Makanan apa saja yang dapat membuat Tidur kita lebih nyenyak?

Kualitas tidur adalah kepuasan seseorang terhadap tidur, sehingga seseorang tersebut tidak merasa lelah, mudah terangsang dan gelisah, lesu dan apatis, kehitaman di sekitar mata, kelopak mata bengkak, konjungtiva merah, mata perih, perhatian terpecah-pecah, sakit kepala dan sering menguap atau mengantuk

Makanan apa saja yang dapat membuat Tidur kita lebih nyenyak ?

pixabay.com

Tidur merupakan kegiatan yang sangat penting untuk mengembalikan energi setelah pada siang hari melakukan berbagai macam aktivitas. Namun, ada pula yang mengalami gangguan tidur sehingga menurunkan kualitas tidur. Gangguan tersebut bisa jadi seperti insomnia dan terlalu sering atau sudah terbiasa bergadang. Selain itu, bagi seseorang yang sedang mengalami masalah atau galau juga dapat mengganggu tidur di malam hari. Sehingga tidur pun tidak nyenyak dan nyaman.

Untuk membuat tidur lebih nyenyak, berikut ini ada beberapa macam makanan dan minuman yang berguna sebagai pengantar tidur supaya dapat lebih nyenyak. Apa saja jenis makanan dan minuman yang dapat membuat tidur lebih nyenyak? Berikut ini jawabannya!

Keju

Keju merupakan salah satu produk olahan yang berbahan dari susu yang difermentasi. Sama halnya dengan susu, keju juga memiliki kandungan kalsium yang cukup tinggi. Sehingga membuat keju dapat menjadi pengantar tidur agar rileks dan nyenyak. Bagi yang tidak suka susu, keju merupakan salah satu alternatif pengganti. Apalagi dikonsumsi dengan roti atau gandum sebelum tidur. Selain itu, olahan susu lainnya seperti yogurt dan lemak susu juga dapat menjadi makanan pengantar tidur yang dapat dicoba.

Buah Ceri

Buah ceri merupakan salah satu jenis buah yang memiliki kandungan melatonin di dalamnya. Kandungan tersebut memiliki manfaat untuk membuat rileks saat tidur. Untuk mendapatkan manfaatnya, dapat dengan cara membuat jus ceri yang diminum satu jam sebelum tidur. Sehingga dapat meningkatkan kualitas tidur dan membuat tidur menjadi nyenyak.

Susu Hangat

Mengkonsumsi susu hangat sebelum tidur dapat membuat kualitas tidur menjadi lebih baik. Hal ini dikarenakan adanya kandungan kalsium yang dapat memproduksi melatonin dan membuat otot menjadi rileks. Selain itu, terdapat pula kandungan amino acid tryptophan yang dapat membantu merangsang hormon serotonin. Hormon tersebut berguna untuk membuat rasa nyaman dan rileks pada tubuh. Alhasil minum satu gelas susu hangat sebelum tidur dapat memperbaiki dan meningkatkan kualitas tidur supaya nyenyak.

Selada

Makan malam dengan selada sayur mungkin bisa membuat Anda tertidur lebih awal, karena selada mengandung lactucarium, yang bersifat menenangkan dan mempengaruhi otak seperti halnya opium.

Anda bisa coba resep dari Stealth Health ini: Rebus 3-4 daun selada besar dengan segelas segelas air selama 15 menit. Matikan api, lalu tambahkan 2 helai daun mint. Minum airnya sebelum tidur.

Ikan Tuna, Salmon, & Halibut

Ikan Salmon mengandung Omega-3 yang terbukti mengurangi hormon stres dan meningkatkan ketenangan, menurut UCLA Center for East-West Medicine. Sedangkan Ikan Tuna dan Halibut, menurut artikel yang dipublikasikan di Annals of The New York Academy of Science, selain mengandung Omega-3, juga kaya akan vitamin B6 yang dibutuhkan tubuh untuk memproduksi serotonin dan melatonin yang membuat tidur lebih nyenyak.

Pisang

Siapa yang tak suka pisang? Buah yang katanya bisa meningkatkan gairah seksual ini – entah karena bentuknya – ternyata mempunyai kegunaan lain. Menurut ahli gizi Shawn Talbott, pisang memiliki kandungan vitamin B6 dan potassium yang cukup tinggi, yang bisa menenangkan kaki yang tegang dan mencegahnya kram di malam hari.

Selain itu, pisang juga mengandung magnesium yang mampu merilekskan otot dan pembuluh darah, serta melancarkan pencernaan. Membuat smoothie pisang dengan susu dan es bisa jadi alternatif jika Anda tidak suka memakannya.

Buncis/Kacang Panjang

Mengandung vitamin B6, kacang panjang membantu tubuh untuk memproduksi serotonin sebagai pembangkit mood dan pengurang stres, dan membantu menyusun melatonin atau hormon untuk tidur. Kacang panjang sangat cocok untuk Anda konsumsi di malam hari untuk membantu Anda cepat tertidur.

Walnuts

Kacang Walnut merupakan sumber tryptophan, asam amino pengantar tidur yang membantu pembentukan serotonin dan melatonin. Menurut Univeristy of Texas, kacang walnut bisa memiliki sumber melatonin sendiri yang tentu saja bisa membantu anda tertidur lebih cepat.

Almond

Kacang almond mengandung magnesium yang mempermudah tidur Anda di malam hari, dan juga memiliki kandungan protein untuk membantu stabilitas kadar gula darah saat tidur.

Sebuah studi di Journal of Orthomolecular mempublikasikan bahwa kadar magnesium yang terlalu rendah menyebabkan kesulitan tidur. Metode yang cukup baik untuk mengkonsumsi kacang almond adalah dengan memakannya segenggam sebelum tidur, atau roti gandum dengan selai almond.

Oatmeal

Oatmeal hangat yang dimakan dengan pisang dan susu pasti lezat, bukan? Oatmeal kaya akan magnesium, kalsium, dan potassium. Semuanya membuat Anda lebih cepat pulas. Semangkok sebelum tidur tanpa gula pasti tidak akan membuat anda gemuk, justru oatmeal akan membuat anda tertidur dan menjaga kolestrol anda stabil.

Sumber 1
Sumber 2
Sumber Gambar: pixabay.com

2 Likes

Gandum.

Makan Gandum ternyata mampu membantu anda tidur pulas. Ini dikarenakan dalam gandum mengandung magnesium, vitamin B6 serta B12. Ini bisa membuat tidur anda lebih pulas.

Sayuran.

Mengkonsumsi sayur-sayuran setiap hari atau menjelang tidur dapat membantu tidur malam anda lebih pulas. Sayuran yang dimaksud yaitu selada, brokoli, bayam yang banyak mengandung tryptophan yang membuat tidur malam anda lebih pulas.

Daging Kalkun.

Makan daging kalkun ternyata mampu membuat tidur anda lebih pulas di malam hari. Ini dikarenakan dalam daging kalkun mengandung asam amino tryptophan yang membantu tidur malam anda lebih pulas.

Kentang.

Makan kentang ternyata mampu membuat tidur malam anda lebih pulas. Ini dikarenakan kentang membantu mengurangi asam yang menghalangi tryptophan (Zat yang membuat tidur anda lebih pulas).