Lulus kuliah, mending Kerja atau Lanjut S2?

Pilihan tersebut terkadang bingung gak sih buat mahasiswa S1 (Sarjana)? terkadang kita pengennya langsung saja bekerja karena tentunya kita ingin mempunyai penghasilan sendiri dan membahagiakan orang tua namun kadang juga kita berfikir kalau menempuh jenjang Sarjana saja belum cukup karena skill dan pengetahuan belum banyak bangat kan. Namun balik lagi ke masing-masing apakah sudah siap buat kerja atau melanjutkan dulu S2.

Nah, menurut kalian, kira-kira mending milih kerja atau lanjut kuliah ke jenjang selanjutnya? kira-kira kepentingan masing-masingnya apa ya?

4 Likes

Wah, pertanyaan yang menarik sekali untuk dibahas kak Krisna. Saya pribadi tim lulus kuliah bekerja dahulu, apabila ada kesempatan S2 saya akan mengambil itu. Dalam masa perkuliahan ini, saya kerap memikirkan juga mengenai pilihan tersebut. Harus bekerja dahulu atau lanjut saja S2? Saya pun jatuh pada pilihan bekerja dahulu. Menurut saya ada beberapa alasan mengapa saya memilih untuk bekerja dahulu

Pertama, perlu untuk merasakan dunia kerja seperti apa. Setelah menempuh pendidikan tinggi, menurut saya perlu untuk terjun langsung dalam dunia kerja. Mengerti mengenai cara bekerja, memahami kultur bekerja seperti apa, dan beradaptasi dengan lingkungan pekerjaan.

Kedua, menerapkan ilmu dalam dunia kerja. Menurut saya, menerapkan ilmu yang telah kita dapatkan dalam perkuliahan dalam dunia kerja ini juga sangat perlu karena dapat memberi pengalaman pada setiap individu seperti apa implementasi dalam kehidupan pekerjaan dan sehari-hari. Mengasah skill yang telah kita miliki juga dapat dilakukan ketika bekerja.

Ketiga, bekerja menambah pengalaman. Bekerja tentu saja dapat menambah banyak pengalaman, relasi, dan ilmu. S2 juga menambah pengalaman, relasi, dan ilmu. Namun, karena saya tim lulus kuliah bekerja terlebih dahulu. Menurut saya, bekerja dapat menambah pengalaman untuk kedepannya, salah satunya untuk mendaftar S2. Apabila ada kesempatan untuk menempuh S2, saya rasa saya akan mengambil itu. Namun, keputusan tersebut kembali lagi pada kondisi dan situasi yang akan datang.

1 Like

Menurut saya, itu kembali ke pilihan masing - masing. Apakah ingin melanjutkan jenjang S2 atau ingin bekerja atau mungkin bekerja sambil melanjutkan jenjang S2 mungkin. namun, untuk memutuskan itu pasti banyak sekali pertimbangan yang dibutuhkan, benar? namun jika ada kesempatan yang menurut kita terbaik untuk kita, mengapa tidak? jadi menurut saya, itu kembali ke pilihan terbaik dari masing - masing orang. namun, untuk saya mungkin lebih memilih untuk memasuki dunia kerja terlebih dahulu.

Kalau dari aku, aku lebih memilih untuk melanjutkan langsung ke jenjang selanjutnya (s2) jika memiliki kesempatan. Memang sih ada beberapa saat aku kepikiran untuk ingin mempunyai penghasilan sendiri. Tetapi balik lagi, diusiaku yang sekarang, akan lebih efektif untuk aku menerima ilmu dulu daripada aku bekerja. Selain itu, aku melihat fenomena lain di orang-orang terdekatku, ketika mereka sudah masuk dan memutuskan untuk bekerja, mereka akan lebih mengejar penghasilan. Dan itu membuat minat mereka menjadi sangat turun untuk belajar / menimba ilmu lagi. Dengan dalih “aku kan udah punya pekerjaan, udah berpenghasilan, ngapain lagi aku kuliah s2 kalau cuma buat nilai? nambah-nambahin pikiran aja”.

