Lukisan Pissarro pecahkan rekor penjualan

Lukisan Pissarro pecahkan rekor penjualan

image

Camille Pissarro adalah seorang pelukis impresionis Prancis. Sebuah lukisan karya impresionis Camille Pissarro terjual £19,9 juta (Rp389 miliar), yang memecahkan rekor harga lukisan sang seniman. Lukisan itu sebelumnya dimiliki oleh kolektor seni Jerman Yahudi yang terpaksa menjual lukisannya kepada Nazi.

Lukisan Pissarro pecahkan rekor penjualan

Diperkirakan akan terjual dengan harga £7-10 juta dalam lelang di Balai Sotheby’s London, lukisan ini belum pernah dijual di lelang sebelumnya. Rekor sebelumnya untuk Pissarro tercatat pada 2009 ketika Le Pont Boieldieu Et La Gare D’Orleans Rouen, Soleil terjual £4,3 juta. Kuartet karya sang seniman yang berjudul Les Quatre Saisons terjual £8,96 pada 2007.

Hak atas foto AFPGetty
Image caption Lukisan Van Gogh, l L’Homme est en mer (1889) terjual 16,9 juta poundsterling. Boulevard Montmartre, Matinee De Printemps awalnya dimiliki pengusaha Yahudi Max Silberberg, yang koleksi seninya meliputi karya Manet, Monet, Renoir, Cezanne dan van Gogh. Koleksi itu disebut sebagai koleksi pra perang terbaik dari seni abad 19 dan 20 di Jerman dan dihancurkan oleh Nazi. Silberberg meninggal dunia dalam pembantaian massal Yahudi (Holocaust).

Lukisan Pissarro itu dikembalikan ke keluarga Silberberg pada 2000 dan Helena Newman dari Sotheby’s mengatakan kisah lukisan itu akan meningkatkan daya tariknya kepada pembeli.