Lukisan "Good Morning Bali" karya Arie Smit

Lukisan “Good Morning Bali” karya Arie Smit

image

Lukisan Good Morning Bali merupakan salah satu tema karya perupa seni lukis Indonesia, Arie Smit. Lukisan ini dibuat pada tahun 1988 dengan menggunakan media Acrylic On Canvas serta berukuran 38 cm x 37 cm.

Lukisan ini merupakan lukisan realisme, naturalisme dengan gaya mooi indie. Dengan teknik melukis menggunakan cat akrilik diatas kanvas.

Lukisan ini menggambarkan pemandangan alam di Bali dengan latar pegunungan dan pepohonan di pagi hari.

Makna Lukisan “Good Morning Bali”

Smit adalah seorang maestro pemburu cahaya. Lukisan – lukisan karya Arie Smit memiliki bentuk sederhana atau naif. Panorama Bali yang berlimpah “cahaya” menjadi esensi lukisannya yang termanifestasi dalam setiap sapuan kuas di atas kanvas yang bergelimang warna.

Dalam melukis, Arie selalu menghadirkan lapisan-lapisan warna. Di dalam biru ada biru lain, ada biru yang lain, dan ada biru-biru yang lain lagi. Ciri dan warna lukisannya adalah antara semu dan samar, ditimpa berbagai warna marak. Dua unsur utama lukisan-lukisannya, yakni bentuk dan warna, menyatu dalan sintesa yang masing-masing tampak tidak perlu ditampilkan dominasinya.

Karya-karya Arie merupakan wujud ucapan terima kasihnya kepada matahari. Apabila kita melihat lukisan Arie yang menggambarkan pemandangan kota, persawahan, pohon beringin, gunung, kebun bunga, atau orang-orang di pura, sesungguhnya yang ingin dihadirkan adalah warna, sebagai representasi dari cahaya.

Seperti lukisannya yang berjudul “Good morning Bali” yang menyiratkan ciri khas dari pelukis Arie Smith, yang dikenal sebagai pemuja alam lewat warna.

Sumber"
https://lukisanku.id/lukisan-good-morning-bali-arie-smit/