Mahasiswa Lebih Memilih Kost atau Apartemen?

KOST ATAU APARTEMEN

Bagi mahasiswa perantau, tidak jarang bagi mereka akan kebingungan apakah lebih baik menyewa kamar kos atau menyewa apartemen. Kamar kos atau apartemen tentu saja mempunyai kelebihan dan kekurangan masing-masing selain dari segi harga sewa dan fasilitasnya. Menurut Youdics mana yang paling pas untuk dijadikan tempat tinggal untuk mahasiswa?

1 Like

Menurut aku yang kebetulan menjadi salah satu barisan mahasiswa rantau, kamar kos sudah sangat cukup. Tinggal bagaimana kitanya untuk memilih kamar kos yang dirasa nyaman dan lengkap fasilitasnya, karena sebenarnya cukup banyak sewa kamar kos yang memiliki fasilitas lengkap seperti kamar mandi dalam (pribadi), parkir luas, jam akses kos 24jam, hingga dapur umum yang dibanderol dengan harga sewa yang murah. Pengalaman aku mengekos dengan jarak tidak ada 1km antara jarak kampus-kos satu bulannya hanya 800k/bulan (kamar mandi dalam) untuk daerah DIY. Hal tersebut termasuk terjangkau dan umum di daerahnya, ditambah fasilitasnya yang lengkap. Jadi aku memilih sewa kamar kos dibanding apartemen

Sesuai pengalaman ku sebagai mahasiswa rantau, aku lebih memilih untuk menyewa kamar kost, tetapi kost yang mempunyai fasilitas yang lengkap seperti kamar mandi dalam, lemari, kursi, meja, kasur, dapur, akses 24 jam, dan keamanan yang tinggi (yang mungkin tidak kalah jauh dengan apartemen). dan biasanya aku lebih memilih kost yang tempatnya strategis, seperti dekat dengan supermarket/warung/atm/tempat makan.

Aku memilih menyewa kamar kos, karena harga sewa yang terjangkau dan kita bisa mendapatkan banyak fasilitas yang tidak kalah dengan apartemen apabila kita pandai mencari-cari. Selain itu biasanya didaerah yang banyak tempat kos, makanan yang murah-murah sesuai dengan kantong mahasiswa juga mudah dicari. Itu lah alasan mengapa aku memilih menyewa kamar kos

Menurutku sih tergantung budget si mahasiswa tersebut. Jika memang memungkinkan dan kuat menyewa apartemen, ya silakan saja. Namun jika budgetnya pas untuk menyewa kos, itu pun tidak masalah. Sekarang ini juga mulai hadir kos-kosan eksklusif dengan fasilitas yang menurutku tidak kalah dengan apartemen. Dan menurutku harga sewanya juga lebih murah. Di daerah kampusku sendiri kos-kosan eksklusif mulai dibandrol dengan harga sekitar 800 ribu ke atas untuk per bulannya. Malah jika membayar langsung untuk satu tahun dapat harga spesial! Saranku dalam menentukan memilih kos atau apartemen, kalian juga harus mempertimbangkan apakah hunian tersebut dekat dengan fotokopian, percetakan, swalayan, tempat makan atau tidak.

Untuk aku sendiri, selama ini memilih kos-kosan. Alasannya karena lebih murah dan kalau ingin meminta bantuan ke orang lain lebih gampang hehehe tinggal jalan beberapa langkah ke kamar sebelah. Selain itu ibu kosku kadang suka bagi-bagi makanan dan buah! :joy:

1 Like

saya pribadi lebih cenderung memilih kost, karena alasannya, yang pertama didaerah tempat perkuliahan saya kebanyakan dan hampir semuanya adalah kost, yang kedua saya merasa kost lebih memiliki banyak teman - teman, karena biasanya dikost hubungan pertemanan lebih akrab dibandingkan dengan apartment. yang ketiga, biaya sewa untuk tinggal dikost relatif lebih murah dibandingkan dengan biaya sewa apartment.

