Lukisan Wanita oleh Jules Cheret





Jules Chéret (31 Mei 1836 - 23 September 1932) adalah seorang pelukis dan litograf Perancis yang menjadi master seni poster Belle Époque. Dia disebut sebagai bapak poster modern.

Lahir di Paris dari keluarga pengrajin yang miskin namun kreatif, Chéret memiliki pendidikan yang sangat terbatas. Pada usia tiga belas tahun, ia memulai magang tiga tahun dengan seorang litograf dan kemudian mengambil kursus seni di École Nationale de Dessin. Seperti kebanyakan seniman pemula lainnya, Chéret mempelajari teknik berbagai seniman, dengan mengunjungi museum-museum di Paris.

Dari 1859 hingga 1866, ia berlatih litografi di London, Inggris, di mana ia sangat dipengaruhi oleh pendekatan Inggris terhadap desain dan pencetakan poster. Saat kembali ke Prancis, Chéret membuat iklan poster untuk kabaret, ruang musik, dan teater seperti Eldorado, Olympia, Folies Bergère, Théâtre de l’Opéra, Alcazar d’Été, dan Moulin Rouge.

Karya-karyanya dipengaruhi oleh adegan kesembronoan yang digambarkan dalam karya-karya seniman Rococo seperti Jean-Honoré Fragonard dan Antoine Watteau. Kemudia dia memperluas bisnisnya untuk menyediakan iklan untuk sandiwara tur rombongan, festival kota, dan kemudian untuk minuman dan minuman keras, parfum, sabun, kosmetik dan produk farmasi. Akhirnya ia menjadi sangat terkenal di dunia iklan, sehingga perusahaan kereta api dan sejumlah bisnis manufaktur masuk ke dalam daftar kliennya.

Ketika karyanya menjadi lebih populer dan poster-posternya menampilkan wanita-wanita berjiwa bebas yang sederhana, para pakar mulai memanggilnya “bapak pembebasan wanita.” Wanita sebelumnya digambarkan dalam seni sebagai pelacur atau puritan. Perempuan-perempuan dalam poster Chéret, digambarkan gembira, anggun, dan bersemangat, sehingga ‘Cherette’ menjadi sebutan populer bagi wanita-wanita iu.

Hal itu memberikan kebebasan bagi para wanita Paris, di mana wanita bisa terlibat dalam kegiatan yang sebelumnya tabu, seperti mengenakan pakaian berpotongan rendah dan merokok di depan umum.

Pada tahun 1895, Chéret menciptakan koleksi Maîtres de l’Affiche, sebuah publikasi seni yang signifikan dari reproduksi berukuran lebih kecil yang menampilkan karya-karya terbaik dari sembilan puluh tujuh seniman Paris. Kesuksesannya menginspirasi sebuah industri yang melihat munculnya generasi baru perancang poster dan pelukis seperti Charles Gesmar dan Henri de Toulouse-Lautrec, dan salah satu muridnya adalah Georges de Feure.

Di masa tuanya Chéret pindah ke French Riviera di Nice. Dia meninggal pada tahun 1932 pada usia sembilan puluh enam dan dimakamkan di Cimetière Saint-Vincent di daerah Montmartre di Paris.

Ia dianugerahi Légion d’honneur oleh Pemerintah Prancis pada tahun 1890 atas kontribusinya yang luar biasa pada seni grafis.

Pada 1933 ia merasa terhormat dengan pameran anumerta karyanya di Salon d’Automne yang bergengsi di Paris. Selama bertahun-tahun, poster-poster Chéret menjadi banyak dicari oleh para kolektor dari seluruh dunia.