agak sedikit cringey dan menggelikan untuk ditonton, namun jika kita mau explore genre-genre K-Drama, ada banyak drama yang sangat worth untuk ditonton. Terlebih, drama-drama Korea yang rilis diatas tahun 2019 semakin menunjukkan kualitas sinematografi yang tidak kalah dengan garapan Hollywood, plot cerita yang unik dan menginspirasi, pemain yang memiliki kualitas acting yang mumpuni serta soundtrack yang juga bagus.

Berikut beberapa rekomendasi K-Drama dari saya yang bisa ditonton:

  1. 18 Again
  2. Vincenzo
  3. Mystic Pop-Up Bar
  4. Birthcare Center
  5. Blue Birthday
  6. Itaewon Class
  7. Lovestruck in the City
  8. Welcome to Waikiki
  9. Her Private Live
  10. Nevertheless

Aku lebih terbiasa menonton K-drama dibandingkan yang lainnya, dan aku cukup menikmati K-drama yang bergenre saeguk (berlatar belakang kerajaan/sejarah), juga K-drama yang dibumbui genre comedy didalamnya, tapi ada juga yang bergenre lain yang menarik perhatianku.

K-drama yang aku rekomendasikan, ada:

  1. Playful Kiss
  2. Goblin
  3. Scholar Who Walks the Night
  4. Scarlet Heart Ryeo
  5. The K2
  6. Oh My Lady
  7. Extraordinary You
  8. Weightlifting Fairy
  9. Bride of Habaek
  10. Cinderella and the Four Knights
  11. True Beauty
  12. The Heirs
  13. Mr. Queen

Wah seru sekali melihat rekomendasi dari teman-teman disini! Aku mau berterima kasih dulu untuk rekomendasinya dan akan masuk ke to-watch-list ku hehe. Kalau aku sendiri, lebih seringnya menonton kdrama, hanya saja beberapa tahun terakhir sedang in to thai drama, seperti The Gifted dan Blacklist. Untuk J-drama dan C-drama aku belum pernah benar-benar menonton dari keduanya.

Untuk K-drama, aku rasa didominasi oleh cerita beralur yang kompleks dengan disertai pengembangan karakternya. Namun, Thai drama, dari yang saya amati, pembawaannya cenderung lebih santai, meskipun dengan konsep cerita yang menegangkan, hanya saja hal tersebut seolah-olah dibuat seminimalis mungkin. Mungkin hal tersebut yang menyebabkan kebanyakan series Thai drama berdurasi sekitar 20-40 menit tiap episodenya. Oh iya, Thai drama cenderung membagi lagi tiap episodenya menjadi 4 part sehingga cukup membuang waktu hehe.

Untuk rekomendasi, saya akan merekomendasikan Kdrama yang berhasil membuat saya cukup terpaku, yaitu Children of Lesser God. Bagi teman-teman yang menyukai genre thriller, mysteri, dan supranatural, drama ini bisa jadi pilihan loh!

Saya pecinta K-Drama, mereka sangat candu untuk dinikmati, kalo untuk rekomendasi sepertinya sudah banyak dituliskan oleh teman-teman yang diatas. selain Kdrama saya juga terkadang nonton Cdrama untuk menyelingi.saya menyukai kdaram karena menurut saya selain menampilkan visual yang sangat bagus, kdrama memiliki alur cerita yang bagus, plot twist yang membagongkan dan dari kdrama banyak pelajaran yang dapat diambil jadi selain menjadi hiburan kdrama juga bisa sebagai alat untuk mengetahui suatu hal yang baru.

Yang pernah saya tonton baru C-Drama dan K-Drama, C-Drama kebanyakan dramanya tentang bela diri dan latarnya diambil pada jaman sejarah di mana Seni bela diri dan pendekar mungkin sangat terkenal dan berkembang pesat pada masa itu. Ceritanya juga memiliki paduan dengan mitologi ataupun fantasy. Untuk K-Drama saya paling sering menontonnya pada ssaat ini, Menurut saya K-Drama lebih menarik karena semua dramanya memiliki berbagai Genre, alur cerita dan pemfokusan profesi yang berbeda-beda contohnya Drama Kedokteran, Tentara, Polisi, Jaksa, Pengacara, Hakim, Pelajar, Entertaiment, Reporter dan profesi lainnya, tidak hanya menampilkan dari segi romance namun juga memiliki nilai yang lain.

Untuk K-Drama yang saya suka diantaranya adalah : Start-up, Hospital playlist, Mr. Sunshine, Vagabond, Sisyphus the myth, Healer, dan masih banyak lagi. sebenarnya saya lebih suka ke drama yang memiliki genre Action