Mana yang lebih baik, kamera bagus tetapi lensa jelek atau kamera jelek tetapi lensa bagus?

kamera dan lensa

Kamera digital melalui teknologi sensor dan processor mengendalikan warna, kontras (dynamic range), dan noise di ISO tinggi. Selain itu, semakin bagus kameranya, kinerja kamera semakin cepat baik dalam hal pengoperasian dan autofokus. Sedangkan lensa menentukan aperture/bukaan yang bisa digunakan, ketajaman, bokeh (kehalusan bagian yang tidak fokus), detail halus yang bisa ditangkap, ketahanan terhadap flare/suar saat lensa menghadap sumber cahaya langsung, warna, distorsi, chromatic abberation (CA), dan vinyet.

Lantas lebih baik memilih kamera bagus lensa jelek atau kamera jelek lensa bagus ?

Di era fotografi digital, baik kamera maupun lensa berperan penting dalam menentukan kualitas gambar. Kamera digital melalui teknologi sensor dan processor mengendalikan warna, kontras (dynamic range), dan noise di ISO tinggi. Selain itu, semakin bagus kameranya, kinerja kamera semakin cepat baik dalam hal pengoperasian dan autofokus.

Sedangkan lensa menentukan aperture/bukaan yang bisa digunakan, ketajaman, bokeh (kehalusan bagian yang tidak fokus), detail halus yang bisa ditangkap, ketahanan terhadap flare/suar saat lensa menghadap sumber cahaya langsung, warna, distorsi, chromatic abberation (CA), dan vinyet.

Jenis fotografi juga menentukan perbedaan kualitas antara keduanya, jika memotret dengan cahaya yang terkendali seperti di dalam studio, atau cahaya yang cukup, kamera pemula dengan lensa basic yang murah sudah sangat baik. Sebaliknya, jika memotret di pencahayaan yang terlalu kontras, gelap, atau perlu memotret berturut-turut dengan cepat, maka kamera yang lebih baik lebih bagus.

Kesimpulannya, kamera dan lensa sama-sama penting, tapi jika harus memilih, saya akan memprioritaskan lensa yang bagus terlebih dahulu. Lagian dari aspek ekonomi, harga kamera biasanya turun cukup cepat seiring waktu berjalan, sedangkan lensa harganya turunnya tidak secepat kamera, cenderung stabil, dan kadang bisa naik menuruti inflasi dan kurs.