Mana yang lebih utama, membaca shalawat atau membaca Asmaul Husna?

Asmaa'ul husna

Salawat adalah bentuk jamak dari kata salat yang berarti doa atau seruan kepada Allah.

Asmaa’ul husna adalah nama-nama Allah yang indah dan baik. Asma berarti nama dan husna berarti yang baik atau yang indah, jadi asma’ul husna adalah nama nama milik Allah yang baik lagi indah.

Shalawat dan Asmaul Husna, mana yang utama diantara keduannya?

Membaca shalawat untuk Rasulullah. Sedangkan membaca asma’ul husna atau berdzikir untuk mengingat Allah. Sudah barangtentu mengingat Allah lebih besar keutamaannya dari pada bershalawat.

Bacalah apa yang telah diwahyukan kepadamu, yaitu Al-Kitab (al-Qur’an) dan dirikanlah shalat. Sesungguhnya shalat itu mencegah dari (perbuatan-perbuatan) keji dan mungkar.Dan sesungguhnya mengingat Allah adalah lebih besar (keutamaannya dari ibadat-ibadat yang lain). Dan Allah mengetahui apa yang kamu kerjakan. (QS. 29:45)

Dari ayat tersebut mengingat Allah atau berdzikir lebih utama dari ibadah-ibadah lainnya.

Hai orang-orang yang beriman, berzikirlah (dengan menyebut nama) Allah, zikir yang sebanyak-banyaknya. (QS. 33:41)

(yaitu) orang-orang yang mengingat Allah sambil berdiri atau duduk atau dalam keadaan berbaring dan mereka memikirkan tentang penciptaan langit dan bumi (seraya berkata):"Ya Tuhan kami, tiadalah Engkau menciptakan ini dengan sia-sia Maha Suci Engkau, maka peliharalah kami dari siksa neraka. (QS. 3:191)

(yaitu) orang-orang yang beriman dan hati mereka menjadi tenteram dengan mengingat Allah.Ingatlah, hanya dengan mengingati Allah-lah hati menjadi tenteram. (QS. 13:28)

Allah telah menurunkan perkataan yang paling baik (yaitu) al-Qur’an yang serupa (mutu ayat-ayatnya) lagi berulang-ulang, gemetar karenanya kulit orang-orang yang takut kepada Tuhannya, kemudian menjadi tenang kulit dan hati mereka diwaktu mengingat Allah.Itulah petunjuk Allah, dengan kitab itu Dia menunjuki siapa yang dikehendaki-Nya.Dan barangsiapa yang disesatkan Allah, maka tidak ada seorangpun pemberi petunjuk baginya. (QS. 39:23)

Maka apakah orang-orang yang dibukakan Allah hatinya (untuk) menerima agama Islam lalu ia mendapat cahaya dari Tuhannya (sama dengan orang yang membatu hatinya) Maka kecelakaan yang besarlah bagi mereka yang membatu hatinya untuk mengingat Allah.Mereka itu dalam kesesatan yang nyata. (QS. 39:22)

Belumkah datang waktunya bagi orang-orang yang beriman, untuk tunduk hati mereka mengingat Allah dan kepada kebenaran yang telah turun (kepada mereka), dan janganlah mereka seperti orang-orang yang sebelumnya telah diturnkan Al-Kitab kepadanya, kemudian berlalulah masa yang panjang atas mereka lalu hati mereka menjadi keras.Dan kebanyakan di antara mereka adalah orang-orang yang fasik. (QS. 57:16)

Hai orang-orang yang beriman, janganlah harta-hartamu dan anak-anakmu melalaikan kamu dari mengingat Allah. Barangsiapa yang membuat demikian maka mereka itulah orang-orang yang rugi. (QS. 63:9)

Hanya milik Allah asma-ul husna, maka bermohonlah kepada-Nya dengan menyebut asma-ul husna itu dan tinggalakanlah orang-orang yang menyimpang dari kebenaran dalam (menyebut) nama-nama-Nya. Nanti mereka akan mendapat balasan terhadap apa yang telah mereka kerjakan. (QS. 7:180)

Sedangkan ayat untuk bershalawat kepada nabi cuma satu yaitu:

Sesungguhnya Allah dan malaikat-malaikat-Nya bershalawat untuk Nabi. Hai orang-orang yang beriman, bershalawatlah kamu untuk Nabi dan ucapkanlah salam penghormatan kepadanya. (QS. 33:56)

Rasul adalah ciptaan dan utusan Allah, sudah barangtentu kedudukan Allah lebih tinggi dari Rasul, oleh karenanya berdzikir lebih utama daripada bershalawat.

Mengapa harus membandingkan antara sholawat dan zikir asmaul husna ? Seakan-akan salah satu hal lebih utama dibandingkan dengan hal yang lainnya.

Secara manfaat sudah jelas bahwa terdapat perbedaan antara Asmaul husna dan shalawat. Dengan berdzikir asmaul husna kita senantiasa mengingat kebesaran Allah swt dan dengan bersholawat kita senantiasa mengingat akan kasih sayang Nabi Muhammad saw kepada umat-Nya. Mengingat Nabi Muhammad, secara otomatis juga mengingat Allah swt (dzikir), karena bagaimanapun Nabi Muhammad diutus Allah swt menyebarkan agama Islam karena kasih sayang Allah terhadap makhluknya.

Kalau menurut saya, tidak ada yang lebih utama, karena keduanya sama-sama utama. Mungkin bisa dianalogikan dengan pertanyaan, mana yang lebih utama, makan atau minum ?