Makam Qin Shi Huangdi yang memiliki misteri belum terpecahkan

image

Makam Qin Shi Huangdi merupakan makam kaisar pertama Cina yang sarat dengan signifikansi historis. Makam ini dipandang sebagai lambang kekuasaan tak terbatas Kaisar Qin. Makam ini terletak di 30 km di luar X’ian di provinsi Shaanxi Cina. Qin Shi Huangdi merupakan satu-satunya penguasa yang seorang diri yang menyatukan tujuh marga untuk berperang dari Cina 221 SM dan memerintahkan pembangunan besar-besaran beberapa prasarana publik serta Tembok Besar Cina yang sangat legendaris itu berdiri kokoh hingga hari ini. Namun taukah sobat diskusi terdapat misteri mengenai makam ini? Sobat diskusi ada yang pernah mendengar kisah mengenai tempat ini?

Berdasarkan yang pernah saya baca, menurut catatan kuno, makam megah berusia 2.200 tahun itu dipenuhi harta karun yang tak ternilai harganya. Bahkan kubah makam konon bertahtakan permata. Sebaliknya, catatan yang sama juga mendeskripsikan sisem keamanan yang luar biasa lagi menakutkan, untuk menjaga makam dari para penjarah kubur.

Legenda mengungkap, makam Sang Kaisar terdiri dari tiga tingkat, dipenuhi jebakan dan senjata mematikan, dari busur panah hingga kolam berisi merkuri beracun yang sangat mematikan dan dapat membunuh manusia dalam hitungan detik. Dari tampilan luarnya, kompleks makam seluas 56 kilometer persegi itu juga dijaga tentara yang berbaris rapi. Meski hanya berupa patung. Uniknya, tiap individu patung punya penampakan dan raut wajah berbeda. Lebih dari 6.000 patung sejauh ini telah ditemukan.

Istana dalam kompleks makam memiliki ukuran panjang 690 meter dan lebar 250 meter, bangunan utama yang diyakini menjadi makam kaisar dan para pelayannya. Terlihat dari luar berupa gundukan tanah setinggi 76 meter. Sistem drainase kuno menjaga tanah di sekitar makam tetap kering. Ahli situs makam Kaisar Qin Shihuang, Guo Zhikun yakin benar, ada perangkap-perangkap mematikan yang dipasang di seantero makam. Dan semuanya masih dalam kondisi aktif. Mungkin sobat diskusi ada yang ingin mencoba mengambil hartanya?

Referensi: https://www.liputan6.com/