Pun kalau memang nanti ketika kita memutuskan untuk bekerja, dan dalam pekerjaan itu mengharuskan kita memiliki gelar s2, maka itu akan berbeda lagi tujuannya.

aku tim kerja dulu baru lanjut s2. karena, setelah lulus s1 itu udah ngerasa menjadi beban orang tua kalau mau minta uang sekolah lagi. dengan bekerja setelah lulus s1 walaupun jenjang salary masih standar, setidaknya kita menjadi tau apa saja tupoksi dari pekerjaan standar tersebut. memiliki teman yang banyak bisa membuka pemikiran kita akan langkah selanjutnya dan juga lebih menikmati kehidupan karena memenuhi kehidupan dengan penghasilan sendiri.
namun di lain sisi menerima beasiswa penuh untuk s2, maka aku akan ambil kesempatan tersebut. dengan mendapatkan ilmu yang lebih dari sebelumnya tentu saja jaringan pertemanan kita lebih berkualitas dari sebelumnya dan semakin banyak ilmu yang bisa kita terapkan dan bagikan di dunia kerja.
dari kedua pilihan itu sebenarnya bukanlah pilihan yang mudah. dengan jumlah kelulusan s1 lebih banyak dari pada s2 menjadikan persaingan kerja yang sangat ketat dan menyebabkan angka pengangguran yang meningkat. bahkan dibeberapa negara seperti china, seorang lulusan terbaik mendapatkan pekerjaan sebagai pembantu rumah tangga yang menurutku itu sama saja tidak bisa menerapkan ilmu yang telah ditimbahnya di masa kuliah dan kasarnya tidak usah kuliah saja kalau pilihan kerjanya masih melibatkan tenaga yang besar dari pada ilmu. tapi sisi baiknya yang bisa kita lihat adalah tingkat pendidikan yang sudah tinggi dari negara tersebut.
Lapangan kerja yang semakin sedikit menuntut kita untuk memiliki ilmu yang tinggi. Semakin tinggi ilmu yang kita miliki maka semakin besar peluang kita untuk mendapatkan pekerjaan, semakin banyak lapangan pekerjaan yang bisa dibuka dan membantu orang banyak sehingga kurangnya angka pengangguran dari suatu Negara dan berkurangnya tingkat kejahatan sehingga semakin besar peluang Negara tersebut untuk menjadi Negara maju dengan menarik para investor asing

Pertanyaan ini awam banget buat mahasiswa, apalagi yang tingkat akhir.

Sama seperti temen-temen diatas, pilihanku tetep pada bekerja terlebih dahulu. Tapi kalau dalam keadaan yang sekarang, sulit sekali untuk mencari kerja, menurut aku ngambil S2 termasuk plan alternatif yang mungkin akan aku ambil. Di satu sisi bekerja sehabis lulus S1 juga diperlukan untuk setidaknya mempunyai pengalaman bekerja. Alasan lain memilih bekerja dibandingkan lanjut S2 adalah keadaan dewasa yang mengharuskan untuk mempunyai penghasilan sendiri.

Selain itu juga menurutku kesempatan untuk belajar itu bisa kapan saja tidak terbatas umur, berbeda dengan kerja yang memiliki kriteria umur tertentu. Jadi, untuk menempuh S2 bisa ditunda, kalau memungkinkan bisa ditempuh secara bersamaan juga.

Pilihan sehabis kuliah S1 mau lanjut studi S2 atau Kerja itu pilihan masing-masing. Saya pribadi memilih untuk kerja, namun jika diberikan kesempatan untuk S2 juga saya akan sangat bersyukur dan menerima hal tersebut. Atau kuliah S2 sambil bekerja? hmm menarik.

Untuk menentukan ingin melanjutkan untuk memilih pekerjaan atau pendidikan memang bukanlah hal yang mudah. Oleh karena itu, memang perlu mempertimbangkan kedua hal ini secara matang. Tujuannya tentu agar keputusan yang diambil adalah yang terbaik dan paling sesuai dengan kebutuhan. Perlu dipertimbangkan juga hal-hal berikut ini:

  1. Mencari pekerjaan tidaklah semudah membalikkan telapak tangan, banyak sekali yang mendapatkan penolakan berkali-kali atau tidak sesuai ekspektasi kita karena lulusan baru pasti kita akan memulai semua nya dari bawah kembali tidak langsung berada diatas. Jika kita diterima kerja, jangan sia-sia kan kesempatan tersebut.
  2. Persaingan di dunia kerja sangatlah ketat, dibutuhkan skill dan pengalaman yang relevan. Jadi memang diharuskan untuk kita pada saat masa kuliah mencari pengalaman sebanyak banyaknya, dengan harapan bisa mengupgrade skill yang dimiliki.
  3. Ketika ingin melanjutkan kuliah juga pasti akan membutuhkan biaya yang tidak sedikit, sedangkan pikiran kita juga harus dibuka bagaimana cara mendapatkan uang untuk biaya kuliah S2 tersebut, jangan sampai membebankan orangtua lagi, lebih baik jika mendapatkan beasiswa.
  4. Ada juga opsi jika memang mampu bisa juga merintis karier sambil S2. Jadi bukan bekerja dulu tetapi sambil bekerja karena jika bisa melakukan 2 hal tersebut bersamaan kenapa harus kerja dulu dikantor selama 1–2 tahun tanpa kuliah.

