Makanan yang Bisa Membuat Kulit Semakin Berminyak

Kulit yang berminyak merupakan salah satu masalah wajah yang memang kadang bikin rasa percaya diri menurun. Selain perawatan kulit yang salah, ada juga penyebab lain yang bisa membuat kulit jadi mengkilap minyak. Memang ada beberapa makanan penyebab kulit berminyak. Makanan tersebut bisa mendorong produksi minyak di wajah. Apa saja jenis makanan penyebab kulit berminyak?

  1. Makanan Olahan Susu
    Produk olahan susu atau dairy products seperti susu, keju, yogurt, es krim, susu kental manis, susu bubuk, maupun susu kemasan kerap dianjurkan untuk dihindari dalam berbagai jenis diet. Hal ini tentu bukannya tanpa alasan, dong? Produk olahan susu mungkin kaya akan kalsium, namun mereka juga kaya akan kandungan hormon yang tinggi. Hal ini dapat menstimulasi kelenjar sebum untuk memproduksi minyak lebih banyak pada kulit. Sebagai alternatif untuk sumber kalsium yang lebih sehat, Anda dapat menggantikan susu dengan sayuran hijau seperti bayam, brokoli, atau kale. Oh iya, susu almond dan susu kedelai juga bisa menjadi pilihan, lho!

  2. Kafein
    Berapa kali nih Anda minum kopi maupun teh dalam seminggu? Baik dari pagi saat sampai di kantor, setelah makan siang, saat meeting, hingga saat bertemu dengan teman pada akhir pekan, sepertinya kopi maupun teh selalu menemari hari-hari Anda, ya! Namun, Anda harus berhat-hati, pasalnya konsumsi teh dan kopi yang merupakan minuman berkafein dapat membuat tubuh Anda kekurangan cairan. Sedangkan, saat tubuh dan kulit Anda kekurangan cairan, tubuh akan secara refleks mengonsumsi lebih banyak minyak. Untuk mengatasi hal ini, kurangi frekuensi konsumsi minuman berkafein dan pastikan Anda perbanyak konsumsi air putih setelahnya, ya!

  3. Refined Carbohydrate
    Refined carbohydrate atau makanan olahan yang kaya akan karbohidrat seperti nasi, sereal, roti, pasta, mi instan, junk food, hingga jus olahan ternyata juga akan membuat kulit Anda semakin berminyak, lho! Hal ini disebabkan oleh kadar gula tinggi yang kerap terkandung di dalamnya sehingga membuat kelenjar sebum meningkatkan produksi minyak di kulit. Padahal, kulit berminyak dapat menjadi sumber masalah kulit lainnya seperti komedo maupun jerawat. Jika sulit untuk menghindari jenis makanan yang satu ini, Anda bisa memulai dengan mengurangi asupannya terlebih dahulu.

  4. Terlalu Banyak Gula
    Jika Anda adalah penggemar berat makanan manis dan hampir setiap hari mengonsumsinya, jangan heran jika kulit Anda bermnyak. Sama seperti refined carbohydrate, mengonsumsi gula tentu akan berdampak pada kadar gula darah, yang akan memicu produksi insulin. Nah, ternyata, produksi insulin ini akan menyebabkan kelenjar sebum di dalam tubuh untuk memproduksi lebih banyak minyak. Jadi, jika ingin menghindari kulit berminyak, usahakan untuk menghindari kue, biskuit, es krim, minuman bersoda, maupun makanan-makanan manis lainnya, ya! Termasuk juga dessert kekinian yang kerap dihiasi berbagai topping. Sebagai gantinya, Anda dapat mengonsumsi buah-buahan manis yang tentunya jauh lebih sehat dan kaya akan vitamin.

  5. Makanan Pedas
    Waduh! Sepertinya makanan yang satu ini paling sulit untuk dihindari, ya! Tentu Anda sudah tahu dong kalau kekayaan kuliner nusantara lekat dengan yang namanya sambal. Memang sih, menyantap makanan pedas memiliki beberapa manfaat untuk kesehatan seperti mempercepat metabolisme atau meredakan gejala flu. Namun, sensasi pedas dari cabai dapat menimbulkan rasa panas pada tubuh, yang akan menstimulasi tubuh untuk memproduksi minyak. Namun, tidak perlu langsung dihindari, kok! Asalkan Anda tidak menyantap makanan pedas secara berlebihan dan terus menerus ya tidak apa-apa. Akan lebih baik juga jika Anda menyeimbangkan makanan pedas dengan sayur seperti timun yang kaya akan air untuk menyejukkan sekaligus menghidrasi tubuh.

Sumber:
https://journal.sociolla.com/beauty/makanan-penyebab-kulit-berminyak/