Makanan Apa Saja yang dapat Membuat Kita Bahagia?

Banyak yang mengatakan bahwa makanan dapat mempengaruhi mood seseorang.Contoh paling terkenal adalah coklat. Makanan apa lagi yang bisa membuat kita merasa bahagia?

  1. Buah, sayuran, dan ikan
    Dalam penelitian baru-baru ini yang diterbitkan dalam Jurnal Psikiatri Inggris, sebanyak 3.500 pria dan wanita yang memakan makanan kaya akan kandungan gizi dilaporkan jarang mengalami depresi dibandingkan mereka yang banyak memakan makanan manis, berminyak, daging olahan, dan produk susu tinggi lemak. Penelitian sebelumnya menunjukkan bahwa antioksidan yang terdapat dalam buah-buahan dan sayuran serta asam lemak omega-3 pada ikan berkaitan erat dengan penurunan risiko depresi.
    Folat dan vitamin B yang ada pada sayuran hijau seperti bayam, biji-bijian dan jeruk-jerukan, mempengaruhi transmisi saraf yang berdampak pada perubahan suasana hati. Para ahli mengatakan efek pelindung stres dari makanan ini berasal dari akumulasi nutrisi ini.

  2. Jangan takut makan karbohidrat
    Dalam sebuah studi baru dalam Archives of Internal Medicine, orang yang selama setahun mengikuti diet yang sangat rendah karbohidrat, yang terdiri dari hanya 20 sampai 40 gram karbohidrat setiap hari (kira-kira sejumlah ½ cangkir beras ditambah satu potong roti) mengalami depresi, cemas, dan marah lebih sering daripada mereka yang diet rendah lemak, tinggi karbohidrat, dan fokus pada susu rendah lemak, biji-bijian, buah-buahan, dan kacang-kacangan. Para peneliti menduga bahwa karbohidrat meningkatkan produksi serotonin, bahan kimia otak yang memberikan perasaan baik. Diet rendah karbohidrat selama setahun penuh juga dapat membawa dampak negatif pada mood.

  3. Tidak apa memakan sedikit cokelat
    Makan dark chocolate (sekitar 40 gram) setiap hari selama dua minggu dapat mengurangi hormon stres, termasuk kortisol, pada orang yang berisiko stres tinggi, menurut sebuah penelitian yang dilakukan di Nestlé Research Center (Pusat Penelitian Nestlé) di Swiss baru-baru ini. Penelitian ini menunjukkan polifenol (antioksidan) dalam cokelat, dan juga buah-buahan dan sayuran, mungkin telah berkontribusi terhadap perubahan stres. Tetapi jangan lupa bahwa 40 gram cokelat berjumlah 235 kalori. Berat badan Anda mungkin akan sedikit bertambah.