Saya pribadi memilih bekerja terlebih dahulu dan mencari pengalaman semasa kuliah S1 saya untuk menunjang portofolio dan skill. Tetapi hidup adalah pilihan, dan semua pasti ada baik dan buruknya. Nah pikirkan hal baik buruk tersebut ketika memutuskan suatu hal.

1 Like

Sebenernya mau S2 ataupun kerja dulu ya tidak masalah. Tapi kalau aku pribadi, jawabannya sama kayak temen-temen di atas, dimana aku lebih memilih untuk kerja terlebih dahulu, baru melanjutkan S2. Menurut aku dua hal tersebut pastinya memiliki nilai plus yang berbeda. Kalau kerja dulu, pastinya kita bakal langsung turun lapang mengimplementasikan ilmu dan skill yang kita miliki, bertemu dan bekerjasama dengan rekan kerja, menambah relasi, menambah pengalaman, mengasah skill, dll. Begitupun dengan S2, nilai plus yang dapat diperoleh dari meneruskan studi di tingkat ini pastinya dapat meningkatkan ilmu yang kita miliki, menambah relasi, dan juga menambah pengalaman. Tetapi pastinya pengalaman yang di dapat itu berbeda dari orang yang langsung turun ke dunia kerja, karena pengalaman yang diperoleh hanya sebatas pengalaman di bidang akademik.

Dan tidak mustahil juga jika kita ingin melakukan kedua hal tersebut dalam waktu bersamaan, tetapi pastinya perlu kesiapan mental dan fisik yang lebih matang.

1 Like

Untuk menentukan diantara keduanya ini menurutku sangat susah ya sehingga perlu dipertimbangkan dengan matang agar menjadi sebuah keputusan yang paling tepat. Sejujurnya aku ingin melanjutkan langsung untuk studi S2 tetapi sekarang ini aku pikir kerja adalah pilihan yang tepat untuk diambil. Pertimbangan aku memilih untuk bekerja terlebih dahulu karena ingin memberi ‘jeda’ pada tingkat pendidikanku karena 4 tahun menimba ilmu itu juga bukan suatu hal yang mudah dan ada baiknya juga ilmu yang didapatkan selama S1 bisa diaplikasikan serta diasah terlebih dahulu melalui pekerjaan untuk meningkatkan skill dan menambah pengalaman serta portofolio. Selain itu, pekerjaan juga dapat menjadikan sumber penghasilan sebagai tabungan untuk membiayai jenjang pendidikan berikutnya sehingga tidak perlu membebankan pada orang tua lagi dan lebih baiknya jika sambil mencari beasiswa.

Memilih untuk studi S2 terlebih dahulu pun menurut aku tidak masalah. Berpendidikan yang tinggi bagiku is a must thing. Memiliki pendidikan yang tinggi juga bisa menciptakan citra diri yang bagus pastinya karena dengan pendidikan yang tinggi itu kita bakal dilihat sebagai seseorang yang memiliki kredibilitas yang tinggi karena memiliki pengetahuan yang lebih banyak juga. Kalau sudah seperti itu tentunya bakal banyak orang ataupun perusahaan yang percaya sama kita dan menjadi peluang besar bagi kita untuk menerima pekerjaan dengan mudah. Tentu perusahaan juga akan memberi tanggung jawab lebih akan hal itu.

