Lukisan Seniwati Jalanan

image

Lukisan di atas adalah lukisan seniwati jalanan. Lukisan ini dibuat pada masa seni lukis zaman kuno. Konon, ada beberapa cerita unik dalam lukisan seniwati jalanan. Cerita seperti apakah itu?

Cerita unik dibalik lukisan seniwati jalanan


  • Konon, kesenian, baik audio, visual, atau audio-visual, dipertunjukkan sebagai persembahan kepada sesuatu yang sakral dan transendental. Seiring dengan kehendak manusia yang selalu dinamis dan kebutuhan ekonimi yang mendesak, kesenian berangsur-angsur berubah nilai; yang semua suci menjadi profan.

  • Kesenian yang dulu hanya digelar di depan candi di tengah api pemujaan dan pengisahan sakral tentang asal-usul leluhur, mulai dipertontonkan di pasar, jalanan, dan di tempat-tempat umum lain. Pertunjukan wayang yang semula diadakan, salah satunya, di wilayah suci saat penetapan sima (tanah yang dibebaspajakkan oleh kerajaan) mulai dibawakan pula di tempat yang sarat kehirukpikukan duniawi, demi pemenuhan akan kebutuhan ekonomi.

  • Di Nusantara, khususnya di Jawa, bila kita melacak sejumlah catatan prasasti dan relief candi, keberadaan seni pertunjukan jalanan telah ada sejak abad ke-9 M (mungkin sebetulnya sejak abad-abad sebelum namun tiada tertulis dalam prasasti dan tidak hanya di Jawa tentu). Kesenian tersebut bisa berupa tarian, lawakan, hingga pertunjukan wayang.