Lukisan Pablo Picasso : Le Rêve (The Dream) dan Garçon à la Pipe (Boy with a Pipe), merupakan salah satu lukisan termahal

Garçon à la Pipe (Boy with a Pipe), Pablo Picasso, 1905
Medium : Oil on canvas, Dimensions : 100 cm × 81.3 cm, Location : Private collection

Garçon à la Pipe (Boy with a Pipe) adalah lukisan karya Pablo Picasso. lukisan itu dilukis pada tahun 1905 ketika Picasso berusia 24 tahun, selama Periode Mawar, ketika ia menetap di bagian Montmartre di Paris, Prancis.

Lukisan minyak ini menggambarkan seorang bocah Paris memegang pipa di tangan kirinya dan mengenakan karangan bunga.

Lukisan itu terkenal karena dijual di lelang tahun 2004 seharga $ 104 juta, harga yang oleh banyak kritikus seni dianggap tidak sesuai dengan nilai artistik sebenarnya dari lukisan itu.

Le Rêve ("The Dream"), Pablo Picasso

Le Rêve (bahasa Prancis, “The Dream”) adalah lukisan cat minyak tahun 1932 (130 × 97 cm) karya Pablo Picasso, yang saat itu berusia 50 tahun. Lukisan ini menggambarkan nyonya Marie-Thérèse Walter yang berusia 22 tahun.

Lukisan ini dilukis pada suatu sore, pada tanggal 24 Januari 1932. Ini termasuk dalam periode penggambaran Picasso, dengan garis besar yang disederhanakan dan warna-warna kontras yang menyerupai kubisme awal.

Konten erotis dari lukisan tersebut telah dicatat berulang kali, dimana para kritikus menunjukkan bahwa Picasso melukis penis yang tegak, yang mungkin melambangkan miliknya, di wajah modelnya dengan cara yang terbalik.