Maksimalkan Bakat

Jika kamu hebat dalam melakukan sesuatu, jangan pernah melakukannya secara cuma-cuma

Inspirasi bisa datang dari mana saja, bisa dari orang baik, bisa dari tokoh jahat. Jika bisa memaknainya dengan tepat, ucapan dari tokoh jahat juga bisa jadi inspirasi positif.

Kata simple tapi keren dari Joker ini buktinya. Jangan sia-siakan bakat, gunakan bakat terbaik untuk meraih sesuatu.

5 Cara Ampuh Memaksimalkan Potensi Diri Sendiri

1. Cobalah Hal Baru

Langkah pertama untuk memaksimalkan potensi diri adalah dengan mencoba hal baru. Jangan pernah takut untuk gagal dalam mencoba hal baru adalah kunci untuk ini. Cobalah suatu hal baru yang belum pernah Anda pelajari sebelumnya.

Pelajari itu dengan tekun dan kuasai sampai Anda menjadi mahir. Apakah ada sesuatu yang selalu ingin Anda coba, tapi tidak pernah ada waktunya? Bisa jadi sesuatu yang berjiwa petualang, seperti scuba diving atau skydiving.

Atau mungkin Anda selalu ingin memanfaatkan sisi artistik Anda dan belajar melukis dengan cat air atau mengambil kelas fotografi.

Apa pun itu, cobalah meluangkan waktu untuk mengeksplorasi aktivitas, keterampilan, atau keahlian baru yang diinginkan.

Berikan diri Anda sedikit kejutan dengan mendorong diri sendiri berada di luar zona kenyamanan. Melakukan hal itu akan memberi dorongan inovatif bagi Anda.

Ditambah lagi, Anda juga akan menemukan sesuatu yang baru tentang diri Anda – mungkin bakat tersembunyi atau kemampuan untuk mempelajari sesuatu yang tidak pernah diduga sebelumnya.

Seiring dengan mencoba hal baru, ingatlah juga untuk memberi diri Anda waktu bersenang-senang, rileks dan menghilangkan stres yang ada.

Waktu-waktu ini akan memberi otak Anda kesempatan untuk mengisi ulang dan menjadi terbuka terhadap pengalaman baru.

Mengisi semua waktu Anda dengan pekerjaan, tugas dan kewajiban akan membuat Anda merasa kelelahan secara mental dan fisik. Lakukan work life balance dengan baik.

2. Mengejar Impian Anda

Apakah ada hal yang Anda inginkan lebih dari apapun? Apa sesungguhnya tujuan Anda dalam hidup? Inilah beberapa pertanyaan penting yang harus diajukan pada diri sendiri untuk membuka kunci akan siapa diri Anda.

Mengejar impian Anda akan memberi tekad untuk melihat tujuan Anda, yang kemudian akan memicu kreativitas dan inspirasi.

Di samping itu, Anda juga akan melakukan sesuatu yang bukan hanya pekerjaan semata, tapi juga mampu memberikan Anda kebahagiaan karena telah melakukannya.

Bagi banyak orang, bagian tersulit adalah mengidentifikasi tujuan yang ingin dikejar. Anda mungkin perlu mencari kesempatan yang berbeda untuk melihat apa yang ada dan apa yang tidak.

Anda mungkin ingin fokus pada masalah yang ingin Anda selesaikan atau masalah yang Anda sukai. Ingat, tujuan dan ambisi dapat berubah seiring berjalannya waktu – dan tentunya ini tidak apa-apa!

Satu-satunya peraturan yang harus Anda perhatikan adalah bahwa impian Anda harus datang dari dalam diri Anda – mereka seharusnya tidak menjadi cerminan dari apa yang orang lain inginkan untuk Anda atau apa yang Anda pikir seharusnya Anda lakukan.

Jika Anda mengejar sesuatu semata-mata demi penghasilan yang bagus, atau untuk memenuhi harapan orang lain, Anda akan gagal.

3. Sempurnakan Motivasi Anda

Kita semua pastinya memiliki masa-masa down dalam kehidupan. Hari-hari ketika otak kita tidak akan berjalan, dan kita lebih suka melakukan hal apapun selain bekerja.

Tapi meski berada dalam masa ini, Anda harus menemukan cara untuk terus bergerak maju. Ingat, kemajuan bersifat jangka panjang.

Anda harus menemukan cara untuk menjaga semangat, dan terus memelihara keinginan yang dalam untuk berusaha mencapainya.

Jagalah motivasi Anda agar tidak turun dengan meluangkan waktu setiap hari untuk menyalakan kembali semangat itu.

Baca blog dan buku atau dengarkan pembicaraan atau podcast TED terhadap topik-topik yang menarik minat Anda. Tuliskan tujuan Anda dan taruh itu disuatu tempat yang akan Anda lihat setiap harinya.

Simpan buku catatan dan catat gagasan saat sesuatu Anda mendapatkan suatu ilham. Bila Anda merasa membutuhkan dorongan, luangkan waktu untuk melihat kembali impian yang telah Anda buat.

4. Ciptakan Kebiasaan Baik

Manusia secara alami adalah makhluk kebiasaan. Setiap kebiasaan akan tertanam dalam benak Anda, apakah itu kebiasaan baik yang telah Anda tanamkan, atau kebiasaan buruk yang akan membuat Anda kehilangan tujuan.
Kebiasaan baik yang diciptakan akan membuat Anda terus maju saat Anda lebih suka mengendur.

Mengembangkan kebiasaan mungkin akan membutuhkan waktu dan pengulangan, namun Anda tetap harus menciptakannya.

