Makanan anjing adalah tulang?

apakah benar anjing sangat menyukai tulang?

WMN_19731

Anjing tetap memerlukan tulang untuk membantu membersihkan gigi, melepas stres dan memperkuat otot rahang tapi harus dipilih tulang mana yang cocok dan aman untuk anjing.

  • Sesuaikan dengan ukuran moncong anjing anda. Terlalu besar, anjing akan kesulitan untuk mengunyah (chewing). Terlalu kecil, membuat anjing malas mengunyah dan akan langsung ditelan.

  • Yang paling aman adalah dengan memberikan tulang buatan yang terbuat dari kulit sapi atau tulang asli yang sudah diproses oleh manusia sehingga jika pecah tidak membentuk sudut yang tajam. Produk ini banyak dijual di toko kebutuhan hewan peliharaan.

  • Tulang yang aman untuk anjing adalah tulang bonggol. Tulang bonggol ini adalah tulang rawan yang terletak diantara tulang kaki dan tulang paha sapi atau babi. Tulang bonggol jika pecah tidak akan membentuk sudut yang runcing. Pencernaan anjing dapat mencerna tulang rawan dengan baik. Kelemahannya, mudah bau/busuk jika tidak cepat dihabiskan dan dapat mengundang bakteri.

  • Jika ingin memberi makan anjing dengan tulang ayam sebaiknya pilih tulang leher karena tulang leher adalah tulang rawan (empuk).

  • Jika ingin memberikan tulang sebaiknya anjing dipisahkan dengan temannya agar anjing tidak saling berebut tulang. Pada saat memperebutkan tulang, anjing dapat menelan langsung bulat-bulat sehingga resiko tersedak menjadi besar.