Makanan apa saja yang harus di hindari saat sakit gigi?

Gigi sehat

Sakit gigi merupakan penyakit yang bisa datang kapan saja tanpa mengenal waktu. Selain disebabkan karena adanya kerusakan pada gigi seperti gigi berlubang (karies gigi), gigi goyang, peradangan gusi, gusi bengkak, dan lain sebagainya.

Berikut daftar makanan yang harus dihindari saat sakit gigi:

  1. Makanan dan Minuman yang Dingin
    Jika selama ini anda termasuk orang yang suka mengkonsumsi makanan atau minuman yang diambil langsung dari lemari pendingin. Maka sebaiknya hindari kebiasaan tersebut. Saat kerusakan gigi sudah anda alami dan beberapa kali sering menimbulkan rasa sakit, maka tingkat kesensitivan gigi akan semakin parah. Jika anda terus mengkonsumsi makanan atau minuman yang bersifat dingin. Maka tidak menutup kemungkinan jika rasa sakit akan terus anda alami dan membuat kerusakan gigi lebih parah lagi. Selain itu, makanan atau minuman yang dingin juga dapat menjadi penyebab gigi sensitif.

  2. Makanan dan Minuman yang Terlalu Panas
    Selain makanan dan minuman yang menjadi pantangan gigi sensitif, sifat dari makanan atau minuman yang terlalu panas pun ternyata juga dapat menimbulkan sakit gigi. Saat anda mengkonsumsi makanan atau minuman dalam keadaan panas, maka rasa ngilu pada gigi akan lebih cepat kambuh kembali. Jika tidak ingin merasakan sakit gigi, maka sebaiknya hindari pengkonsumsian makanan atau minuman yang masih dalam keadaan panas. Selain itu, makanan atau minuman yang panas juga dapat menyebabkan gigi hipersensitif semakin parah. Perhatikan juga makanan penyebab gigi ngilu.

  3. Makanan yang Asam
    Makanan yang bersifat asam sebaiknya juga dihindari bagi penderita sakit gigi. Biasanya makanan ini lebih banyak terkandung pada buah-buahan yang kaya akan vitamin C. Meskipun memiliki manfaat yang cukup baik untuk kesehatan tubuh. Namun, pengkonsumsian buah yang bersifat asam secara berlebih justru dapat menimbulkan masalah pada gigi. Dimana buah yang bersifat asam akan mengikis lapisan enamel gigi yang membuat gigi semakin rentan terhadap kerusakan. Selain itu, makanan ini juga dapat menyebabkan gigi berlubang berdarah besar yang semakin parah.

  4. Makanan yang Mengandung Cuka
    Makanan yang mengandung cuka, selain memiliki rasa asam ternyata juga kurang baik untuk para penderita gigi berlubang. Kandungan cuka cenderung membuat gusi menjadi bengkak dan menyebabkan rasa nyeri pada gigi. Sebaiknya hindari makanan yang mengandung cuka untuk meminimalisir terjadinya sakit gigi yang lebih parah lagi. Selain itu menjadi penyebab mulut terasa asam dan penyebab gigi hitam.

sumber: https://halogigi.com