1 Like

Sebagai salah satu mahasiswa rantau, menurut saya, kamar kos sudah sangat cukup bagi mahasiswa namun, kembali lagi, semua tergantung budget yang tersedia. Berdasarkan pengalaman selama merantau, sebagian besar waktu saya habiskan di luar untuk kegiatan kampus dan pergi dengan teman-teman. Ibarat kata, sampai di kamar kos hanya untuk bersih-bersih diri dan tidur. Jika harus menyewa kamar apartemen, saya merasa agak terlalu wasting money. Saat ini ada berbagai macam pilihan kamar kos dengan lokasi yang strategis dan fasilitas-fasilitas yang cukup memadai sesuai dengan kebutuhan dan budget. Selain itu, biasanya tinggal di rumah kos akan lebih dekat dengan orang-orang yang tinggal di rumah kos yang sama.

1 Like

Menurut saya pribadi, saya lebih memilih kost dibandingkan dengan Apart, karena harganya yang bisa terbilang murah dengan fasilitas yang hampir sama dengan apart. Lalu, kost juga kita bisa mencari jarak terdekat dengan kampus

1 Like

Kalau saya pribadi lebih memilih kamar kost daripada apartemen. Faktor harga merupakan faktor terbesar mengapa saya memilih kamar kost karena ada berbagai varian kamar kost dan tinggal disesuaikan saja dengan budget yang kita punya. Ditambah lagi harga makanan juga bersahabat dengan kantong mahasiswa di beberapa daerah yang banyak kost.

1 Like

Aku pribadi memilih kost. Kenapa? Karena realistis dengan keadaanku sekarang hahaha. Ada banyak kost dengan kamar yang nyaman, serta fasilitas yang lengkap juga, kok. Di samping itu, biasanya, makanan yang dijual di lingkungan kost juga mempunyai harga yang tak kalah terjangkau. Biaya kost pun juga relatif lebih cocok dengan kantong mahasiswa. Untuk apartment… hm… nanti saja kalau sudah kerja deh! :smile:

1 Like

sebagai mahasiswa rantau, aku lebih memilih kos karena ramah dompet whahaha, juga setelah aku merasakan nge-kost selama 2 tahun aku merasa seperti memiliki keluarga yang saling bantu di dalam keadaan apa pun itu. saling peduli, ada teman cerita, dan hal seru lainnya yang mungkin tidak didapatkan dari tinggal di apartemen. aku juga orangnya penakut, jadi untuk tinggal di apartemen sendirian gak dulu deh. hehe

1 Like

Saya pribadi lebih memilih kost, karena banyak sekali sekarang kost yang harganya murah tetapi fasilitasnya sangat bagus.

1 Like

Andaikan jika saya bersekolah jauh dari rumah, saya akan memilih kost karena memikirkan faktor biaya, jika dipikir-pikir biaya menyewa sebuah kost lebih murah dibandingkan apartemen, sehingga uang bisa diakai untuk keperluan lain dan juga bisa mengurangi biaya hidup selama bersekolah. Karena banyak hal yang harus dupikirkan selain untuk biaya sewa tempat tinggal, misalnya biaya untuk fotokopi, makan, pulsa, kuota, kebutuhan mendadak, perawatan kendaraan jika mengandalkan motor untuk berpergian, dan biaya lainnya yang tentunya tidak sedikit. Jadi Kost merupakan pilihan terbaik.

Namun jika kondisi keuangan keluarga anda bagus dan berada di golongan menengah keatas apartement juga menjadi pilihan yang baik, karena tentunya kebersihan dan kenyamanannya lebih baik dibandingkan dengan kost. Juga memiliki fasilitas yang lebih baik, Soal keamanan kendaraan saya kurang tau tapi kebanyakan yang muncul diberita kost kostan menjadi target utama para pencuri kendaraan jadi harus lebih hati-hati dan waspada. Intinya memilih Kost atau Apartement tergantung pada diri masing-masing, karena memiliki kondisi keuangan yang berbeda beda dan kebutuhan yang berbeda.

