Lukisan Prabu Siliwangi

Lukisan Prabu Siliwangi

image

Lukisan Prabu Siliwangi ini terdapat di lokasi Kraton Kasepuhan di jalan Jagasatru Cirebon, Prabu Siliwangi adalah merupakan Seorang Raja yang terkenal kesaktiannya. Di balik lukisan dari Prabu Siliwangi ini, ternyata juga memiliki sebuah cerita mistis yang bisa membuat bulu kuduk merinding dibuatnya. Konon tersiar kabar bahwa mata dan jari yang ada di lukisan itu dapat bergerak mengikuti ke arah kemanapun kamu pergi.

Lukisan Prabu Siliwangi

Terdapat beberapa fakta dari lukisan ini, yaitu:

  1. Dilihat dari mana pun, Prabu Siliwangi terlihat mengikuti
    Lukisan Prabu Siliwangi ini memang sangat kontroversi. Itu semua karena kemampuannya yang arah matanya bisa mengikuti ke mana para pengunjung pergi. Bukan hanya bagian mata saja, tetapi juga badannya. Tubuh sang prabu juga seakan mengikuti para pengunjung.

  2. Dibuat oleh pelukis asal Kota Garut
    Lukisan Prabu Siliwangi ini dibuat oleh seorang seniman asal Garut. Gambar ini dilukis olehnya tahun 2004 silam. Dengan warna yang dominan coklat dan putih sebagai pelengkapnya membuat lukisan tersebut seakan ‘hidup’.

    Karya ini dibuat oleh si seniman karena ia pernah didatangi oleh Prabu Siliwangi dalam mimpinya. Tak langsung datang begitu saja, ternyata pelukis tersebut melakukan tafakur dan puasa terlebih dahulu. Dan banyak orang menganggap bahwa mungkin dari itulah Lukisan Prabu Siliwangi menjadi hidup. Tetapi para seniman yang telah melihat gambar tersebut beranggapan jika lukisan itu adalah hasil dari ilusi optik.

  3. Prabu Siliwangi yang ‘katanya’ tak pernah meninggal
    Banyak dikisahkan bahwa Prabu Siliwangi ini tak pernah meninggal. Atau yang biasa disebut dengan menghilang secara gaib alias moksa. Dan konon katanya Sang Prabu menghilang di Gunung Salak.

  4. Anak kecil yang pernah kesurupan setelah melihat Lukisan Prabu Siliwangi
    Kisah mistis lukisan yang satu ini emang nggak ada habisnya. Salah satunya adalah cerita anak kecil yang pernah kesurupan setelah melihat lukisan Prabu Siliwangi. Di saat kesurupan, anak tersebut berbicara dengan Bahasa Sunda dan suaranya seperti orang dewasa. Orangtua sang anak sangat yakin jika ini adalah roh dari Prabu Siliwangi.

    Berkali-kali anak itu berucap kalau orangtua dari bocah ini harus menjaga dan membimbingnya agar memiliki hidup yang benar. Akhirnya perwakilan dari Keraton Kasepuhan turun tangan untuk menyembuhkan anak malang tersebut. Ternyata bocah kecil itu sudah kesurupan selama satu minggu lebih.

  5. Hasil foto yang terkadang gelap pada sisi Lukisan Prabu Siliwangi
    Namanya juga orang Indonesia, pasti di mana-mana mengabadikan momennya dengan berfoto. Apalagi kalau berkunjung ke tempat wisata yang tak pernah didatangi. Sama seperti wisatawan yang bertandang ke Keraton Kasepuhan Cirebon yang pasti ingin foto dengan lukisan fenomenal tersebut.

    Anehnya, banyak pengunjung yang mengeluhkan kalau hasil fotonya gelap. Padahal keadaan di dalam ruangan terang dan handphone yang mereka pakai tak ada masalah. Dan ternyata, menurut pemandu wisatawan yang ada di Keraton hal itu sangat lumrah terjadi karena biasanya hati dari sang pengunjung sedang tidak bersih.