Ma Huateng : Salah satu pendiri Tencent Inc

Biografi, Ma Huateng


Core Founder, Chairman, Chief Executive Officer, Chairman of Nomination Committee and Member of Investment Committee, Tencent Holdings Limited

Afiliasi lainnya

  • Shenzhen University
  • Tencent Technology (Shenzhen) Co., Ltd.
  • ePlanet Capital
  • Ohio River Investment Limited

Tempat dan Tanggal Lahir
Chaoyang, Guangdong, China 29 Oktober 1971

Kewarganegaraan
Tiongkok

Pendidikan
Bachelor Science of Computer Science, Shenzen University

Total Kekayaan
US$ 23,9 Billion Dollar (2016)

Peringkat berdasarkan Forbes

  • 45 Powerful People (2016)
  • 3 China Rich List (2016)
  • 9 Richest In Tech (2016)
  • 46 Billionares (2016)

Riwayat Hidup


Ma Huateng lahir di Desa Chaoyang,Shantou Provinsi Guangdong, Tiongkok. Tidak banyak yang mengetahui tentang perjalanan hidupnya selama ini. Ayahnya seorang manajer pelabuhan di Kota Shenzen dan juga merupakan anggota dari partai komunis di Tiongkok.

Ketika kecil Ma Huateng ingin menjadi seorang astronot. Kemudian, Ma Huateng melanjutkan studi ke Shenzen University dan lulus sebagai sarjana di bidang ilmu komputer. Setelah lulus ia bekerja sebagai software developer di China Motion Telecom Development, yaitu sebuah perusahaan pensuplai barang-barang untuk perusahaan jasa layanan telekomunikasi di China, ia mendapat honor $176 per bulan dari perusahaan tersebut. Selain itu ia juga bekerja di Shenzen Runxun Communication Co. Ltd sebagai analis dan pembuat jaringan internet untuk layanan komunikasi. Ma Huateng juga memiliki hubungan baik dengan partai komunis di China.

Ia membuat nama panggilan untuk dirinya sendiri yaitu “Pony” yang berarti dalam Bahasa Inggris artinya kuda. Kemudian ia menikah dengan Wang Danting dan sudah dikaruniai anak, awal pertemuan Ma Huateng dengan Wang Danting ini bermula ketika sedang ngobrol melalui aplikasi chatting QQ Messaging Service, yaitu aplikasi buatan Ma Huateng

Riwayat Karir


Setelah lulus dari Shenzen University pada tahun 1993, Ma bekerja di beberapa anak perusahaan China Motion Telecom Development Ltd dan Shenzhen Runxun Communications Co. Ltd. DI bagian penelitian dan pengembangan Internet Paging System

Pada tahun 1998, Ma mendirikan Tencent, Inc. bersama 4 orang rekannya. Modal awal yang mereka peroleh didapat dari beberapa perusahaan yang mengisi daftar pasar saham di China. Seperti kebanyakan bisnis startup, Ma dan beberapa rekannya menemui beberapa kesulitan untuk mengembangkan perusahaan nya pada awal tahun perusahaan didirikan. Dia merekrut beberapa orang yang sebelumnya adalah petugas kebersihan sampai menjadi web designer. Dan secara bertahap Tencent membuat pelayanan e-mail dan internet paging services.

Pada tahun 1999, Tencent meluncurkan Internet Messaging Service yang dinamakan QQ (Nama aslinya adalah OICQ). Untuk membuat produknya laku di pasaran, Tencent mulai menawarkan layanan download secara gratis. Dan usaha tersebut ternyata memang membuahkan hasil, yaitu dalam kurun waktu 1 tahun, 5 juta pengguna internet bergabung dengan pelayanan QQ.

Kemudian, Ma mampu menawarkan pengguna QQ lebih banyak fitur seperti nada dering dan akun keanggotaan QQ. Dia menyediakan layanan yang lebih untuk pengguna telepon seluler dan menyesuaikannya dengan beberapa produk. Pada tahun 2004, Tencent menjadi perusahaan terbesar pelayanan pesan cepat atau Instant Message (IM) yang terinspirasi oleh layanan sejenis AOL. Pada bulan Juni 2004, Tencent melayangkan penawaran di Bursa Efek HongKong dan membuat harga saham naik hampir 60%. Namun, Ma tidak yakin jika perusahaannya tersebut selalu sukses seperti saat ini.
Maka dari itu, Ma terus memperluas perusahaannya tetapi tetap mempertahankan bisnis IM nya.