Setelah lulus S1 baik memilih bekerja ataupun melanjutkan pendidikan S2 sama-sama bagus. Setiap orang memiliki visi dan misi masing-masing. Setiap pilihan pasti memiliki dampak positif dan negatif. Pada umumnya keputusan disesuaikan dengan keinginan dan kebutuhan masing-masing. Disini terdapat 2 pilihan setelah lulus S1

  1. Kerja
  2. Lanjut S2

Pentingnya kematangan perencanaan dalam pemilihan. Perencanaan disini berkaitan dengan apa disiapkan dan diperlukan ketika nantinya menjalani pilihan tersebut. Misal disini memilih lanjut S2 maka ketika dihadapkan ternyata kuliah S2 tanpa beasiswa yang tidak sesuai rencana maka otomatis akan bergeser ke pilihan lain yang menjadi skala prioritas. Jadi, yang aku pikirkan terkait 2 pilihan diatas tadi yakni membuat perencanaan tergantung dengan keinginan, kebutuhan dan ketersediaan lalu tidak lupa memikirkan opsi yang lain ketika ada kemungkinan terburuk dari pilihan utama apabila gagal. Tak lupa turunkan ego dan berpikir realistis itu sangat perlu.

Dari aku sendiri memilih untuk bekerja terlebih dahulu untuk menambah pengalaman di dunia kerja. Namun, tidak menutup kemungkinan untuk mencoba apply beasiswa ke S2. Setiap manusia mempunyai kesempatan dan peluang. Terkait rencana sehabis lulus S1 ingin melanjutkan S2 ataupun bekerja, manusia hanya bisa berikhtiar untuk mengoptimalkan peluang tersebut, dan apakah hasil akhirnya aku akan lanjut S2 ataupun bekerja terlebih dahulu anggapanku itu sudah menjadi pilihan terbaik dari Allah. Ketika nantinya kita diberikan kesempatan bekerja terlebih dahulu berarti kita diberikan amanah untuk memberikan kebermanfaatan dan mengeksplor kemampuan yang dimiliki secara langsung dan sebagainya. Ketika kita diberikan kesempatan untuk menempuh S2 berarti kita diberi kesempatan untuk mendalami ilmu lebih baik yang nantinya dapat memberikan kebermanfaatan ilmu itu bagi orang lain dan sebagainya. Terus berprasangka positif. Semangat berjuang meraih mimpi teman-teman.

S1 saja belum lulus sudah mencoba jawab pertanyaan ini tapi gak apa apa ya, saya menjawab berdasarkan perspektif saya hehehe. Pendidikan tinggi memang penting karena pendidikan adalah investasi masa depan. Tetapi kenyataannya mencari pengalaman kerja setelah lulus s1 itu juga sama pentingnya perusahaan tentunya banyak memberikan kualifikasi min pengalaman kerja dibidang tertentu untuk para pelamar kerja.

Inti dari gelar master adalah untuk mengambil spesialisasi / menambah pengetahuanmu dalam bidang tertentu. Jd menurut saya S2 ini penting diambil jika sesuai dengan passion pekerjaan atau memang butuh mendapat kan gelar master untuk menunjang karir. Kalau yang seperti ini bisa bekerka sambil kuliah. Contohnnya saja adalah seorang dosen untuk bisa menjadi dosen dia harus mendapat kan minimal gelar master dan untuk menunjang karirnya dia bisa ambil gelar doktor agar bisa menjadi seorang guru besar.

1 Like

Menurutku pribadi jika ditanya dan disuruh memilih apakah setelah lulus pilih kerja atau lanjut S2, jujur aku juga agak bingung ya. Sejatinya pertanyaan ini kembali lagi bagi kondisi tiap masing-masing individu. Mungkin beberapa dari kita memiliki beberapa masalah ekonomi sehingga mengharuskan kita untuk segera mencari kerja, atau mungkin beberap dari kita sudah siap secara finansial sehingga lebih memilih untuk lanjut S2, itu merupakan pilihan masing-masing.

Untuk aku sendiri, aku lebih memilih untuk kerja karena memang tuntutan dari orang tua. Sebelum saya masuk di perkuliahan, orang tua saya sudah merekomendasikan saya untuk sekolah di kedinasan agar kelak bisa mendapatkan pekerjaan yang lebih terjamin dibandingkan saya masuk kuliah S1. Kemudian, saya sebagai anak kedua juga melihat kakak saya yang sudah bekerja. Dapat dikatakan kakak saya yang selisih 8 tahun dari saya sudah memiliki pekerjaan yang layak meskipun bermodalkan ijazah SMA. Dari situlah, saya merasa termotivasi untuk bisa berpenghasilan mandiri dan mendapatkan pengalaman kerja, karena memang pada masa ini banyak sekali pekerjaan yang mengharuskan pelamarnya untuk memiliki pengalaman kerja.

