© Dictio 2017 - 2019, Inc. All Rights Reserved. Terms of Use | About Us | Privacy Policy


Mana yang lebih bagus untuk kesehatan, Makan Buah Jeruk, Jeruk Peras, atau Jus Jeruk?

Jeruk

Banyak cara untuk dapat menikmati buah jeruk, yaitu dimakan segar, diperas atau dibuat jus. Manakah yang lebih sehat ?

Cara terbaik untuk mendapatkan nutrisi dari jeruk adalah dengan langsung mengkonsumsinya sebagai buah segar. Pakar kesehatan memang menganjurkan kita untuk mengonsumsi lima sampai sembilan porsi buah segar dalam sehari. Waktu terbaik untuk mengonsumsi buah segar, termasuk jeruk adalah saat perut dalam keadaan kosong atau 20 menit sebelum makan.

Urutan kedua ditempati oleh jeruk peras. Mengonsumsi jeruk peras tidak jauh berbeda kandungan nutrisinya jika dibandingkan dengan jeruk segar. Sari buah yang didapat dengan cara memeras buah masih berkualitas baik sehingga asupan yang masuk ke tubuh pun cukup.

Peringkat ketiga diduduki oleh jus jeruk. Mengapa?

Ternyata, juicer atau peralatan untuk membuat jus jeruk dapat mengoksidasi kandungan nutrisi sehingga jumlahnya menurun. Hal ini tidak terjadi pada alat pemeras buah karena dilakukan secara perlahan-lahan.

Pada saat membuat jeruk peras maupun jus jeruk, sebaiknya jangan terlalu banyak menambahkan air dan gula agar nutrisinya tetap terjaga. Ingat, jumlah air tidak boleh lebih banyak dari sari buah.

Sumber : http://bobo.grid.id/Sains/Iptek/Mana-Yang-Lebih-Sehat-Makan-Buah-Jeruk-Jeruk-Peras-Atau-Jus-Jeruk