Dengan demikian pada tahun 2004, Tencent mengumumkan bahwa mereka akan menambahkan game ke layanannya. Pengumuman ini diluncurkan untuk menarik lebih dari 1 juta orang game online di China agar bergabung dengan mereka. Selain itu, dia juga menambahkan pelayanan e-commerce dan menandatangani kesepakatan kemitraan dengan Google namun Ma tidak menjual produknya tersebut pada Google.
Kemudian aplikasi pesan instant Tencent tersebut, yaitu WeChat, memiliki lebih dari 200 juta pengguna aktif pada tahun 2012. Dan berdasarkan Forbes Asia tahun 2013, Tencent menjadi perusahaan besar terbaik di China.

Pada tahun 2009 Tencent bergabung dengan Hang Seng Index, bergerak dari PCCW dan pada September 2012 Tencent memiliki 784.000.000 QQ pengguna aktif dan mengalami peningkatan saham 10% dalam satu tahun. Dengan tingkat pertumbuhan tersebut mereka memiliki niat untuk memperluas perusahaannya ke luar China yaitu Benua bagian tenggara dan Negara India.

Fakta-fakta


  1. Ma mempunyai nama lain bernama “Pony” yang berasal dari Bahasa inggris yang artinya kuda
  2. Ma Huateng jarang menunjukkan dirinya di media dan dia hanya ingin hidup sederhana. Dia percaya bahwa “Ideas are not important in China – execution is.”
  3. Dia menikah dengan Wáng Dāntíng (王丹婷) dan telah dikaruniai anak. Ma bertemu dengan istrinya dari QQ messaging service, buatan Ma sendiri
  4. 9,7% kekayaan Ma Huateng berasal dari Tencent Inc. Diketahui bahwa asset property dan barang – barang berseni miliknya di HongKong jika diuangkan akan mencapai $150 juta. Selain itu dia juga memiliki tempat tinggal mewah yang dipugar seluas 19.600 m persegi di Hong Kong.
  5. Dia memiliki hubungan baik dengan beberapa partai komunis di China
  6. Ma Huateng sewaktu kecil bercita-cita menjadi seorang astronot,namun ada hal yang membuat memilih berkarya di bidang IT dibanding menjadi seorang astronot.
  7. Di sebuah wawancara, ia berbicara tentang ketertarikannya dengan dunia astronomi dan dulu dia juga pernah berdiskusi dengan teman – temannya untuk mendirikan sebuah observatorium yang tersambung ke Internet yang akan memungkinkan mereka untuk mempelajari bintang-bintang dan membeli sebuah rumah di puncak gunung serta menciptakan stasiun astronom.
  8. Pada tahun 2015 dia mendapat penghargaan “Innovative CEO of the year”
  9. Pada tahun 2007, Ma Huateng dinobatkan oleh majalah TIME sebagai salah satu orang paling berpengaruh di dunia.
  10. Ma mentransfer uangnya sekitar 100 juta saham Tencent, senilai $ 2 miliar, untuk yayasan amalnya setiap bulan April.
  11. Selain Bahasa Mandarin, Ma juga fasih berbahasa Inggris dan Kantone
  12. Meskipun ia adalah salah satu orang terkaya di Cina, ia juga merupakan salah satu orang yang paling dikenal memiliki kepribadian lebih terhadap dunia teknologi sehingga kehidupan pribadinya tetap menjadi misteri.
  13. Perusahaan yang didirikan oleh Ma Huateng yaitu Tencent, merupakan perusahaan Internet terbesar keempat setelah Google, Amazon, dan eBay

Quotes


  1. The leader of the market today may not necessarily be the leader tomorrow. Ma Huateng

  2. If you ask me what I worry about every morning when I wake up, it’s that I don’t understand future mainstream Internet users’ habits. Ma Huateng

  3. There should be order if the development of the cyber world is to be sustainable. Ma Huateng

  4. In America, when you bring an idea to market, you usually have several months before competition pops up, allowing you to capture significant market share. In China, you can have hundreds of competitors within the first hours of going live. Ideas are not important in China - execution is. Ma Huateng

  5. You need to have extraordinary wisdom to be the forerunner. Ma Huateng

  6. I think Steve Jobs is my idol. Ma Huateng

  7. Wealth won’t give you satisfaction; creating a good product that’s well received by users is what matters most. Ma Huateng

  8. My biggest crisis is that I don’t understand what young people like. Ma Huateng

  9. Apa orang tak boleh membuat mobil hanya karena ada yang telah membuatnya terlebih dahulu? Ma Huateng

Referensi
1 Like

Ma Huateng atau yang juga disapa Pony Ma adalah seorang presiden, chief executive officer, dan anggota dewan eksekutif Tencent Holdings, Ltd., salah satu perusahaan telekomunikasi terpenting di China.

