Makanan apa yang cocok untuk Ikan Discus ?

Ikan Discus

Ikan Discus tergolong dalam Symphysodon, yang mana kini merangkumi tiga jenis spesies: Discus biasa (Symphysodon aequifasciatus), Discus Heckel (Symphysodon discus) dan spesies baru yang belum diberi nama yaitu Symphysodon tarzoo.

Makanan apa yang cocok untuk Ikan Discus ?

Di bawah ini rekomendasi makanan-makanan yang cocok diberikan kepada ikan discus, antara lain :

  1. Pelet
    Demi alasan kepraktisan, kami tetap menyarankan Anda untuk menggunakan pelet sebagai makanan utama ikan discus. Kalau bisa, pilihlah produk pelet yang telah diramu secara khusus untuk ikan discus. Pelet seperti ini biasanya mengandung zat karoten yang cukup tinggi guna mempertahankan kualitas warna dari ikan peliharaan Anda. Ingat bahwa kita sebenarnya memelihara ikan untuk menghilangkan pikiran yang stres, jadi jangan sampai pikiran kita menjadi stres gara-gara kerepotan mengurus ikan.

  2. Kutu Air
    Kutu air atau artemia merupakan salah satu pakan yang sangat bagus untuk makanan ikan hias pada umumnya. Hewan ini memiliki ukuran tubuh yang sangat kecil sehingga bagus dijadikan sebagai pakan awal, terutama untuk burayak yang sedang belajar mencari makanan sendiri. Kutu air mengandung protein yang cukup untuk mendukung pertumbuhan ikan discus. Pakan ini pun dipercaya dapat meningkatkan nafsu makan pada ikan.

  3. Cacing darah
    Cacing darah merupakan binatang sejenis yang mempunyai warna merah darah. Karena mengandung protein yang tinggi, ikan discus yang rutin memakan cacing darah biasanya akan tumbuh menjadi besar lebih cepat. Selain dijual dalam kondisi segar, Anda pun bisa membeli cacing darah dalam keadaan yang sudah dibekukan. Khasiat cacing darah lainnya bagi ikan discus yaitu mempertajam tingkat kecerahan warna di tubuhnya.

  4. Hati Sapi
    Rutin memberikan hati sapi kepada ikan discus dapat mengubah warna ikan yang tadinya kusam menjadi cerah dan tajam. Oleh karena itu, meskipun harga hati sapi lumayan mahal, para penghobi tidak segan-segan membelinya hanya untuk ikan discus yang dipelihara. Sebelum diberikan kepada ikan discus, hati sapi tersebut harus diblender terlebih dahulu agar ukurannya berubah menjadi lebih kecil dengan tekstur yang lebih lembut.