Namun, tidak dipungkiri lagi bahwa seseorang dengan lulusan S1 saja akan lebih struggle untuk bersaing dengan mereka-mereka yang memiliki titel yang lebih tinggi. Lapangan kerja yang semakin beragam namun juga semakin sedikit menuntut kita untuk bisa menguasai berbagai macam skill dan memiliki spesialisasi di bidangnya masing-masing. Lagipula, banyak sekali beredar cerita pengalaman seseorang yang melakukan pekerjaannya sembari menempuh pendidikan di jenjang selanjutnya. Jadi, semua tergantung pilihan masing-masing. Yang bisa saya lakukan adalah selalu berusaha (ikhtiar) dan menyerahkan sisanya pada Yang Maha Kuasa (tawakkal).

1 Like

Kalau menurut saya, alangkah baiknya kita berbekal S1/D4 dan mencari pekerjaan lebih dahulu dan mengumpulkan pengalaman sebanyak banyknya. Selain menambha wawasan dan pengalaman baru, menambah relasi serta pertemanan yang jah lebih luas, ada banyak manfaat lain yang bisa didapatkan dari dunia kerja. Tapi, apabila lanjut S2 juga bisa saja, namun perlu dipastikan masa depan yang jelas serta rencana selanjutnya setelah S2 agar S2 yang ditempuh tidak sia sia.

1 Like

Wah pertayaan yang menarik sekali, problem ini yang biasanya bikin mahasiswa dilema antara lanjut S2 atau kerja dulu. Mgkin kita bsa membahas dari 2 sisi ya, dari tim yang memilih kerja dulu + tim yang langsung lanjut S2

Tim kerja dulu
Kalau saya pribadi sih tim ini , karena setelah belajar selama bertahun-tahun penting sekali untuk langsung mempraktikan ilmu kita di dunia kerja, dengan begitu kita bisa langsung tau sejauh mana hasil belajar kita berdampak pada kinerja kita. Dengan langsung bekerja dapat menambah pengalaman dan relasi. Dengan bekerja kita jadi tahu kelebihan dan kekurangan kita dibidag yang kita tekuni, bekerja juga melatih kita untuk bekerja sama dalam tim, berfikir kritis menyelesaikan masalah yang nyata dilapangan. Pengalaman inilah nantinya akan mempermudah kita ketika lanjut S2, kita bisa langsung paham masalah apa yang sebenarnya terjadi di lapangan, dan dengan lanjut S2 diharpkan kita mampu menyelesaikan masalah tersebut, kita juga mengetahui kekurangan skill dan knowledge kita dan itu yang bisa kita jadikan fokus untuk di improve ketika S2

Tim langsung S2
Enaknya langsung lanjut S2 adalah kita mengehmat waktu kita, dalam artian kita dapat mencapai taraf pendidikan yang leih tinggi di usia yang dibilang cukup muda, dan juga materi yang masih fresh di otak memudahkan kita untuk merecallnya ketika langsung lanjut S2. Beberapa profesi juga perlu menempuh S2 seperti psikolog atau dokter spesalis. Namun, ketika lulus S2 kita tidak boleh berekspektasi bahwa setelah lulus pekerjaan akan lebih mudah didapatkan.

**

Sebaiknya tentukan terlebih tujuan mengapa kita perlu memilih langsung bekerja atau lanjut S2.

**

1 Like

Kalau menurut saya, tergantung dengan kebutuhannya karena setiap orang pasti memiliki kebutuhan yang berbeda-beda, disertai dengan kemampuan yang berbeda-beda pula. Namun dalam sebuah ukuran usia dan jika di latar belakangi dengan kemampuan finansial yang mencukupi dirasa sah-sah saja untuk melanjutkan pendidikan kejenjang selanjutnya. Karena, untuk sebagian orang itu akan mempengaruhi rasa semangat dalam diri untuk terus menggali ilmu. Hanya saja perlu diketahui bahwa terdapat beberapa orang yang juga dapat mendapatkan ilmu dalam dunia pekerjaan. Disamping itu kegunaan dari title untuk sebuah bidang juga dibutuhkan dalam beberapa dunia pekerjaan. Maka dari itu telah disebutkan di awal mengenai kebutuhan dan kemampuan tentang penting atau tidaknya melanjutkan jenjang S2 setelah lulus S1.