Sulit bagi saya untuk membandingkan kost dan apartemen karena menurut saya keduanya sudah menjadi sesuatu yang sangat berbeda. Kost jelas lebih murah karena fasilitasnya hanya sekedar kamar apa adanya sementara apartemen biasanya merukapan gedung bertingkat hunian dengan fasilitas lengkap, jelas malayani tujuan yang berbeda dengan perbedaan harga perbulan yang bisa mencapai 10 kali lipat. Mungkin akan lebih adil jika dibandingkan dengan kamar kost premium yang sudah ada perabotan, AC, dan sebagainya, sehingga argumennya hanya soal fasilitas dan bentuk huniannya, meski kost premium seperti itupun harga dan tujuannya sudah jauh dari mahasiswa dan lebih ke dewasa muda kantoran.

1 Like

Mana yang paling pas ya? Semua tergantung budget yang kita punya juga. Eh bukan kita sih, orang tua kita. Kalau kita punya budget berlebih, tentu apartemen adalah keputusan yang baik. Karena dari fasilitas, keamanan, prestis. Sebanding dengan harga yang kita bayar.

Tetapi, kalau budget kita pas-pasan, dan ingin merasakan sumpeknya menjadi anak rantau, kos adalah keputusan yang paling tepat! Kita bisa berbaur dengan para tetangga, teman-teman satu kos, dperjuangan menjadi anak rantaunya sangat terasa menurut saya wkwkwk.

1 Like

Mungkin ketika lulus nanti dan mendapat prospek kerja yang bagus, aamiin. Aku milih apart, merasa lebih aman saat ditinggal kerja dan mungkin tidak terlalu banyak suara bising jadi nyaman setelah penat bekerja. Untuk sekarang kuliah, berhubung 10menit nyampe jadi gaperlu kost atau apart.

1 Like

Buat aku sendiri lebih memilih kamar kost daripada apartemen. Dari segi harga kamar kost menawarkan harga yang lumayan terjangkau bagi semua kalangan sedangkan apartemen memiliki harga yang lumayan mahal. Padahal dari segi fasilitas sudah banyak kamar kost yang menawarkan fasilitas lengkap, seperti AC, kamar mandi di dalam kamar, kamar yang luas, set meja belajar, lemari, dan juga dapur. Bahkan ada tempat kost yang menawarkan fasilitas laundry dan makan. Jadi menurutku, kamar kost saja sudah cukup. Tinggal kita saja yang memilih ingin kost dengan fasilitas seperti apa.

1 Like

Berdasarkan apa yang saya lihat dari teman-teman dan pengalaman saya sendiri sebagai seorang mahasiswa, lebih memilih untuk tinggal di kos daripada apartemen. Karena saya rasa harga sewa kos perbulan lebih terjangkau daripada apartemen, mengingat mahasiswa kebanyakan anak rantau dengan uang saku perbulan rata-rata 1 juta rupiah. Tapi mungkin beberapa mahasiswa yang memiliki ekonomi menengah keatas lebih memilih untuk menetap di apartemen. Selain itu, saya lebih memilih tinggal di kos karena kita bisa lebih mudah berinteraksi dengan teman-teman sekos lainnya dan letak kos juga sangat strategis karena berada di dekat kampus sehingga tidak memakan waktu lama untuk sampai di kampus.

1 Like

kalau saya pribadi, jika bisa membeli apartemen secara kredit yang apabila dibandingkan dengan harga sewa kos hampir sama saya memilih untuk tinggal di apartemen, selain sebagai aset itu juga bisa digunakan oleh adik-adik yang mungkin saja akan berkuliah di daerah yang sama dan bisa lagi untuk disewakan.
seperti saat ini, awalnya saya mengekost tetapi ternyata biaya nya hampir sama dengan cicilan rumah maka orangtua dan kakak laki-laki saya memutuskan untuk saya tinggal di rumah yang dibeli secara kredit dari pada mengekost.

1 Like

Untuk saya pribadi adalah kos yang nota benenya adalah mahasiswa. Mungkin dari segi kelengkapan atau fasilitas sangat kurang namun untuk sekedar istirahat di seharian aktivitas menurut saya pas-pas saja. Selain harganya worth it, juga pas untuk dikantong sekelas mahasiswa.

1 Like