Makanan apa saja yang dapat meningkatkan kesehatan mental ?


Dilansir doktersehat.com Menurut penemuan dari University of Otago, Selandia Baru, makan buah-buahan dan sayuran mentah dapat meningkatkan kesehatan mental. Produk mentah bisa lebih bermanfaat daripada makanan yang dimasak, kaleng, dan olahan. Benarkah demikian ? lalu apa sajakah makanan tersebut ?

  1. Wortel
    Mengonsumsi wortel akan meningkatkan kesehatan mental dan mengurangi tingkat stres Anda. Wortel kaya akan beta-karoten, merupakan antioksidan kuat, yang diubah menjadi vitamin A di dalam tubuh untuk membantu menjaga kesehatan kulit. Beta-karoten dalam wortel dikaitkan dengan kesehatan mental yang lebih baik. Ini memiliki efek positif dalam fungsi otak yang tepat. Terlepas dari ini, wortel kaya antioksidan yang melindungi sel-sel dari kerusakan radikal bebas, meningkatkan fungsi sistem kekebalan tubuh, menjaga kesehatan mata, dan mencegah risiko penyakit jantung.

  2. Pisang
    Pisang juga sangat baik untuk kesehatan mental karena buah berdaging putih ini menghasilkan bahan kimia yang meningkatkan kesehatan mental yang baik. Buah kaya kalium, yang membantu otak mengirim pesan. Buah ini mungkin merupakan makanan otak paling sempurna di dunia dengan memasok nutrisi yang penting untuk fungsi neurologis yang tepat. Pisang membantu otak dengan mengatur suasana hati dan nafsu makan sementara juga mendukung fungsi kognitif seperti fokus dan memori.

  3. Apel
    Kulit apel dan dagingnya diketahui dapat meningkatkan kesehatan mental yang baik. Jus apel mungkin memiliki manfaat potensial untuk penurunan mental yang berkaitan dengan usia. Ini membantu dalam mengurangi spesies oksigen reaktif berbahaya di jaringan otak dan meminimalkan penurunan mental. Apel juga dapat membantu melestarikan asetilkolin, neurotransmiter yang dapat menurun seiring bertambahnya usia, dan kadar asetilkolin yang rendah terkait dengan penyakit Alzheimer.

  4. Bayam
    Sayuran hijau gelap seperti bayam mengandung tinggi folat yang ramah otak. Bayam diketahui meningkatkan kemampuan mental dan memori jangka pendek. Kekurangan folat telah dikaitkan dengan tingkat depresi, kelelahan, dan insomnia yang lebih tinggi. Makan bayam rebus setiap hari akan membantu memproses informasi lebih cepat dan meningkatkan daya ingat Anda. Makan setidaknya secangkir bayam per hari.

  5. Grapefruit
    Grapefruit atau jeruk Bali adalah buah jeruk yang dikenal karena rasanya yang manis dan asam. Ini kaya nutrisi, dan antioksidan yang dikenal untuk meningkatkan kesehatan mental. Penelitian telah menemukan bahwa grapefruit juga merupakan sumber folat atau vitamin B9 yang baik, yang sangat penting untuk fungsi otak dan untuk produksi materi genetik seperti DNA dan RNA.

Sumber : Makanan peningkat mental