Menurut saya hal itu kembali kepilihan masing-masing karena yang tahu bagaimana potensinya, bagaimana keadaan hidupnya, dan bagaimana kira-kira keadaan kedepannya adalah dirinya sendiri. tidak ada yang “mendang-mending” selama kita bisa menerima apapun yang terjadi dari konsekuensi yang bisa kita pilih.
Kalau kerja, kamu bisa dapat experience di dunia kerja.
Kalau kuliah, kamu bisa mendalami ilmu dengan lebih intensif, mungkin bisa jadi meneruskan S1 dari hasil beasiswa (yang biasanya langsung).

menurut saya sih itu pilihan masing-masing orang. Namun kebanyakan orang memilih bekerja setelah lulus kuliah. Tentu mengambil keputusan itu didasari berbagai alasan. Kembali lagi menurut saya faktor ekonomi banyak berpengaruh.

Siapa sih yang tidak mau melanjutkan ke S2, kalau ada kesempatan (misalnya beasiswa) dan biaya tentu semua orang akan melakukannya. Tetapi kebanyakan orang dengan level ekonomi menengah ke bawah, akan lebih berfokus pada mencari penghasilan. Setelah itu baru akan memikirkan untuk melanjutkan pendidikan.

Sedangkan orang-orang yang berkecukupan dalam segi ekonomi mudah saja baginya memutuskan lanjut S2. Selain itu poin penting lainnya adalah dengan latar belakang pendidikan mereka yang lebih mumpuni tentu akan berpengaruh terhadap kesempatan kerja yang akan di dapat.

Ini balik lagi ke kebutuhan orang tersebut sih. Salah satu nya yang dapat mempengaruhi adalah faktor eknomi keluarga. Ada orang tua yang mengharapkan anak nya setelah lulus S1 itu langsung bekerja agar dapat membantu biayain keluarganya, dengan begitu otomatis lanjut kuliah harus langsung bekerja. Namun ada keluargayang tidak memiliki masalah diekonomi, jadi menganjurkan anaknya untuk lanjut S2.

Jadi jika ditanya mending kerja atau lanjut S2, dua-duanya keputusan yang sama baiknya, semua tergantung dari faktor dan latar belakang orang tersebut.

Dilema antara lanjut S2 atau bekerja sering kali menjadi masalah bagi para mahasiswa, terutama fresh graduate dan mahasiswa yang telah lama lulus namun tetap tidak memiliki kesempatan untuk bekerja. Beberapa orang mungkin memilih kuliah lagi setelah mendapat gelar Sarjana karena semangat belajar yang masih tersisa dan ilmu yang dipelajari masih fresh untuk lebih didalami. Namun banyak pula yang beranggapan bahwa memilih untuk bekerja lebih baik karena kita dapat menjadi individu yang lebih matang dan mempunyai bekal pengalaman meniti karir. Meskipun sebenarnya, kedua opsi tersebut sama-sama bagus, itu hanya bergantung pada sudut pandang setiap orang. Kerja atau kuliah, keduanya adalah pilihan yang baik tergantung kepada apa yang kamu butuhkan.

Bagaimana dengan mereka yang memilih untuk segera bekerja? Bagi mereka yang bosan dengan kehidupan kampus dan suka mencoba hal dan tantangan baru, dunia kerja adalah tempat yang ideal. Di sini, kita bisa mendapatkan banyak pengalaman baru dan mengenal para ahli di bidangnya masing-masing. Kitaakan merasakan kehidupan yang sangat berbeda dari tahun-tahun kuliah sebelumnya. Memiliki penghasilan sendiri mungkin menjadi alasan utama kebanyakan lulusan baru. Dorongan ini biasanya membuat orang memilih untuk bekerja daripada kuliah lagi. Meski gaji orang yang biasanya baru bekerja tidak selalu setinggi itu, memiliki penghasilan sendiri membuat kita bangga. Kita tidak perlu lagi minta orang tua untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Bahkan kita bisa menggunakan penghasilan sendiri untuk melakukan banyak hal seperti pergi berlibur ke luar negeri, menabung atau bahkan membayar studi selanjutnya.

Kalau aku pribadi, jujur lebih mempersiapkan untuk terjun ke dunia kerja, mengapa? karena rasa keingintauan yang sangat besar sudah ada dr aku semester 3 sampai sekarang, itulah yg mendasari aku untuk aktif mengikuti kegiatan magang untuk lebih mempersiapkan mental dan skill apabila nanti menuju dunia kerja dan aku ingin sekali merasakan ‘gaji pertama’ hehe. Sambil menabung untuk mempersiapkan apabila ingin melanjutkan ke jenjang S2, setidaknya merupakan suatu kebanggaan tersendiri bagi saya, apabila mengenyam pendidikan S2 dengan biaya sendiri, aamiin.