Macam Macam Cara Membuat Weathering Gunpla

Macam Macam Cara Membuat Weathering Gunpla

Untuk seorang yangmenyukai gupla ada dua tipe, tipe yang satu hanya suka dengan gunplanya yang bagus dan bersih tanpa menambahkan efek apapun pada gunplanya, berbeda dengan tipe yang satunya dimana tidak pernah puas untuk modeling gunpla dan bereksperimen terhadap model kit gundamnya entah itu menambahkan detail ataupun lainnya yang masih berkaitan tentang menambahkan seseuatu kegunpla. Salah satunya adalah menambahkan efek weathering,  Weathering adalah Proses detailing agar terlihat usang, kotor, atau digunakan dengan menggunakan berbagai teknik untuk menambahkan noda minyak, kotoran, lumpur, penyok, goresan, retak.

gundam detailing weathering

Biasaya kebanyakan weathering digunakan sebagai polesan terakhir pada pembuatan battle damage pada gundam. weathering ini akan menghasilkan efek battle damage yang lebih realistis kebanding tanpa weathering, weathering juga biasanya dibuat sebagai penyetara antara diorama dan model kit yang diberi weathering.

Weathering gundam juga dapat menambahkan detail dari halus sampai ke ekstrim tergantung pada preferensi dan kepuasan masing masing modeler. Untuk menambahkan efek weathering pada gunpla ada banyak cara yang berbeda. berikut :

#1. Merusak decal

Hl ini cukup beralasan jika gunpla anda sudah lama dan anda tidak berniat memberikan weathering yang rumit. jadi hanya memasang decal, dan setelah decal sepenuhnya menempel anda hanya tinggal merusak tekstur dari decal itu dengan menggoresnya dengan tusuk gigi. Saya rasa ini akan menambah karakter dari gunpla itu sendiri

#2. Dry Brushing

Metode dry brushing mungkin yang paling umum dan banyak digunakan untuk digunkan untuk membuat efek weathering. penggunaan dry brushing yang benar dapat membuat efek dari goresan atapun shadow/bayangan yang bagus

#3. Gundam Weathering Marker

Berbeda dengan gundam marker  yang anda tahu pada umunya hanya untuk mewarnai gunpla dan memberikan detail panel line. Gundam weathering marker tersedia secara khusus dalam satu set yang terdapat isi 6 marker dengan warna yang berbeda. Marker weathering ini dapatdengan mudah untuk memberikan efek weathering kotor pada gunpla dan bahkan lebih mudah daripada teknik spons.

#4. Tamiya Weathering set

Tamiya weathering set adalah alat yang dibuat khusus untuk weatherin model kit dengan banyak pilihan warna per set. Bisa dibilang tamiya weathering set adalah yang paling terkenal dalam alat untuk weathering dibadingkan dengan gundam marker untuk wheatering. Tamiya weathering adalah campuran dari pastel berwarna dan air, setiap set dilengkapi dengan 3 warna berbeda pada palet dan dengan sikat kecil

Referensi :
Macam Macam Cara Membuat Weathering Gunpla

Terima kasih gan masukkannya,cukup keren sih… cuman ya gitu kadang cara gini harus perlu ketelitian yang tinggi,pernah kemarin latian shading doang saja rasanya kayak terbakar mata ku ahahhaa :rofl::rofl:

Mantab itu contoh nya keren sekaliiii hasilnya jadi tampak lebih real!!! :heart_eyes::heart_eyes::heart_eyes::heart_eyes: