Lukisan Oei Hui Lan merupakan salah satu lukisan horor

Lukisan yang menggambarkan sosok hewan atau manusia biasanya memiliki ciri khas masing-masing sehingga gambar yang ada pada lukisan terasa hidup dan bernyawa. Tak jarang setelah si pelukis atau orang yang dijadikan model meninggal dunia, banyak rumor yang beredar bahwa lukisan tersebut hidup atau dihantui arwah orang yang menjadi model salah satunya lukisan Oei Hui Lan . Bagaimana ceritanya ?


Dia adalah putri kesayangan dari pengusaha gula ternama asal Semarang, Oei Tiong Ham yang kekayaannya terkenal di seluruh Asia hingga Eropa. Oei Hui Lan menikah dengan Wellington Koo, salah satu duta besar Tiongkok dan bergaul akrab dengan keluarga bangsawan Eropa mulai dari Ratu Victoria hingga Ratu Belgia. Bahkan, fotonya tercatat dalam musem kerajaan di Inggris.

Oei Hui Lan meninggal dunia di tahun 1992 pada usia 93 tahun. Sebelum meninggal, Oei Hui Lan sempat menulis dan menerbitkan buku berjudul No Feast Last Forever yang menceritakan perjalanan hidupnya yang luar biasa ini. Salah satu peninggalan Oei Hui Lan adalah lukisan dirinya yang terdapat di Hotel Tugu, Malang ini. Tidak ada yang tahu siapa pelukisnya, tapi yang jelas penampakan diri Oei Hui Lan di lukisan ini lumayan menyeramkan.