Pada 1998, Ma melihat bahwa masyarakat China telah siap untuk memiliki layanan IM-nya sendiri. Maka dari itu, ia bersama empat temannya mendirikan Tencent dengan bermodal USD 120.000. Tahun-tahun pertama mendirikan perusahaan itu, Ma harus merangkap begitu banyak jabatan, dari petugas kebersihan sampai perancang situs web, karena perusahaan tersebut tidak memiliki karyawan dan kesehatan finansial yang baik. Ia rela merangkap berbagai jabatan agar perusahaan yang ia dirikan dapat berjalan dengan baik. Selama beberapa tahun ia berjuang dengan merangkap berbagai jabatan, akhirnya Ma menambahkan lebih banyak karyawan dan ia mulai memusatkan perhatian pada perencanaan strategis, penentuan posisi, dan manajemen perusahaan. Ma akhirnya menjadi chief executive officer, executive board member, dan chairman the board.

Setelah awalnya berfokus pada produk pesan teks, Ma menawarkan layanan pesan instan, yang awalnya disebut OICQ, namun kemudian dikenal sebagai QQ. Awalnya, OICQ hanyalah salah satu dari banyak layanan IM di China dan tidak memiliki pangsa pasar yang besar. Ma kemudian mengubah nasib perusahaannya ketika OICQ mulai menawarkan diri sebagai situs download gratis. Unduhan gratis menarik banyak pengguna muda. Permintaan pun dengan tumbuh tinggi, dengan sebanyak lima juta pengguna dalam satu tahun. Sayangnya, Ma belum dan perusahaan mudanya belum siap melayani lonjakan pengguna tersebut. Hal ini terjadi karena ia tidak mampu membeli server atau ruang server yang dibutuhkan untuk melayani semua pelanggan ini. Ma mencoba menjual OICQ, tapi tidak ada investor yang berminat. Hingga pada suatu waktu, perusahaan modal ventura asal Amerika menginvestasikan beberapa juta dolar AS untuk menjaga agar Tencent tetap bertahan. Ia pun mengubah OICQ menjadi QQ. Untuk melanjutkan kesuksesan perusahaan Ma, pengguna QQ ditawarkan layanan bernilai tambah setiap tahun, seperti keanggotaan QQ, nada dering, dan layanan lainnya untuk telepon seluler, serta kemampuan untuk menyesuaikan beberapa produk.

Setelah melakukan berbagai hal hanya untuk mempertahankan perusahannya, pada 2004, Tencent pun menjadi layanan IM terbesar di China, dengan sekira 335 juta orang atau 74% menggunakan layanan Tencent. Perusahaan tersebut pun melonjak dengan nilai USD 190 juta pada 2004. Meski begitu, Ma tidak membiarkan Tencent larut dalam kemenangannya, dia terus memperluas bisnis IM intinya. Dia berharap bisa membeli perusahaan yang bekerja di bidang baru seperti teknologi nirkabel untuk membantu Tencent mempertahankan posisinya sebagai perusahaan nomor satu di China.

Di tahun yang sama, demi memuaskan para pelanggannya, dia pun membuat game online. Strategi ini terbayar, karena Tencent berhasil menarik lebih dari satu juta gamer online di China, menjadikannya layanan terbesar di negara tersebut. Langkah selanjutnya, Ma mulai menambahkan e-commerce ke dalam situs konsumen, seperti situs lelang untuk anggota terdaftar dari layanan IM-nya serta melalui situsnya. Tujuannya, adalah untuk membuat layanan Tencent menjadi fokus penggunanya, karena banyak pelanggannya berusia di bawah 30 tahun.

Menurut saya, salah satu yang membuat Ma berhasil meraih kesuksesan adalah ia tidak keras kepala dan kerap mempertahankan gagasannya. Selain itu, setiap ia akan jatuh, Ma akan melakukan segala cara untuk mempertahankan apa yang telah ia perjuangankan selama ini. Ia pantang menyerah dan terus mencoba hingga akhirnya dapat meraih kesuksesan. Gagal baginya adalah hal biasa, ia akan selalu bangkit dan semangat untuk kembali meraih apa yang ia inginkan. Ma selalu memandang tantangan bukan sebagai hambatan, tapi sebagai jalan menuju kesuksesan. Dengan mind set seperti itu, Ma dapat menaklukan semua tantangan dan cobaan yang terus menghadapinya. Ma juga tidak mudah terlena dalam kenikmatan. Setelah perusahaannya menjadi IM terbesear di China, ia tidak berdiam diri saja. Namun Ma terus mengembangkan pelayanan dan produk perusahannya untuk mempertahankan posisinya sebagai perusahaan nomor satu di China serta untuk memudahkan dan melayani pelanggannya. Inovasi-inovasi baru terus dikembangkan oleh Ma. Hal ini lah yang membuat Ma dapat meraih kesuksesannya.

