Makanan apa yang cocok saat burung jalak suren sedang mabung?

image

Pada saat burung mabung atau pada saat Jalak Suren berganti bulu, mereka biasanya membutuhkan energi dua kali lipat lebih banyak dibandingkan dengan hari-hari biasa. Oleh sebab itu, dibutuhkan makanan dalam jumlah yang banyak dan bergizi untuk melewati masa 3 minggu pergantian bulu. Jadi makanan apa yang cocok saat burung jalak suren sedang mabung ?

Pada saat burung mabung atau pada saat Jalak Suren berganti bulu, mereka biasanya membutuhkan energi dua kali lipat lebih banyak dibandingkan dengan hari-hari biasa. Oleh sebab itu, dibutuhkan makanan dalam jumlah yang banyak dan bergizi untuk melewati masa 3 minggu pergantian bulu.
Beberapa breeder menyarankan EF buatan sendiri seperti:

Bahan-bahan

  • Tepung tulang ikan bisa dibeli di toko pakan burung.
  • Tepung daging.
  • Tepung udang. Cara membuatnya adalah dengan mengeringkan udang terlebih dahulu menggunakan sinar matahari atau Oven kemudian di giling hingga halus.
  • Satu butir telur ayam atau telur bebek.
  • Voer untuk ayam.

Cara Pembuatan

  1. Campuran semua jenis tepung mulai dari tepung udang, tepung daging, tepung tulang kemudian tambahkan juga voer ayam secukupnya lalu aduk hingga rata.
  2. Setelah itu kocok 1 butir telur kemudian campurkan.
  3. Setelah dicampurkan dan diaduk hingga rata, kemudian pakan di jemur hingga mengering. Proses penjemuran bisa di bawah sinar matahari atau bisa juga dikeringkan dengan menggunakan oven.
  4. Setelah kering, kemudian pakan tersebut digoreng menggunakan api sedang dan berikan minyak sedikit agar tidak lengket di wajan.
  5. Setelah kering, kemudian diangkat dan ditempatkan di wadah yang tertutup.
  6. Makan ini cocok diberikan untuk burung Jalak Suren yang sedang mabung. Anda bisa memberikan pakan ini setiap satu hari sekali sebanyak 1 sdm (sendok makan).