Makanan yang baik untuk menjaga kesehatan tubuh!


Makanan sehat sering dianggap tidak enak, padahal banyak jenis makanan sehat yang terasa lezat, namun kerap terlupakan. Mengonsumsi makanan sehat memiliki banyak manfaat, termasuk melindungi diri dari ancaman penyakit kronis.Konsumsi makanan sehat, tidak harus membatasi satu atau beberapa jenis makanan saja. Mengonsumsi berbagai jenis makanan, justru dapat memberikan nutrisi berbeda-beda sehingga mampu melengkapi gizi yang dibutuhkan tubuh. Apa saja makanan itu?

Makanan yang baik untuk tubuh
berikut beberapa jenis makanan sehat beserta minuman yang baik dan sangat direkomendasikan untuk Anda konsumsi, di antaranya adalah:

  1. Buah-buahan
    Beruntunglah kita yang tinggal di Indonesia karena buah-buahan yang mengandung banyak air seperti semangka, blewah, melon, pepaya, jeruk, mangga, sirsak dan sebagainya tidak sulit dijumpai dan hampir bisa ditemukan di sepanjang musim. Di samping kandungan vitamin dan mineralnya yang melimpah, buah-buahan yang mengandung banyak air dapat mencegah kita dari dehidrasi karena hilangnya cairan tubuh selama waktu berpuasa.

  2. Sayuran
    Berbagai macam sayuran seperti bayam, brokoli, wortel, kentang, kacang panjang, dan sebagainya sangat baik dikonsumsi selama menjalankan puasa. Kandungan serat baik yang banyak dikandung oleh sayuran tersebut dapat mencegah kita dari rasa lapar untuk sementara waktu serta untuk menjaga sistem pencernaan kita agar dapat senantiasa berfungsi dengan baik selama berpuasa. Namun, ternyata tidak semua sayuran direkomendasikan untuk dikonsumsi ketika berpuasa. Ada 3 jenis sayuran yang menurut para ahli sebaiknya dihindari untuk dikonsumsi terlalu banyak, yaitu sawi putih, kol dan kangkung, mengapa? Karena selama proses pencernaan oleh usus, kol dan sawi putih ternyata dapat menghasilkan gas di dalam perut sehingga dapat menyebabkan sakit perut karena kelebihan gas, sedangkan kangkung ditengarai karena kandungan kapurnya yang terlalu banyak, sehingga bagi para penderita asam urat kangkung bisa menjadi mimpi buruk mereka.

  3. Kacang-kacangan
    Makanan sumber protein ini bisa dijumpai dalam berbagai jenis kacang-kacangan. Fungsi lain dari kacang-kacangan adalah untuk mengatur regulasi gula darah, penyerapan kalsium, dan metabolisme lemak dan karbohidrat.

  4. Telur
    Telur banyak mengandung vitamin A dan D, sehingga sangat baik untuk mata dan kesehatan tulang kita. Konsumsilah telur dengan secukupnya untuk memastikan asupan vitamin bagi tubuh Anda tercukupi selama puasa.

  5. Daging
    Sumber protein berikutnya banyak dijumpai dalam daging, guna memenuhinya Anda sangat disarankan untuk banyak mengkonsumsi ikan dan mengurangi daging merah seperti daging sapi, kambing, kerbau, dan sebagainya.

  6. Yogurt
    Kandungan bakteri baik dalam yogurt sangat dibutuhkan oleh usus selama proses pencernaan makanan, oleh karena itu rutin mengkonsumsi yogurt ketika Anda berpuasa dapat menyehatkan sistem kerja usus Anda dan mampu menurunkan tekanan darah.

  7. Kurma
    Bagi umat Muslim, kurma selalu hadir menemani ketika menjelang bulan puasa Ramadhan. Kandungan vitamin dan mineral di dalam kurma yang begitu banyak sangat baik untuk mengembalikan dengan cepat tenaga yang terkuras selama berpuasa.

  8. Air putih
    Makanan sehat yang dikonsumsi tidak akan berfungsi dengan baik jika seseorang mengalami dehidrasi, oleh karena itu meminum air putih yang cukup akan mengembalikan cairan yang hilang selama puasa. Sebaiknya ketika Anda akan berbuka sedapat mungkin hindarilah meminum kopi, teh, atau minuman berkarbonasi karena itu tidak baik untuk sistem pencernaan Anda yang sedang kosong selama beberapa jam ketika Anda berpuasa.

  9. Jus buah
    Jus buah sudah tidak diragukan lagi bahwa kandungan vitaminnya sangat diperlukan oleh tubuh, namun sebaiknya kurangilah penggunaan gula pasir ke dalamnya agar kandungan gula di dalam darah Anda senantiasa terjaga pada batas normal yang diperlukan oleh tubuh.

  10. Air kelapa muda
    Air kelapa muda diketahui mengandung cairan elektrolit yang hampir menyerupai cairan elektrolit di dalam tubuh, oleh karena itu disamping air putih untuk melepas dahaga air kelapa muda juga sangat direkomendasikan untuk dikonsumsi selama menjalankan puasa.

Sumber : Makanan terbaik