Malas sikat gigi bisa bikin pikun, benarkah?

download

Menyikat gigi bukan hanya rutinitas saja, tetapi membersihkan area sekitar mulut termasuk gigi jadi satu kewajiban rutin yang harus Anda lakukan. Namun, sayangnya masih ada yang malas menyikat gigi, ini dikhawatirkan untuk kesehatan gigi, lalu benarkah malas sikat gigi bisa membuat kita mudah pikun?

Penelitian dari Journal of American Dental Association yang dilakukan selama 18 tahun dan melibatkan lebih dari 5.400 partisipan ini menyebutkan, kalau mereka yang malas menyikat giginya ternyata akan lebih beresiko tinggi terkena demensia. Walaupun demensia akan berkembang seiring dengan bertambahnya usia, namun kalau di umur dini pun Anda malas menyikat gigi, maka di saat Anda berusia lanjut akan lebih mudah lupa atau pikun.

Pakar kesehatan menjelasnya lebih detail mengenai membersihkan mulut dengan demensia. Dimana mulut merupakan salah satu gerbang utama bagi banyak makanan dan benda, termasuk kuman serta bakteri untuk masuk ke dalam tubuh kita. Kalau kamu termasuk salah satu orang yang malas membersihkan gigi, maka area mulut bisa menjadi tempat yang “nyaman” bagi kuman dan bakteri untuk berkembang. Bakteri yang bersarang di mulut akan mudah masuk di saat pendarahan atau gusi Anda berdarah, dengan mudah bakteri dan kuman-kuman tersebut bisa memasuki aliran darah dan menyebar ke berbagai organ tubuh termasuk otak. Maka, karena tidak merawat kebersihan mulut, gigi dan gusi inilah yang menyebabkan bakteri menyebar dan bisa memicu kelainan otak atau menyebabkan demensia dan akan membuat hari tua Anda lebih mudah kehilangan gigi atau masalah gigi ompong.