“At Tencent, we may be businessmen, but we are still chasing our IT, our science. We are still striving to create something really cool, trying to create things we couldn’t even imagine without our new technologies. I am still clinging to this enthusiasm.” Ma Huateng

Ma Huateng lahir pada tanggal 29 Oktober 1971 di Chaoyang, provinsi Guangdong, Tiongkok. Ma merupakan salah satu lulusan dari Shenzhen University dan kemudian mendirikan Tencent sejak tahun 1998 dimana QQ merupakan produk yang dihasilkan pertama kali oleh perusahaan tersebut. Pengguna QQ tercatat mencapai 784 juta orang (September 2012). Selain QQ, perusahaan milik Ma juga mengembangkan aplikasi game online seperti Legend of Yulong dan Legend of Xuanyuan.

Yang menarik dari seorang Ma Huateng adalah Ia dapat mengkombinasikan secara sempurna antara ketertarikannya dalam Teknologi Informasi dan instingnya dalam berbisnis merupakan. Tak heran jika perusahannya semakin diminati oleh para investor. Baru-baru ini, Tencent mengembangkan sayap dengan mengakuisisi situs belanja online JD.com. Langkah ini dilakukan Ma untuk menekan dominasi Alibaba.com yang sangat populer di Tiongkok. Benar saja, Tencent menjadi penantang yang cukup merepotkan bagi Alibaba. karena Ma melihat kenyataan bahwa penggunan telepon seluler Android semakin meningkat, seiring dengan banyaknya vendor yang memproduksi smartphone Android berhaga terjangkau. Oleh karena itu JD.com membuat aplikasi Android yang memudahkan pelanggan.

Namun, diantara sederet produk yang dihasilkan oleh Tencent tentu saja WeChat menjadi primadona. Aplikasi ini dapat digunkan pada beberapa OS seperti Symbian, Blackberry, Android, iPhone, Windows Phone, dengan dukungan jaringan 3G, WiFi dan data 4G. Pendaftaran dilakukan melalui koneksi Facebook, ponsel SMS/VM atau Tencent QQ. Aplikasi ini awalnya diluncurkan sebagai Weixin di Tiongkok pada tahun 2011, melalui dukungan bahasa internasional pada bulan Oktober 2011. Nama WeChat sendiri mulia dipublikasikan sejak bulan April 2012. Lionel Messi mulai dikontrak sebagai brand ambasador sejak saat itu. Hingga kini, WeChat telah memiliki 280 juta pengguna di seluruh dunia.

Tiga kunci kesuksesan Tencent terletak pada koordinasi manajemen, kecepatan internet Cina, serta perkembangan pasar dan konsumen. Ketiga aspek tersebut dipenuhi dengan baik oleh Tencent sehingga menjadikan mereka besar seperti sekarang. Selain itu, kesuksesan Ma Huateng bersama dengan Tencent juga berdampak pada reputasi Ma Huateng yang disebut-sebut para analis sebagai kuda hitam berpengaruh besar dalam setiap kebijakan perusahaan yang akan diambil. Ma Huateng dikenal kalem dan jauh dari sorotan kamera. Ketika Jack Ma mengunjungi New York, bertemu Donald Trump, serta menjanjikan 1 juta pekerjaan di Amerika, Ma Huateng justru tak tertarik mengikuti jejak koleganya. Ia tetap diam dan menjauhi publisitas.

Pencapaian Tencent menggambarkan bagaimana mereka dapat merespons cepat tuntutan pasar. Tencent, memiliki kemampuan adaptasi yang baik dan menjadi model bagi perusahaan lainnya. Menurut Ma Huateng, dalam pidato seremonialnya di NUS Business School pada 2012, perusahaan online harus bermain sesuai peraturan dan mampu menemukan jalan keluar bagi masa depannya. Apabila ingin berhasil maka satu-satunya cara adalah mentaati kebijakan yang ada di Cina.

Bagi Ma, salah satu yang membuatnya berhasil adalah dia tidak keras kepala dan kerap mempertahankan gagasannya. Menurutnya, ketika melihat sebuah kesempatan, kita harus memahaminya. Untuk berhasil dalam permainan ini, seorang pengusaha harus memiliki insting bisnis yang kuat dan memandang tantangan bukan sebagai hambatan, tapi sebagai jalan menuju kesuksesan.

“Wealth won’t give you satisfaction; creating a good product that’s well received by users is what matters most.” -Ma Huateng