Tujuannya adalah untuk membuat perubahan drastis pada gaya hidup Anda yang akhirnya menjadi cara hidup. Ingat bahwa kebiasaan kecil sekalipun bisa memiliki efek kumulatif yang kuat.

Misalnya, jika Anda memiliki tujuan untuk menulis buku, kembangkan kebiasaan duduk dan menulis setiap hari, bahkan jika itu hanya selama 30 menit.

Demikian pula, jika Anda ingin memiliki kesehatan yang lebih baik, mulailah berolahraga 20 menit sehari dan kerjakan dengan cara Anda.

5. Fokus Pada Perawatan Diri

Jika Anda ingin memberikan kinerja terbaik yang dimiliki, Anda harus memasukkan perawatan diri ke dalam rutinitas harian Anda. Apakah Anda makan makanan bergizi dan memiliki jam tidur yang cukup? Jangan lupa bahwa kesehatan mental Anda juga perlu dipupuk. Luangkan waktu untuk bermeditasi dan fokus pada hal-hal yang Anda syukuri.

Meluangkan waktu untuk mengisi kembali pikiran dan jiwa Anda sangat penting untuk mempertahankan kesehatan mental dan memberi Anda rasa kesejahteraan. Dan itu adalah kunci untuk menjadi diri terbaik Anda, sekarang dan dalam jangka panjang.

6. Selalu Menjadi Seseorang yang Open Minded

Di saat Anda telah berhasil untuk selalu menjadi diri terbaik Anda setiap harinya, maka kreatifitas dan inovasi bisnis dapat mulai berkembang dengan sendirinya.Di saat usia muda, tentunya akan banyak sekali target yang Anda miliki, misalnya untuk membeli rumah, kendaraan, biaya pernikahan, biaya pendidikan anak, dan sebagainya.

Target-target tersebut yang kemudian membuat Anda untuk menjadi diri terbaik Anda setiap harinya, agar lebih banyak peluang di masa depan yang akan datang menghampiri.

Semakin banyak peluang yang ada, semakin besar pula pendapatan Anda. Namun, tahukah Anda bahwa selain dengan bekerja keras, Anda dapat melakukan kerja pintar dengan menginvestasikan uang yang dimiliki

Sumber:

Kata-kata dari Joker ini ada benarnya. Ketika kita memiliki kemampuan untuk melakukan sesuatu, jangan memberikannya secara cuma-cuma. Bukannya tidak mau membantu orang lain. Namun lebih kepada agar orang menghargai usaha kita. Tidak hanya menghargai, tapi juga agar orang tidak memanfaatkan kebaikan kira. Ini bukan berarti buruk.

Jika Anda ingin keunggulan yang membuat perbedaan dalam kesuksesan pribadi Anda, Anda harus menggunakan motivasi untuk mendapatkan hasil maksimal dari bakat Anda. Berikut adalah beberapa tips praktis untuk memaksimalkan bakat Anda:

  • Ketahui apa yang Anda inginkan

Jika Anda tidak memiliki gagasan yang jelas tentang apa yang ingin Anda capai, Anda tidak akan pernah sampai di sana. Orang yang mengeluh tentang kurang sukses, atau lebih sering, kesuksesan “tidak alami” orang lain, sering duduk-duduk, menunggu sesuatu jatuh di pangkuan mereka. Pemenang tahu apa yang ingin mereka capai dan mengatur langkah-langkah untuk mendapatkannya di sana. Dengan mengetahui apa yang Anda inginkan, Anda bisa menyesuaikan keinginan dengan bakat yang dimiliki, sehingga bisa berjalan dengan baik.

  • Rekam kemajuan Anda

Jangan menghapus daftar tugas Anda setiap kali Anda menandai tugas yang diselesaikan. Gunakan tanda centang itu untuk mengingatkan Anda tentang kemajuan yang telah Anda buat. Pada gilirannya, catatan tersebut dapat mendorong Anda untuk maju ke pencapaian baru.

  • Gunakan hadiah

Tidak ada yang seperti pengakuan untuk meningkatkan kepercayaan diri Anda dan memotivasi Anda untuk terus sukses. Ketika Anda menerima pengakuan, atau dihargai oleh orang lain, berpeganglah pada hal itu sebagai pengingat hal-hal yang telah Anda lakukan dengan baik. Jika proyek Anda saat ini tidak datang dengan hadiah eksternal, buat beberapa untuk Anda sendiri. Sebuah apresiasi diri adalah bentuk bahwa kita sangat mendukung usaha kita saat ini.

  • Tantang diri Anda

Jangan puas hanya mengulangi kesuksesan tahun lalu. Atlet tidak membatasi diri untuk memenangkan kejuaraan, tetapi terus-menerus mencari cara untuk meningkatkan yang terbaik pribadi mereka. Baik itu menambah keterampilan saat ini atau menciptakan kembali diri Anda sepenuhnya, tantangan pribadi dapat memotivasi Anda.

  • Berpikir positif

Kekuatan berpikir positif mungkin tampak seperti klise, tetapi berhasil. William Hazlitt berkata, “Jika Anda pikir Anda bisa menang, Anda bisa menang. Iman diperlukan untuk kemenangan. " Pembicaraan diri sendiri yang negatif akan menghalangi keberhasilan Anda dalam memaksimalkan bakat. Kelilingi diri Anda dengan hal-hal yang akan membantu Anda berpikir positif.

  • Ingat alasannya

Ingatkan diri Anda tentang alasan dari usaha Anda saat ini. Mengapa Anda berusaha untuk berhasil dalam usaha: untuk mengembangkan bakat Anda. Semua ini adalah driver yang valid dan mengunjungi mereka dari waktu ke waktu akan memotivasi Anda untuk maju.